https://diarywinrie.com diary winrie: kajian isti’anah dalam islam

Sabtu, 06 Agustus 2022

kajian isti’anah dalam islam


Kajian jumat

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah bertemu lagi dengan hari Jumat. Ada jadwal rutin yang biasanya dilakukan setiap hari jumat yaitu kajian tentang fiqih wanita dan ilmu tauhid. Jumat ini kajian isti’anah dalam islam. Kajian biasanya diisi secara bergantian oleh Ustad Budi dan Ustadzah Eni. Beliau adalah suami istri yang selalu setia membimbing kami jamaah pengajian di Mesjid Al-Falah.

Sejarah

Kajian ini sudah dilakukan kurang lebih 3 tahun yang lalu setiap hari Jumat, jam 14.00 sd 15.30 Wib di Mesjid Al-Falah Sp 6 Agung Jaya Air Manjuto. Saya sendiri baru bergabung setahun belakangan ini. Alhamdulillah ilmu dan materi-materi yang disampaikan Ustad dan Ustadzah sangat bermanfaat dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari, terutama ilmu fiqih wanita muslim.

Pemateri

Persiapan


Sebelum kajian ini di mulai biasanya akan ada pemberitahuan 1 hari sebelum acara di grup Wag Sahabat Hijrah New. Kenapa grupnya ada new karena ini grup baru yang ustadzah buat pada tanggal 22 Mei 2022. Dari keterangan Ustadzah Eni anggota grup lama sudah banyak yang tidak aktif jadi sekarang Ustadzah buat grup baru untuk anggota yang aktif dan siap mengikuti kajian.

Pemberitahuan di grup biasanya berisi tentang pengumuman pengajian akan dilakukan di hari Jumat atau tidak. Karena Ustad dan Ustadzah bisa saja berhalangan atau bentrok dengan kegiatan lainnya. Sehingga grup ini sangat efektif sebagai tempat memberikan informasi.

Selain itu di grup juga sering dishare ilmu tentang islam dan ajakan untuk saling tolong menolong, silaturahmi, ajakan untuk berdzikir dan berdoa. Bahkan ajakan membantu teman-teman atau keluarga dari anggota sahabat hijrah jika sakit, meninggal atau terkena musibah.

Sebelum acara dimulai biasanya jamaah kajian akan menunggu di teras mesjid dan beberapa orang ada yang suka menunggu di dalam mesjid. Moment menunggu ini biasanya saya gunakan untuk menyapa teman-teman dan berkenalan. Masih banyak yang belum saya kenal nama dan asal teman-teman di sini. Meskipun rata-rata teman-teman di sini sudah kenal dengan saya. Tetapi sebaliknya saya belum banyak kenal.

Saya tipe orang yang mudah lupa kalau soal nama tetapi wajah insyaaallah saya ingat. Memahami kekurangan saya ini, saya harus banyak berinteraksi dengan teman-teman di sini. Jadi trik saya setiap berangkat kajian saya setidaknya menambah list teman yang saya kenal dan tahu latarnya setidaknya alamatnya.

Mesjid al falah


Sebelum kajian dimulai biasanya kita membuka pembatas antara laki-laki dan perempuan. Tujuan agar pemateri kelihatan. Kalau pematerinya Ustadzah kita bisa plong nampak jelas Ustadah Eni yang posisi nya didepan dan di tengah-tengah kita. Tetapi kalau pemateri nya Ustad Budi maka Ustad biasanya memasang pembatas sehingga yang bisa kita lihat hanyalah bagian wajah Ustad. Ini bertujuan untuk menjaga batasan-batasan dalam islam.

Pelaksanaan Kajian

1. Pembukaan

Awal kajian akan di buka dengan salam, dzikir, sholawat kepada nabi dan doa kepada Allah subhanawataa’la. Ustad atau Ustadzah akan menyampaikan tujuan dari kajian kita dan harapan setelah mengikuti kajian.

Pada tahap pembukaan ini Ustad/Ustadzah tidak langsung memberikan materi. Biasanya Ustad/Ustadzah menyampaikan berita yang lagi ngetrend atau viral saat ini dan dihubungkan dengan pandangan dan aturan-aturan yang ada dalam islam.

Ini akan menambah pemahaman dan cara pandang kita terhadap suatu masalah. Sehingga kita bisa menentukan bagaimana menyikapi berita viral tersebut. Mungkin kita juga bisa menjelaskan atau meluruskan ketika ada bahasan tentang hal yang sama di tempat lain.

Kadang-kadang Ustad/Ustadzah juga menceritakan pengalaman yang dirasakan penting untuk di ceritakan dan dari pengalaman beliau kita bisa mendapatkan hikmah dan meningkatkan iman serta ketaqwaan kita kepada Allah.

Kemudian Ustad/Ustadah akan menanyakan atau mengevaluasi daya ingat kita tentang materi sebelumnya. Tujuan mengetahui sejauh mana pemahaman dan pengetahuan jamaah.

Selanjutnya Ustadzah/Ustad mulai memberikan materi sesuai dengan kajian yang sudah disiapkan. Hari ini judulnya adalah kajian isti’anah dalam islam. Istia’anah artinya meminta pertolongan kepada Allah.

2. Materi isti’anah

a. Istia’anah yang dibolehkan

1. Meminta pertolongan kepada makhluk hidup dan makhluk tersebut mampu melakukannya.

Contoh :

Seseorang minta bantuan kepada orang lain dalam hal uang atau pekerjaan. Orang yang diminta bantuan tersebut bisa memberikan bantuan.

Istri minta tolong kepada suami untuk membelikan gas atau mengganti gas yang sudah habis.

2. Meminta pertolongan dalam kebaikan

Contoh :

Seseorang meminta pertolongan untuk melakukan donor darah kepada orang lain

Seseorang meminta pertolongan untuk bersama-sama dalam berbagi dengan orang-orang tidak mampu, anak yatim dan orang-orang yang mebutuhkan.

b. Istia’anah yang dilarang


1. Meminta pertolongan kepada makhluk hidup dan makhluk tersebut tidak mampu melakukannya.

Contoh :

Meminta kaya kepada makhluk

2. Meminta pertolongan kepada makhluk atau orang yang sudah meninggal.

Contoh :

Mendatangi kuburan untuk berdoa minta tolong diselamatkan atau di beri rezeki sehingga menjadi orang kaya.

Baik, ini sedikit ulasan materi kajian yang disampaikan Ustad Budi. Penjabarannya sangat luas dan mudah kita pahami saat Ustad/ Ustadzah menyampaikan dan yang paling penting bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari hari kita.

3. Penutup materi

Ustad/ustadzah akan membuka sesi tanya jawab atau diskusi tentang materi yang kita bahas. Sesi tanya jawab ini tidak menutup kemungkinan kita untuk bertanya diluar materi yang dibahas. Ustad/Ustadzah akan menjawabnya sampai kita puas.

Semakin banyak kita bertanya tentang hal-hal yang kita belum tahu atau masih ragu selama ini. Maka akan semakin terbuka pemikiran kita.

Akhir kajian Ustad atau Ustadzah akan menutup dengan doa kafaratul majelis dan mengucapkan salam dan mendoakan agar majelis illmu ini mendapat keberkahan dari Allah Subahana wata’ala.

Kesan dan pesan 

Alhamdulillah, kajian hari ini pun berakhir. Sahabat saya sangat bersyukur bergabung dengan sahabat hijrah ini. Saya merasakan mendapat keluarga yang baru di komunitas ini. Kekeluargaan nya sangat saya rasakan dan saya sangat membutuhkan orang-orang baik dan sholeh yang menemani perjuangan hijrah saya.

Hijrah yang sedang saya lakukan adalah hijrah hakiki dimana saya memang pindah dari kampung halaman ke sini. Saya pendatang yang merantau dan bekerja di sini. Merasa bahagia menjadi bagian dari sahabat hijrah.

Sekarang pun saya masih berjuang hijrah maknai dimana saya lagi berjuang meninggalkan yang haram dan mengganti dengan yang halal. Mulai menata cara berpakaian, memperbaiki lisan dan perbuatan.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Allah menemukan dengan sahabat hijrah ini. Banyak kegiatan kemanusiaan dan kebermanfaatan yang bisa kita lakukan di sahabat hijrah ini. Tidak hanya pengetahuan kita yang ditambah, tetapi jiwa sosial kita juga di tantang di komunitas sahabat hijrah ini.

Setiap jumat kita akan ada infaq terbaik. Infaq ini nanti akan dikumpulkan, dibelikan sembako dan dibagi-bagikan kepada keluarga yang tidak mampu. Biasanya dilakukan setiap bulan ramadhan. Kemudian kita juga akan mengadakan bawar baju atau barang-barang yang sisumbangkan secara sukarela oleh anggota sahabat hijrah. Hasil bazar juga akan dimanfaatkan untuk menambah dana sosial berbagi sembako.

Ini beberapa kegiatan yang sudah berjalan dan rencananya kita juga akan mengadakan tabungan Qurban dan umroh untuk jamaah sahabat hijrah. Semua ini dikelola oleh anggota sahabat hijrah. Ustad dan ustadzah hanya mengarahkan tidak ikut campur dalam pengelolaan keuangan sahabat hijrah.


Masyaallah semoga keikhlasan dan ketulusan Ustad danUstadzah Allah balas dengan kebaikan dan keberkahan. Allah berikan umur yang panjang dan kesehatan kepada beliau. Aamiin ya rabbal alamin

Pesan saya materi kajian istia'nah dalam islam sangat bermanfaat agar kita tidak salah dalam neminta pertolongan. Karena sudah menjadi hak Allah untuk kita ibadahi dan mintai pertolongan dan kewajiban Allah adalah memasukkan hamba-hambanya yang sholeh dan taat kedalam surga. Untuk teman-teman yang belum bergabung. Yuk bergabung dengan sahabat hijrah. Ilmunya berkah, pematerinya amanah dan insyaaallah selamat sampai ke jannah.

#Melengkapi tugas Blogspedia

8 komentar:

  1. Jadi kangen kajian offline baca resume kajian gini hehe

    BalasHapus
  2. Ya Allah pengen banget ikut kajian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di turki susah ya mba nyari kajian islam spt di indo

      Hapus
  3. Wah seneng ya kalo deket situ. Bisa langsung ikutan join :)

    BalasHapus
  4. Masya Allah berteman dengan orang2 saleh melalui kajian 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sbg usaha menjaga iman..

      Hapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...