https://diarywinrie.com diary winrie: Pentingnya blog content plan

Sabtu, 20 Agustus 2022

Pentingnya blog content plan

Judul pentingnya blog content plan

Bismillahirrahmanirrahim. Camamud Kriya, sejauh menjalani kehidupan ini sudahkah punya mimpi? Setiap orang berhak mempunyai mimpi dan berusaha mewujudkannya. Sebagai blogger tentu mempunyai mimpi yang mungkin orang lain tidak ketahui. Bagaimana mewujudkan mimpi tersebut. kita perlu punya rencana dan strategi. Salah satu caranya adalah memahami pentingnya blog content plan untuk mewujudkan mimpi seorang blogger.

Menjadi blogger juga menuntut kita untuk mempunyai mimpi besar dengan blog kita. Karena dari mimpi kita berusaha dan bekerja keras mewujudkannya. Sehingga lebih semangat dalam membangun dan merawat blog kita.

Hidup tanpa mimpi adalah kesia-siaan.
Mimpi tanpa goal setting adalah angan-angan.
Goals setting tanpa komitmen adalah khayalan.
Komitmen tanpa action adalah kebohongan.
          Nasrullah-magnet rezeki

Sepenggal kata bijak ini membuka pikiran kita untuk membuat sebuah rencana untuk blog. Setidaknya ini menunjukkan keseriusan kita dalam mewujudkan mimpi seorang blogger. Selain itu, content plan blog juga menjadi map kita dalam melakukan action.
Goals 2023

Apa itu blog content plan?

Blog content plan adalah perencanaan konten atau isi dari sebuah blog dalam jangka waktu tertentu. Membuat Content Plan bertujuan untuk merencanakan arah, proses dan goal yang ingin dicapai dalam kegiatan blogging.

Adapun tujuannya untuk membuat jadwal posting lebih teratur, pemetaan keyword lebih terarah dan memudahkan dalan membuat outline artikel. Sehingga blogger tidak punya alasan untuk mengatakan kehilangan ide atau lagi writer’s block.

Apa manfaat blog content plan ?

Dari materi yang disampaikan dalam kelas blogsepdia ada 8 manfaat blog content plan yaitu sebagai berikut :
Manfaat content plan

1. Menjadikan postingan lebih teratur

Blog content plan sangat membantu postingan yang akan dibagikan menjadi lebih tertatur dan terarah. Blogger bisa menyiapkan tulisan apa yang ingin dibahas dan konsiten melakukannya.

2. Konten menjadi seimbang

Blogger bisa memilih konten apa yang ingin dibagikan dan mebuat jadwal secara seimbang sesuai niche blog kita.

3. Konten yang ditunggu pembaca

Adanya blog content plan kita bisa memberitahukan kepada pembaca artikel atau tulisan yang akan kita bagikan dan ini mungkin menjadi tulisan yang ditunggu-tunggu oleh pembaca.

4. Menandai hari-hari nasional

Event hari nasional juga bisa dimanfaatkan untuk menulis tentang event tersebut pada blog kita. Event hari-hari nasionalm dapat memberikan ide baru kepada blogger.

5. Memilih ide terbaik

Saat membuat content plan banyak ide yang muncul. Maka jangan malas untuk menulis tulis semuanya. Lalu pilihlah ide terbaik yang akan kita sampaikan kepada pembaca.

6. Mengatasi writer’s block

Kehilangan ide menulis sering terjadi kalau kita tidak punya content plan. Karena masih mikir mau nulis apa dan tentang apa. Tetapi dengan adanya content plan akan sangat memudahkan blogger dalam menulis dan mengatasi writer’s block.

7. Postingan lebih cepat

Setelah membuat blog content plan maka blogger sudah paham mau menulis apa tidak perlu mikir kan ide lagi. Bisa langsung menulis sesuai dengan planning yang sudah di sipakan.

8. Mengehemat waktu

Blog content plan sangat membantu dalam menghemat waktu apalagi dilengkapi dengan outline yang akan di bahas seperti berikut ini :

Setelah paham apa manfaat blog content plan. Masih ingin bermalas-malasan dalam menyiapkan rencana harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan untuk blog kita.

Mengenal 3K-Si

Anggaplah blog itu seorang anak yang perlu dirawat dengan kasih sayang. Kalau kemaren coach marita mengatakan dalam istilah pengasuhan anak ada istilah 3 K-Si. Maka dalam blog ini pun berlaku.

Camamud penasaran apa itu 3K-Si. 3K-Si adalah sebagai berikut :

1. Kelekatan emosi

Blogger perlu membangun bonding dengan blog sendiri, dengan cara mengenal dashboard dengan baik. Kita harus punya rancangan nama blog, tagline dan niche untuk blog kita.

Membangun kelekatan emosi dengan blog bisa kita lakukan dengan menjaga ritme dan jadwal posting di blog. Sehingga saat sudah lama tidak posting atau menyentuh blog kita akan merasa ada sesuatu yang belum lengkap.

Ini saya rasakan saat ikut kelas one day one post. Kalau satu hari tidak upload rasanya belum lengkap hari saya.

2. Komunikasi

Blog merupakan sarana komunikasi antara kita dengan diri sendiri melalui pemikiran yang dituangkan lewat tulisan, antara blogger dengan pembaca. Sehingga tulisan yang baik adalah hasil komunikasi yang baik antara pemikiran dan hati yang baik.

Maka karena blog juga sebagai komunikasi, personal branding sangat diperlukan pembaca. Pembaca akan paham blog kita pembahasannya tentang apa.

3. Konsistensi

Ketika kita tidak konsisten artinya kita siap mengorbankan mimpi-mimpi kita. Bagaimana caranya agar tetap konsisten itulah tadi kita perlu membuat blog content plan atau perenanaan akan blog kita.

Blog conten planer bisa dibuat harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Dengan perencanaan seperti ini blog akan lebih teratrah dan terjadwal dengan baik. Berikut contoh content plan saya sebagai blogger pemula :
Weekly plan

Kesimpulan

Belajar konsisten dengan content plan, harapan saya mimpi sebagai blogger akan terwujud. Akan ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri ketika semua yang kita mimpikan tercapai. Ini lah alasan mengapa harus menjadi seorang blogger. Blogger yang paham pentingnya blog content plan dalam membangun sebuah blog.

Sekali lagi ingat rencana memang di tangan kita tetapi sebaik-baik perencana adalah Allah subhanawata’ala. Meski nanti ada kendala dalam mewujudkan rencana dan mimpi-mimpi kita. Yakinilah semua itu pasti yang terbaik.

Tidak selalu rencana itu harus sesuai dengan keingginan kita. Pun ketika belum sesuai maka bersyukurlah pasti itu yang terbaik untuk kita. Semangat selalu menjadi blogger sejati dan mewujudkan impian bukan sekedar hausinasi.

Jadi mulai saat ini Camamud sudah paham pentinya blog content plan. Maka jangan bermalas-malasan untuk kebahagiaan di masa depan. Semangat !!

sumber :
materi blogspedia coachcing

2 komentar:

  1. Emang g boleh males si kalo dah jadi blogger. Tapi kalo dah megang hape tau2 dah sejam hiks

    BalasHapus
  2. hehe benar mba jadi lupa waktu n lupa deadline

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...