https://diarywinrie.com diary winrie: Personal branding

Senin, 01 Agustus 2022

Personal branding

Pencitraan

Bissmillahirrahmanirrahim. Malam semua Camamud, gimana kabarnya hari ini? Semoga semakin sehat, semakin produktif dan semakin bermanfaat ya. Malam ini saya akan mencoba menulis tentang personal branding, seperti materi malam kemaren di ODOP.

Personal Branding

Kali ini saya membahas dari sisi opini saya sendiri tentang personal branding. Ada banyak pendapat tentang personal branding diantaranya adalah :

Personal branding adalah sebuah strategi untuk membangun citra diri yang kuat di tengah masyarakat. Personal branding dapat diartikan sebagai upaya seorang individu dalam mempromosikan atau memasarkan pengalaman, karier, dan juga dirinya sendiri sebagai merek.

Personal branding adalah cara seseorang untuk mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu.

Secara sederhana banyak yang mengatakan personal branding adalah sebuah citra yang ditampilkan seseorang secara konsisten dan terus-menerus. Ada juga yang mengatakan personal branding adalah sebuah pencitraan.

Saya sendiri sering mendengar kata-kata seperti ini :
“Terlalu banyak pengantar, terlalu banyak teori, terlalu idealis, hidup tak seindah itu, ini kenyataan bukan hayalan dan sebagainya sehingga terlihat basi dan selalu sala di mata netizen
Menurut saya personal branding itu pencitraan atau tidak, tergantung niat orangnya. Saya sendiri memilih menulis untuk membangun personal branding dalam diri. Ini meningkatkan rasa percaya diri dalam berkarya dan menjadi lebih bahagia yang paling utama.

Terlepas karya dan gaya saya diterima atau tidak oleh orang lain. Setiap orang pasti punya pilihan dan cara yang berbeda-beda dalam memandang sesuatu. Saya pun sangat menyadari lewat tulisan saya lebih mengingatkan diri sendiri bukan orang lain.

Dalam membangun personal branding, biasanya ujiannya berat dan kita perlu mempertahankan itu karena di sana ada hati kita. Kita bisa menjadi diri sendiri dan mempunyai value system.
Kenangan terbaik

Persiapan untuk membangun personal branding

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membangun personal branding :


1. Tidak penting omongan orang lain karena kita harus yakin bahwa kita punya value

Omongan orang lain sering membunuh karakter seseorang, karena lidah yang tidak bertulang itu bisa merobek-robek hati seseorang. Ketika ingat ini satu perisai dari saya agar tetap kuat adalah :
Tak satupun kata yang bisa menyakiti hati kita kecuali kita mengizinkannya masuk kedalam hati kita

2. Hidup kita bisa berubah tergantung bagaimana melihat hidup

Bagaimana kita hidup sangat tergantung dengan bagaimana cara kita memandang hidup. Jika kita selalu berbaik sangka kepada Allah maka tak satupun takdir, perkataan atau pun perbuatan yang bisa membuat kita sedih. Selalu yakin dan percaya atas takdir dan rezekinya. 
Personal branding juga sebuah rezeki yang ketika Allah memberi izin maka mudah baginnya membuat image kita baik atau buruk. 
Kadang kita mati-matian ingin di kenal baik tetapi Allah malah memperlihatkan aib-aib kita. semakin berjuang menunjukkan kebaikan semakin Allah nampakkan keburukan-keburukan kita.
Jangan insecure

3. Hilangkan perasaan inscecure

Buang jauh-jauh perasaan insecure agar tetap semangat dalam berkarya dan membangun personal branding. 
Jangan merasa hina dan tak berdaya saat manusia menjatuhkan bahkan sampai ke titik terendah kita. Ingat sebuah bolah untuk melanting lebih tinggi memang harus dijatuhkan terlebih dahulu. semakin keras di lating semakin tinggi pantulannya.
Ilmu bermanfaat


4. Niatkan untuk berbagi ilmu

Ini penting menjaga niat karena ilmu yang bermanfaat bisa menjadi ladang pahala untuk kita di akhirat kelak. Ilmu yang mungkin bagi kita sedikit atau kecil bisa jadai bagi orang lain sangata bermanfaat.
Sekecil apapun ilmu kita ada orang lain yang lebih tidak tahu dari kita.

Tujuan Personal Branding

Ada beberapa tujuan personal branding dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya seperti berikut:

1. Memberi tahu orang lain tentang keunikan, identitas, ciri khas, kemampuan, serta hal lain yang menjadikannya diri kita berbeda.

2. Menampilkan kesan jika individu tersebut merupakan solusi pemecahan masalah yang dibutuhkan.
Sebagai media untuk memengaruhi orang lain mengenai presepsi dari individu, dan mengenalkan kemampuan serta keunikan yang dimilikinya.

3. Merangsang presepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimiliki. 
Manfaat personal branding

Manfaat personal branding

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Percaya diri bisa ditingkatkan dari dalam diri seseorang. PErcaya diri menjadi energi terbesar yang bisa membangkitkan dan menggerakkan seseorang. tidak heran jika karya-karya terbaik itu lahir dari orang yang mempunyai kepercayaan diri yang baik. 

2. Memperluas jaringan

Semakin kuat personal branding yang Anda miliki, makan akan semakin mudah dalam mencari relasi atau koneksi. Hal tersebut juga dapat membantu Anda bertemu dengan seseeorang yang lebih baik dari anda dan bersedia menjadi mentor yang pastinya bisa menjadikan Anda lebih berkembang dalam dunia profesional.


3. Mengembangkan kemampuan dan meningkatkan daya jual

Manfaat personal branding lainnya, yaitu menunjukkan dan mengembangkan kemampuan. Personal branding yang dibangun secara konsisten dan terus menerus, dapat menunjukkan dan mengembangkan kemampuan yang Anda miliki.

Selain itu, personal branding juga dapat membuat Anda bernilai lebih tinggi. Apabila personal branding yang Anda miliki sudah bersinar, nilai jual Anda juga ikut meroket. 
Dengan begitu, penghasilan yang Anda miliki juga lebih tinggi karena berhasil menjadi seseorang yang profesional.


Tips Meningkatkan Personal Branding

Sesuatu yang konsisten dan terus menerus itulah yang akan membentuk personal branding seseorang. Berikut beberapa cara meningkatkan personal branding, di antaranya:

1. Menjadi Diri Sendiri

Tetap menjadi diri sendiri, tidak memasukankan sedikit pun figure orang lain kepada diri sendiri. Baik dalam hal gaya, bahasa, model dan prinsip. Jujurlah dalam membangun personal branding. Jujur kepada diri sendiri dan orang lain. 

2. Kembangkan Jaringan di Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu wadah untuk kita membangun personal branding. Media sosial juga  bisa menjadi tempat kita menjakin hubungan dengan lebih luas dan banyak orang. 
Tak bisa kita pungkiri bisa jadi dengan memperluas jaringan di media sosial, kita mendapat tawaran dan rezeki yang tidak di sangka-sangka. 

3. Konsisten Memegang Prinsip dan Kepribadian Positif

Pribadi yang mempunyai prinsip dan kepribadian positif lebih mudah dikenal dibandingkan dengan hidup hanya sekedar hidup. 
Personal branding lebih tepatnya kita mau memilih ketika kita tiada nanti kita mau dikenal seperti apa. orang yang bekepribadian positif kah? atau sebaliknya. 

Sumber :

https://www.merdeka.com/jateng/personal-branding-adalah-citra-diri-ketahui-tujuan-dan-cara-meningkatkannya-kln.htm



2 komentar:

  1. Untuk pertama-tama personal branding harus dimulai dengan konsistensi serta meningkatkan sumber daya diri. Maksudnya kayak pikirkan kualitas diri lebih dulu, memikirkan kontennya dulu, apa yang mau dibahas, masalah pembaca itu belakang. Baru seiring berjalannya waktu ketika telah menemukan jati diri, kita akan menemukan pembaca yang sesuai dengan tulisan kita. Personal branding juga dibutuhkan rasa percaya diri dan keyakinan.

    BalasHapus
  2. Benar mba... Semakin mantaaap n matang ilmu personal brandingnya

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...