https://diarywinrie.com diary winrie: Mengapa harus ngeblog, wince?

Minggu, 28 Agustus 2022

Mengapa harus ngeblog, wince?

Mengapa harus ngeblog wince

Bismillahirrahmanirrahim. Ditengah-tengah kesibukan sebagai seorang ibu rumah tangga, ASN, penjual online, pembelajar dan hamba. Pernyataan yang sering terdengar adalah laptop lagi, pusing ga? Puyeeng ga? Apa ga ada kegiatan lain yang sibuk nulis aja? Sibuk urus yang ga penting sementara ini itu belum terurus. Kemudia satu pertanyaan yang menarik mengapa harus ngeblog, wince?

Pertanyaan ini ingin saya jawab langsung didepan netizen. Tetapi ini hanya akan menjadi sebatas perbincangan saja, tak ada hasil dan manfaat. Lalu saya memutuskan menjawab pertanyaan ini dengan tulisan. Semoga tulisan ini bisa juga memotivasi Camamud lainnya untuk menulis dan ngeblog.

Sejarah

Awalnya hobbi menulis saya memang sudah ada dari Sekolah Dasar. Menulis di buku diary rutin saya kerjakan malam menjelang tidur. Berbagai cerita saya tulis sampai saya menjadi emak-emak.

Ketika menjadi emak-emak menulis tidak lagi bisa rutin seperti dulu. Kadang saya menulis caption di instagram dan facebook. Itupun tulisan nya terbatas. Masih banyak yang ingin saya sampaikan tetapi kadang sudah full tulisannya dan tidak bisa di tambah.

Sebuah kelas mempertemukan saya dengan blogger dan mengajak saya mengikuti kelas berbayar. Tanpa berpikir panjang saya ikut daftar di hari terakhir pendaftaran. Saya belajar membuat blog pertama ini dan menjadikan blogspot.

Perjalanan menjadi blogger

Menulis adalah healing

Kesibukan juga membatasi gerak dan fokus saya dalam belajar ngeblog. Tetapi tidak mengurungkan niat belajar saya. Saya lanjutkan kelas one day one post untuk mengasah disiplin dan konsisten saya dalam menulis.

Saya tidak peduli tulisan saya mau dibaca atau tidak. Saya hanya peduli tulisan saya ini penting untuk diri saya pastinya. Kalau ada yang mendapatkan manfaat atas tulisan saya. Saya sangat senang dan bahagia. Karena memang ini niat awal saya berbagi manfaat.

Kelas lain yang saya ikuti adalah blogsepdia coaching. Kelas yang disiplin juga tentang penugasannya dan deadlinenya. Tidak boleh terlambat dan alhamdulillah semalam adalah tulisan terakhir di kelas blogsepdia.

Hari ini saya memutuskan fokus mau bergabung di kelas blog baru dengan persyaratan menulis mengapa harus ngeblog. Ini pun akan saya kerjakan.

Perjalanan ngeblog adalah sesuatu yang saya senangi untuk menyalurkan hobi menulis saya. Saya tidak ingin menulis sekedar menyinggung orang lain tetapi saya ingin menulis sesuatu yang bermanfaat dan bisa dibaca banyak orang.

Perjalanan ngeblog memang kadang menguras energi, pikiran, tenaga dan perasaan. Menjadi blogger harus tahyan banting dan tidak baperan. Menjadi blogger siap mengorbankan waktu dan begadang sampai larut malam. Menjadi blogger harus siap mengorbankan sesuatu dan saya memilih mengurangi waktu upload poto jualan.

Waktu yang biasanya untuk upload jualan saya alokasikan untuk menulis. Menulis menjadi sesuatu yang dicintai dari hati. Alhamdulillah dapat ridho suami.

Alasan memilih blog

Sebenarnya alasan ngeblog sudah sering saya tuliskan. Mungkin ini tulisan yang ke sekian kalinya mengapa harus ngeblog, wince? Tetapi setiap tulisan pasti punya ciri dan cara penyampaian yang berbeda. Aliran rasanya pun berbeda.

Alasan ngeblog

Berikut alasan mengapa harus ngeblog, wince?

1. Niat karena Allah

Apapun yang dikerjakan karena Allah. Maka Allah akan menjaga dan melindunginya. Maka niat ikut ngeblog ini benar-benar lillahita’ala ingin mengaharap ridho dan kasih sayang Nya.

2. Ngeblog untuk menyalurkan 20.000 kata per hari

Blog sangat membantu saya yang cerewet dan suka berbicara ini. Karena dengan menulis di blog 20.000 kata saya perhari tersalurkan. Tidak ada orang yang tersakiti karena lisan ini. Karena lisan sering salah berucap.

Tulisan di blog lebih selektif dan self editing nya berulang-ulang. Meski saya jarang melakukan self editing karena sering dikejar deadline. Hehe.

3. Ngeblog itu mudah

Ngebloh itu sangat mudah. Tidak memerlukan orang untuk mengedit dan menerbitkan tulisan. Tulis kemudian langsung bisa di upload di blog. Menulis do blog juga tifak perlu tempat khusus bisa dimana saja.

4. Ngeblog tidak perlu bayar mahal

Ketika ngeblog kita bisa menggunakan blog yang gratis dan tidak berbayar. Tetapi untuk menjadikan blog ber tld memang perlu berbayar. Itu pun juga masih pas lah di kantong saya yang tidak menjadikan blog sebagai tempat mencari cuan.

Blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis saja.

5. Ngeblog untuk mengikat ilmu

Banyak hal yang sudah saya pelajari dan mungkin lupa karena tidak menuliskan. Melalui blog saya bisa menulis dan semoga bisa bermanfaat juga untuk pembaca blog ini.

6. Ngeblog sebagai bukti syukur atas nikmat Allah

Ngeblog menjadi bukti rasa syukur dan terima kasih saya kepada Allah karena ilmu-ilmu yang baru secuil saya dapatkan. Semakin sering berbagi saya merasakan keberkahan ilmu yang saya dapatkan. Meski tidak jarang saya mendapatkan ujian dari apa-apa yang saya sampaikan.

Saya selalu optimis ujian ini hadir karena saya akan naik kelas. Semakin berat ujian dan perjuangan saya, saya yakin akan semakin besar yang akan saya dapatkan dan Allah sudah menyiapkan hadiah terbaik untuk diri yang fakir ini.

7. Ngeblog untuk berbagi manfaat dan kebaikan

Blog yang lifestyle ini nmenjadikan saya bebas menulis dan insyaallah tidak buntu ide. Karena apa-apa yang bermanfaat dan mengandung kebaikan akan saya bagikan di blog ini.

8. Ngeblog untuk personal branding

Saya begitu takut salah berharap dengan alasan ke depalan ini. Karena menjadikan blog sebagai personal branding artinya saya mengharapkan penilaian manusia. Meski tak dapat kita pungkiri personal branding sendiri muncul dari apa-apa yng sering kita lakukan dan bagikan.

Rabb, jaga niat ini untuk tidak membuat manusia terkesan tetapi lebih membagikan kebermanfaatan. Aamiin.

Kesimpulan

Ini alasan mengapa harus ngeblog, wince? Ada banyak hal yang bisa kita bagikan sebagai wujud syukur kita atas nikmat dan karunia Allah. Berjuang dijalan kebaikan memang tidak mudah di sana ada cobaan dan ujian dari diri sendiri bahkan lingkungan.

Tetapi saya menyakini blog adalah bentuk merdeka saya menulis, merdeka dalam berkarya, merdeka dan berbagi, merdeka dalam bermanfaat dan menrdeka dalam beribadah kepadaNya.

Padatnya deadline ngeblog menjadikan saya lebih menghargai waktu dan karya orang lain. Karena sebaris tulisan yang kami hasilkan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan serta keikhlasan diri.

Alhamdulillah sampai detik ini ternyata sudah menulis banyak hal semua atas izin Allah dan melalui berbagai kesulitan itupun allah mudahkan dengan izin Allah.

Sejauh ini tetap membuat saya semangat ketika ingat mengapa harus ngeblog, wince?

Ingat kita tidak peranh tahu amalan yang mana yang akan menyelamatkan kita nanti di akhirat. Semoga blog terhitung sebagai amal jariyah. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...