https://diarywinrie.com diary winrie: Menemukan rasa sonny abi kim

Rabu, 10 Agustus 2022

Menemukan rasa sonny abi kim

Menemukan rasa

Bismillahrrahmanirrahim. Tugas tantangan minggu ini di kelas blogspedia review buku atau film. Tadinya saya ingin mereview sebuah film drama korea atau film lainnya. Tetapi tidak jadi karena saya sudah sangat lama tidak menonton film. Kalau saya paksakan ingin mereview film sebaiknya saya nonton ulang film tersebut. saya takut banyak insight yang terlupakan. Akhirnya saya memilih mereview sebuah buku menemukan rasa. 

Buku menemukan rasa ini sudah saya baca sejak satu tahun yang lalu. Tetapi isi dan pesan buku selalu menjadi sesuatu yang tidak bisa di lupakan. Berikut bahasan tentang buku menemukan rasa :

1.Identitas buku

Judul : menemukan rasa

Nama penulis : Sonny Abi Kim

Editor : tim PPA institute

Nomor ISBN :978-602-6119-8-8

Tahun terbit : 2020

Blurb buku :
Sonny abi kim menemukan rasa

2. Sinopsis cerita

Buku menemukan rasa ini tentang perjalanan seorang hamba dari Allah menuju Allah. Buku ini tidak menceritakan sebuah cerita ataupun latar yang jelas melainkan pembahasan tentang spritual seorang hamba yang menemukan rasa dalam setiap ibadah dan amalannya. Serorang hamba yang menyadari secara penuh dan utuh keberadaan dirinya.

Pembahasan juga dengan memasukkan ayat-ayat dan hadits-hadits yang berkaitan dengan perjalanan hamba menuju surgaNya. Buku ini mempunyai nilai spritual yang tinggi. Sebagaimana kita ketahui ibadah yang paling berat adalah ibadah hati. Amalan fisik dapat dengan mudah kita lakukan dan kerjakan tetapi amalan hati keikhlasan dan keridhoaan memerlukan latihan yang berulang-ulang dan tak heran ujiannya pun bertubi-tubi.
Kutipan menemukan rasa


3. Review buku

Saya sangat suka buku karangan Ustad Sonny Abi Kim. Selain buku menemukan rasa ada beberapa buku lainnya yang juga erat hubungannya dengan buku menemukan rasa ini seperti garansi langit, menjadi hamba dan mencari ikhlas. Gaya bahasa sederhana dan mudah dipahami. Karena buku ini banyak membahas tentang rasa maka rasanya pun sangat dalam dan mudah sampai kepada Pembaca.

Bahasa dengan bahasa sastra dan bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga yang berpendapat untuk membaca buku ini. Sebaiknya membaca karya Ustad Sonny yang lain terlebih dahulu. Karena dengan demikian aliran rasanya akan lebit terasa jika kita membaca secara beurutan karya beliau.
Sinopsis menemukan rasa

Dalam buku ini tidak menunjukkan adanya karakter yang jelas. Saat kita membacanya maka kitalah yang akan menjadi pemeran utamanya dengan karakter seorang hamba yang ingin menemukan inner peace dalam dirinya dan menyakini semua takdir dan ketetapan adalah yang terbaik dari Allah.

Allah tidak pernah salah dalam memberi dan menetapkan. Buku ini mengarkan pembaca kepada pemahaman yang lebih dalam tentang perang kita dan tujuan kita adalah mengabdi kepada Nya dan menjadi hamba yang di ridhoi dan merindhoi ketetapan Nya.

Buku ini juga mengajak kita untuk tidak salah fokus saat hidup di dunia, bukan harta, kemewahan, jabatan yang menjadi tujuan kita melainkan kembali kepadaNya dengan hati yang puas dan bahagian menuju surga Nya.

Jangan bangga dengan pencapaian hebat kita di dunia ini. Kita bukanlah siapa-siapa jika Allah belum menghendaki. Pencapaian kita saat ini tidak terlepas dari campur tangannya allah dalam setiap langkah dan usaha kita.

“Pada setiap pencapaian hebat, selalu ada perpaduan 3 elemen penting : keyakinan, tujuan dan tindakan sehingga sukses”.

Sukses menjadi tolak ukur dari ketiga hal tersebut. keyakinan dengan husnudzon kepada Allah, tujuan tetap menuju Allah dan tindaka apapun tetap mengutamakan ketakutan kepada laknatnya Allah.

4. Kesimpulan

Buku menemukan rasa mampu mengemas dan menyampaikan ayat-ayat alquran dan hadits dengan tidak menoton. Dikemas dalam bahasa yang sangat halus dan lembut sehingga masuk kedalam hati dan meamhami dengan sepenuh rasa. Bahwa kita adalah seorang hamba yang tak luput dari pengawasan, penjagaan dan kasih sayangNya.

Kalau sya diberikan kesempatan menilai dari 1 sd 5 saya memberi nilai untuk buku ini adalah 5 atau sangat bagus untuk kita baca. Apalagi yang lagi punya masalah hidup yang seolah tiada habis dan merasa sangat berat. Berpikir Allah meninggalkan kita. Maka buku ini sangat bermanfaat untuk membangkit motivasi kita untuk tidak berputus asa dalam berdoa. Meninggkatkan rasa baik sangka kita terhadap takdirnya Allah.
Ibadah terberat

5. Rekomendasi

Buku ini bagus dibaca untuk siapa saja. Terutama bagi kita yang membutuhkan sprit untuk terus berjuang di jalan yang Allah ridhoi dan dengan harapan Allah juga meridhoi perjuangan kita.

Jadi buku ini cocok untuk seorang hamba atau siapapun yang belum mengerti arti hadirnya di dunia ini dan belum tahu tujuan hidupnya menuju apa.

Dengan membaca buku ini nanti pemikiran dan perasaan kita akan rerinstill bahwa hidup ini hanyalah untuk beribadah kepada Nya.

Banyak profesi dalam kehidupan kita, ada yang menjadi dokter, polisi, perawat, guru, ustad, satpam, pilot dan lain-lain tetapi profesi terbaik dari semua itu adalah menjadi sebenar-benar hamba. Setiap orang bisa melakukan profesi tersebut tanpa harus sekolah dan mendapatkan pendidikan formal. Dan yakinlah ketika profesi menjadi hamba adalah profesi mulia yang mengantarkan kita kepada kedekatan kepada Nya.
Jika seorang hamba mendekati Ku sejengkal. Niscaya Aku mendekatinya satu hasta. Jika dia mendekati Ku satu hasta, niscaya aku mendekatinya satu depa. Jika dia mendatangi Ku dengan berjalan kaki, niscaya aku mendatanginya dengan berlari kecil”.
          HR. Bukhari

Dari hadits ini jelas janji Allah itu pasti tidak ada sedikitpunkeraguan didalamnya. Terus apa yng membuat kita takut untuk mewakafkan diri kepada Nya. Kesombongan akan nikmat dunia yang Allah berikan membuat kita lupa diri dan merasa paling hebat.

Ingat semua hanya titipan bahkan nyawa kita sekalipun adalah milikNya. Kita dilahirkan tidak membawa apa-apa meninggalkan pun nanti tidak membawa apa-apa. Hanya amal yang akan menemani kita di alam kubur nanti.

Jadi buku meneukan rasa ini sangat saya rekomendasikan untik dibaca banyak insigh didalamnya dan setiap kutipannya menusuk kedalam jiwa dan asa kita.



Review buku tugas kelas : Blogspedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...