https://diarywinrie.com diary winrie: Taman ayla kerinci

Rabu, 27 Juli 2022

Taman ayla kerinci

Taman Pemandian Ayla

Bismillahirahmanirrahim. Selamat siang Camamud Kriya. Tulisan kali ini akan membahas tentang artikel traveling. Traveling menjadi hobbi yang banyak diminati oleh banyak orang.

Setiap liburan pasti menyiapkan anggaran untuk traveling dan mencari lokasi wisata yang menjadi target traveling. Maka tidak heran banyak yang melakukan goggling terlebih dahulu, sebelum memutuskan ke tempat wisata yang ingin di kunjungi.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika seseorang memutuskan untuk mengunjungi suatu tempat adalah :

1. Budget

Budget yang perlu disiapkan untuk sampai kepada tempat wisata yang ingin di kunjungi. Semakin sedikit budget yang di perlukan maka akan semakin banyak peminatnya. Apalagi tempat wisata tersebut menjanjikan view yang indah untuk spot foto.

2. Kenyamanan

Kenyamanan merupakan suatu yang juga menjadi pertimbangan untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata. Kenyamanan yang dimaksud adalah kenyamanan berupa ketenangan, tidak ada pencurian di lokasi wisata.

Karena tidak jarang ketika mobil ditinggal parker malah di jebol oleh pencuri. Maka keamanan dan kenyamanan penting pada sebuah tempat wisata.

3. Transportasi

Alata transportasi menjadi pertimbangan ke tempat wisata karena kalau alat transportasi nya tidak sampai pada lokasi langsung. Mungkin bagi yang tidak suka ribet tidak akan mau mengunjungi tempat wisata tersebut. Zaman sekarang banyak orang mau simple dan mudah.

4. Fasilitas yang ada

Semakin banyak fasilitas yang ada pada tempat wisata dan itu sesuai kebutuhan pengunjung maka akan meningkatkan kunjungan pada area wisata tersebut.
Wisata Murah dan ramah di kantong

5. Lokasi tempat wisata

Lokasi wisata strategis dan mudah di jangkau. Waktu yang diperlukan ke lokasi wisata pun tidak lama, serta jarak tempuh nya tidak jauh. Wisata seperti banyak diminati. Namun ada beberapa orang yang suka berpetualang mungkin lebih menyukai tantangan dan tempat wisata yang agak jauh dan sulit di jangkau. Sehingga ada perjuangan menuju tempat wisata tersebut.

6. Keindahan tempat wisata

Keindahan tempat wisata dan banyak nya spot untuk berfoto menjadi pertimbangan pengunjung. Mengingat zaman sekarang semua mau di upload di media social. Sehingga perlu lokasi yang menarik dan indah untuk berfoto.

Baiklah setelah mengetahui apa saja kebutuhan pengunjung untuk sebuah tempat wisata maka saya pun memutuskan untuk menulis artikel tentang Taman ayla.
Taman Ayla merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kerinci. Kerinci terkenal dengan istilah sekepal tanah surga dan banyak tempat wisata. Istilah ini memang pas untuk Kerinci karena wilayahnya yang subur dan asri. 
Kerinci selain sebagai tempat wisata juga sebagai tempat bertanam sayur-sayuran dan cabe-cabean
Kerinci juga kaya dengan berbagai seni budayanya. Salah satunya adalah Tari Rangguk 
Sejarah taman ayla

1. Sejarah

Taman Ayla terletak di Jalan Jalur Dua Bukit Tengah, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci. Letak Taman Ayla ini sangat strategis karena dapat di jangkau dengan kendaraan apapun. Lingkungan di sekitar Taman Ayla ini adalah wilayah perkantoran pemerintah Kabupaten Kerinci.

Taman Ayla ini mulai beroperasi sejak Juli tahun 2019 dan sampai sekarang masih beroperasi. Pendiri nya adalah Bapak Hanafi dan sekarang Taman Ayla ini di kelola oleh anak beliau athock (nama panggilan).

Dari tahun ke tahun Taman Ayla ini semakin berkembang. Pertama kali saya dan keluarga berkunjung hanya ada 3 kolam yaitu kolam anak-anak dibawah 5 tahun, kolam anak-anak 5 sd 10 tahun dan kolam untuk anak-anak berusia 10 tahun keatas.

Tahun lalu, pengelola menambah fasilitas pemandian di Taman Ayla ini. Penambahan kolam untuk anak-anak dengan seluncuran dan kolam dewasa yang lebih dalam. Kolam untuk orang dewasa di tarok paling atas. Sehingga aman untuk anak-anak.

Sekarang pengelola masih terus berinovasi untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan memuaskan pengunjung. Di seberang bukit sudah mulai di bangun beberapa kolam untuk anak-anak dan dewasa sebagai tambahan.

Selain menambah kolam pemandian, beberapa fasilitas lain yang disediakan disini seperti : kamar mandi tempat mengganti pakaian, kantin-kantin dengan menu makanan yang lumayan banyak, tempat parkir yang aman, pondok-pondok tempat beristirahat dan makan,tempat karaoke, sepeda air, odong-odong dan permainan lainnya.

Selain mandi dan menikmati makanan yang di sediakan di kantin Ayla ini. Pengunjung juga bisa menyalurkan hobbi lain seperti karaoke dan memancing. Karena disini juga disediakan tempat untuk karaoke dan kolam besar yang diisi dengan ikan emas dan ikan nila.

Kegiatan memancing sepertinya belum diizinkan karena sudah beberapa kali ke sini belum menemui pengunjung yang memancing ikan di kolam ini. Harapannya suatu saat pengunjung diberi izin untuk memnacing.

2. Biaya

1. Karcis

Sebelum masuk kita akan menemui petugas karcis di pintu masuk. Pengunjung cukup menyiapkan uang sesuai dengan biaya karcis yaitu :

Anak-anak Rp. 5.000,-

Dewasa Rp. 10.000,-

2. Parkir

Parkir hanya akan di pungut biaya pada hari hari tertentu karena lokasi parkir didalam pagar Ayla tidak memadai lagi. Apalagi saat lebaran. Biasanya untuk menjaga keamanan kendaraan pengunjung maka akan dikenakan biaya Rp.2.000,- untuk motor dan Rp.5.000,- untuk mobil.

3. Fasilitas lainnya

Fasilitas lainnya yang bisa kita nikmati dan hanya mengeluarkan biaya yang sangat murah tetapi cukup puas adalah karaoke. Bagi pengunjung yang mau karaoke hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 5.000,- per lagu untuk hari biasa. Sedangkan untuk lebaran biasanya dikenakan biaya Rp.20.000,- per lagu.

Saat lebaran biaya karaoke agak tinggi karena menghadirkan artis-artis Kerinci seperti : “Cik May” dan banyak artis lainnya.
Fasilitas taman ayla

Pengunjung pasti akan sangat puas ketika bisa menyanyikan lagiu favoritnya. Tidak perlu ragu ya Camamud. Semua lagu ada di sini bisa request sesuka hati.

Pasti makin seru ya, liburan di sini. Sambil mandi dan berenang bisa dengar musik juga.
Selesai berenang kita bisa menikmati makanan di kantin Ayla ini. Ini pun sangat simpel, pesan makanan dan kita bisa kembali menunggu di pondok-pondok di pinggir kolam yang sudah disediakan. Tidak lama kemudian makanan akan datang.

Makanan yang paling banyak dipesan dan dinikmati adalah mie rebus. Kenapa karena biasanya setelah mandi. Pengunjung akan kedinginan dan ada keinginan menyatap makanan yang hangat-hangat.

O ya Camamud, disini kita juga bisa menikmati seluruh pemandangan di Pemandian Ayla ini dari atas bukit. Karena lokasi Taman Ayla ini memang dikelillingi oleh bukit-bukit. Disini juga bisa menjadi spot untuk foto.

3. Persiapan ke Taman Ayla

Pokoknya bagi Camamud yang mau ke sini jangan lupa membawa barang berikut ini : pakaian ganti, handuk dan sabun jika perlu. Siapkan bekal secukupnya dan untuk biaya seperti sudah kita bahas sebelumnya tidak memerlukan biaya yang besar untuk sampai di Taman Ayla ini. Sebelum berenang jangan lupa pemanasan terlebih dahulu unuk menghindari kram dan memanaskan badan. Karena air di dalam kolam di jamin seger dan dingin banget.

Kemudian jangan takut dengan kebersihan air didalam kolam. Setiap pagi air kolam ini akan dibersikan dan di saring sehingga bersih dari sampah dan air nya pun mengalir.

Baik inilah sedikit ulasan tentang Taman Ayla yang merupakan salah satu wisata di Kerinci. Bagi Camamud yang suka berenang maka tempat ini wajib untuk di kunjungi. Sedangkan bagi Camamud yang suka bertualang masih banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi seperti : gunung kerinci, danau gunung tujuh, Gua kasah, air terjun dan banyak lagi. Penasaran dengan alam kerinci,silahkan datang dannberkunjung. Terimakasih.









6 komentar:

  1. Asik dapet rekomendasi tempat renang baru nih aku :)

    BalasHapus
  2. Liburan ramah di kantong memang sangat dicari, ya, mba. Duh sayang jauh beud...:)

    BalasHapus
  3. Sudah lama tidak jalan-jalan nih... Lihat review kak Wince jadi ngerasa jalan-jalan virtual deh...

    BalasHapus
  4. trimakasih mba hayuk jalan-jalan ke kerinci

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...