https://diarywinrie.com diary winrie: Personal branding bukan pencitraan

Rabu, 17 Agustus 2022

Personal branding bukan pencitraan

Personal branding

Bismmillahirrahmanirrahim. Di zaman yang serba medsos sekarang ini. Personal branding sering dianggap sebagai pencitraan. Karena semua aktivitas dan pencapaian diri, anak dan keluarga akan di upload ke media sosial. Tak jarang yang kita temui di medsos adalah berbicara tentang kehebatan, harta dan pencapaian seseorang atau keluarganya.

Semakin sering seseorang membagikan segala sesuatu tentang kehidupan dan kesehariannya. Seolah membuktikan keberadaan diri dan mengharapkan penghargaan dari orang lain. Sehingga personal branding kadang terkesan pencitraan.

Sebenarnya personal branding, pencitraan atau tidak tergantung niat.

Awal Menulis

Saya yang biasanya menulis di instagram dengan kata-kata yang mengajak untuk kembali kepada Allah terkadang kewalahan menulis. Inilah yang menjadi awal saya tertarik menulis di blog. Kemudian tulisan saya share ke media sosial saya dan semakin banyak teman-teman yang tertarik membacanya.
Blogger alami

Namun semua itu tidak semulus banyangan dan tidak semengerikan pikiran saya. Beberapa teman ada yang support dan beberapa malah menjatuhkan mental dan membuat down.

Disini saya kembali mempertanyakan benarkah saya bisa menjadi seorang blogger. Kesibukan dan kerempongan selalu menjadi alasan saya menunda menulis. Tetapi saya kembali dengan niat awal saya.

Saya ingin menjadi blogger agar tulisan saya lebih bermanfaat untuk banyak orang. Mungkin ilmu yang saya bagikan kecil dan secuil tetapi bisa jadi ilmu tersebut sangat bermanfaat dan di butuhkan orang lain

lifestyle blogger

Lifestyle blogger

Sempat mempertanyakan berulang-ulang dan me time memastikan tujuan saya menjadi blogger.

Hanya satu agar kita tidak lupa jalan pulang atau jalan kembali kepada Allah. Tulisan saya masih bercampur dan saya sendiri menyebutnya lifestyle blogger. Tulisan saya tidak untuk menasehati orang lain tetapi lebih banyak untuk menasehati diri sendiri.

Sebagai pengingat di kala lupa. Pernah berpikir tulisan saya belum banyak orang yang membacanya dan mungkin orang tidak butuh. Tetapi kata-kata ini selalu menguatkan saya.

Setiap tulisan pasti ada pembacanya, setiap jualan pasti ada pembelinya. Yakin allah yang menggerakkan hati mereka.

Saat seperti ini saya belajar menguatkan diri, bukankah tujuan saya menasehati diri sendiri. Jadi sudah semestinya saya membaca ulang tulisan saya dan tugas saya pun selesai dikala itu menjadi pembaca setia blog sendiri.

Menulis sebagai wadah bagi saya untuk merdeka berkaya, ingin belajar, bertumbuh, berkembang, berbagi dan bermanfaat bukan untuk membuat orang lain terkesan

Salah Berharap

Astagfirullah harapan kepada manusia sering menguji niat dan membuat salah fokus. Tujuan menulis untuk membahas kebesaran Allah, meningkatkan tauhid, iman dan takwa. Malah terjebak dengan pandangan dan penilaian manusia.

Ini yang sering saya tangisi di sepertiga malam. Minta allah jaga niat saya karena saya mendeklarasikan diri sebagai “ Employee Of Allah, Blogger dan Mompreneur”.

Menjadi karyawan Allah dalam setiap peran dengan harapan Allah meridhoi setiap langkah dan usaha. Bukan ingin mencari perhatian makhluk Nya tetapi semata-mata mencari perhatian Nya.
Kartu nama blogger

Awal menulis di blog kurang percaya diri dengan membagikan link di medsos. Tetapi semakin ke sini semakin yakin dan mantap berbagi link tulisan. Mau ada yang baca atau tidak tugas saya mengajak dan berbagi. 

Niat saya lillah mengaharap cinta Nya bukan cintanya. Sehingga ketika share saya bismillah semoga allah jagain niat ini dan temani setiap tulisan adalah kebaikan.

Allah jaga lisan dan jari jemari ini untuk menulis segala sesuatu yang bermanfaat bukan mudharat. Sehingga sampai hari ini personal branding itu secara alami terbentuk dengan sendirinya. Bukan hasil dari pencitraan tetapi niat yang tulus dan murni menjadikan segala sesuatu itu ringan dan tanpa beban.

Di tengah kesibukan yang tak pernah usai dan selesai selalu ada kata :
Pasti ada waktu jika itu adalah sesuatu yang prioritas”
Sebagaimana saya menjaga konsisten setoran di one day one post, begitu juga saya harus konsisten dengan one day one juz. Apakah berat memilih personal branding sebagai blogger. Berat tetapi tidak ada yang tidak mungkin jika Allah menghendaki. Yakinlah kita tidak pernah tahu pekerjaan dan kebaikan yang mana yang akan mengantarkan kita ke syurga Nya.

Tips membangun personal branding

Tips saya untuk membangun personal branding dengan blog :

1. Niat tulus dan lurus

Niat adalah bekal pertama ketika memulai apapun pekerjaan atau urusan. Menjaga niat selalu tulus dan lurus. Saya sendiri tidak pernah berniat menjadikan blog sebagai tempat mencari uang. Tetapi lebih kepada ingin berbagi manfaat dan sebagai tempat healing bagi diri sendiri.

2. Mengkaji kelebihan dan kekurangan diri

Ambil waktu sepertiga malam tanyakan pada diri kita dari mana? Sedang dimana dan mau kemana? Dari sini akan kita temui jawabannya sehingga semakin menguatkan niat untuk selalu berbagi dalam kebaikan.

3. Mencatat semua kelebihan dan kekurangan

Mencatat semua dan belajar menerima dan ridho dengan kelebihan dan kekurangan. Minta sama Allah agar dilindungi dari kekurangan-kekurangan kita dan minta Allah temani untuk setiap kelebihan kita dan bersyukur atas nikmat kelebihan-kelebihan tersebut. semoga dengan bersyukur allah tambah nikmat Nya.

4. Fokuslah pada kelebihan tanpa mengabaikan kekurangan

Salah satu cara kita bersyukur dengan apa yang sudah Allah berikan adalah dengan mempergunakan kelebihan kita sebaik mungkin dan sebanyak mungkin memberikan manfaat juga untuk orang lain. Saya sendiri mengakui saya tipe orang yang banyak berbicara dalam satu hari. Jika saya tidak bisa meluahkan kelebihan saya ini dalam bentuk tulisan bisa jadi saya akan sampaikan lewat lisan. Lisan pun mungkin k
Kurikulum vitae blogger

adang bisa lose control dan membuat orang lain tersinggung. Tetapi dengan menulis saya bisa membaca ulang dan mengedit jika salah atau terlalu kasar.

5. Bersiaplah untuk merdeka berkarya

Setelah mengetahui kelebihan siapkan diri untuk merdeka berkarya. Setiap orang punya waktu yang sama 24 jam sehari. Apakah kita mau waktu kita terbuang sia-sia tanpa sesuatu yang bermanfaat. Saya sendiri tidak ingin menjadi orang yang merugi dengan waktu. Sehingga memacu diri untuk terus produktif meski sudah sampai dirumah.

6. Berkaryalah dengan konsisten dan komitmen

Setelah memutuskan mau berbagi karya seperti apa sekarang konsisten dan komitmenlah dengan semua itu. Resiko dari sebuah konsistensi dan komitmen adalah pengorbanan. Banyak yang dikorbankan perasaan, kesabaran, kesungguhan dan kesempatan. Memilih merdeka berkarya dengan blog adalah sebuah keputusan yang ingin menjadikan diri bebas menulis tanpa dibatasi. Meskipun ada suara sumbang anggaplah itu lecutan agar kita terus maju dan berkembang.

7. Tuliskan apa saja yang menurut mu bermanfaat

Berkarya dengan menulis kadang juga jenuh dan kehabisan ide. Maka jangan sia-siakan ketika ide muncul dan bermanfaat maka tulisalah. Bingung merangkai kata. Kalau saya selalu mulai dengan bismillah. Baru bismillah ide-ide seolah mengalir dari pikiran dan tulisan dengan sendirinya mengalir.

8. Share link tulisan ke media sosial

Setelah menulis di blog maka share link ke media sosial. Lakukan setiap hari atau buat jadwal sharenya. Sesuatu yang kecil sekalipun , kalau kita kerjakan setiap hari dan terus menerus maka akan tertanam dalam pikiran orang-orang bahwa medsos kita tentang “.....”

9. Disiplin jadwal nulis atau berbagi dan share ke media sosial

Kalau sudah bisa buat jadwal tulisannya share langsung ke media sosial. Agar banyak yang membaca dan jika jadwal dan materi nya pas mereka pasti akan mampir di blog kita.

10. Bergabung komunitas

Perjuangan bersama-sama jauh lebih menguatkan dari pada sendiri. Komunitas juga akan banyak menambah pengetahuan dan pengalaman kita tentang menulis blog.

Bergabung komunitas sangat diperlukan untuk menjaga semangat dalam menulis. Komunitas yang saya pilih adalah blogspedia. Nah sekarang gimana teman-teman sudah siap membuat personal branding ? pahami dulu ya personal branding bukan pencitraan. Semua tergantung niat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...