https://diarywinrie.com diary winrie: sambal belut lado hijau

Sabtu, 30 Juli 2022

sambal belut lado hijau

Sambal belut gurih dan enak

Bissmillahirahmanirrahim. Selamat sore Camamud dan selamat tahun baru ya. Tahun baru islam menjadi moment libur bersama. Kita pun berkumpul menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada yang memilih kegiatan rekreasi bersama keluarga dan ada yang memilih menghabiskan waktu di rumah saja dengan keluarga serta ada yang memilih masak Samba belut lado hijau.

Saya sendiri masih memilih di rumah berkumpul dengan anak-anak tercinta. Karena minggu kemaren saya dan keluarga sudah pulang ke Kerinci dan berkunjung ke Taman Ayla Taman Ayla serta menyempatkan diri ke kebun cabe mertua saya. Jadi lumayan libur hari ini bisa untuk beres-beres rumah, masak makanan kesukaan anak-anak dan pak suami dan menyelesaiakan utang tulisan yang belum clear di kelas Blogspedia dan One Post One Day.

Alhamdulillah tulisan kali ini untuk memenuhi tantangan di kelas Blogspedia tentang membuat salah satu tips yang bermanfaat untuk pembaca. Tulisan ini terinspirasi dari kegiatan memasak siang tadi. Masak makanan kesukaan pak suami “Sambal Belut Lado Hijau”.

Pak suami sering memuji saya dengan masakan satu ini. Ga tahu ini benar-benar enak atau sekedar ingin menyenangi hati saya saja. Tetapi biasanya pak suami adalah orang yang paling jujur kalau masalah rasa. Kalau asin atau tidak enak Beliau akan sampaikan dengan baik-baik. Komunikasi seperti ini akan menjadi komunikasi yang paling baik untuk perbaikan saya dalam memasak.

Baik kembali ke topik “Sambal Belut Lado Hijau”. Menu ini bagi saya tidak gampang karena belut yang di goreng harus garing. Jika tidak garing maka akan keras dan susah digigit. Jadi indikator keberhasilan membuat menu ini menurut saya adalah di goreng belutnya dan keharuman serta cita rasa dari cabe hijaunya.

Secara umum memasak sambal belut lado hijau ini hampir sama dengan sambal lainnya. Bedanya ada tips tertentu untuk membuat belutnya garing. Nanti kita bahas ya Camamud. Sekarang kita bahas persiapan alat dan bahan untuk membuat sambal belut lado hijau.

Bahan sambal belut lado hijau

Alat dan bahan sambal belut cabe hijau

1. Cabe hijau 1 ons atau sesuai selera

2. Bawang merah 6 siung

3. Bawang putih 1 siung

4. Garam

5. Minyak goreng

6. Jeruk nipis/asam

7. 12 Ekor belut kecil-kecil yang sudah dikeringkan

Cara membuat sambal belut lado hijau

  1. Potong belut sesuai selera, kalau saya memotongnya kurang lebih 3 cm, jadi satu ekor belut kecil hanya akan terpotong menjadi 3 bagian.
  2. Bersihkan tangkai cabe dan giling dengan batu gilingan, saat menggiling cabe tidak perlu terlalu halus. Asalkan cabe sudah pecah sudah cukup.
  3. Masukkan garam saat menggiling cabe dan tambahkan bawang putih dan bawang merah yang sudah di kupas.
  4. Belut yang sudah di potong di cuci sampai bersih.
  5. Panaskan minyak goreng sampai panas dan sudah mengeluarkan asap.
  6. Masukkan belut yang sudah dicuci tadi. Aduk aduk sampai minyak merata. Saat menggoreng belut ini biar mendapatkan goreng belut garing dan gurih. A
  7. Setelah menggoreng belut selanjutnya menggoreng sedikit bawang untuk menambah harum sambal.
  8. Ketika bawang sudah menguning masukkan cabe hijau dan goreng sambil diaduk-aduk hingga matang.
  9. Peraskan sedikit asam kedalam cabe.
  10. Setelah cabe matang maka masukkan belut yang sudah di goreng tadi. Aduk hingga merata.
  11. Cara lain juga bisa setelah cabe matang maka siram ke atas belut yang sudah di goreng tadi dan sajikan.

Tips mengoreng belut garing 

Ada beberapa tips, mau tahu Camamud? Tips menggoreng belut garing :
  • Pastikan minyak sangat panas
  • Menggoreng belut sambil diaduk jangan didiamkan karena belut bisa tidak merata matangnya.
  • Aduk terus sampai tidak ada lagi bunyi seperti awal menggoreng tadi
  • Lihat warna belut sudah menguning apa belum
  • Jika sudah menguning dan tidak ada letusan minyak lagi
  • Angkat belut dan diamkan. 
Goreng belut garing

Mudah dan simpelkan Camamud. Simpel kalau bahannya semua ready di rumah. Saya sendiri untuk mendapatkan belut kering lumayan agak susah. Karena di Pasar sini jarang ada yang menjual belut kering. Kalau belut basah biasanya ada itupun hanya satu penjual saja. Sehingga kalau sudah pengen sekali masakan sambal belut lado hijau ini. Saya akan minta tolong orang tua atau mertua mengirimkan dari Kerinci.

Gimana kalau tempat Camamud, ada ga yang menjual belut kering ? kalau ada gampang tinggal eksekusi lagi. Insyaallah dijamin enak dan bikin ketagihan.

Oya Camamud, cara membuat sambal belut lado hijau sudah dan tips untuk menggoreng belut agar garing juga sudah. Sekarang kita intip apa saja kandungan nutrisi dalam belut sehingga belut ini baik untuk kita kosumsi. Cek it dot !

Kandungan Nutrisi Belut

Belut sumber nutrisi

Kandungan nutrisi pada 100 gram belut :
  • 185 kalori
  • 18,5 gram protein
  • 11,5–12 gram lemak
  • 270 miligram kalium
  • 20 miligram kalsium
  • 4 miligram vitamin E
  • 500 IU vitamin A
  • 900 IU vitamin D
  • 15 mikrogram folat
  • 6,5 mikrogram selenium
  • 1,5 miligram zinc

Manfaat belut untukm kesehatan

Selain mengandung berbagai nutrisi, belut juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Berikut manfaat belut untuk kesehatan tubuh kita :
Manfaat belut untuk kesehatan

1. Menjadi sumber energi

Kandungan kalori didalam belut dapat menjadi sumber energi untuk yang mengkosumsi belut.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Asupan makanan yang masuk harus diproses bersama oksigen agar bisa berubah menjadi energi. Semakin banyak oksigen maka akan semakin banyak energi yang akan dihasilkan. Artinya, dengan banyaknya kandungan oksigen tersebut juga akan membantu tubuh semakin sehat dan memberikan kekebalan pada tubuh kita

3. Mencegah terjadinya kanker

Arginin yang terkandung dalam belut memiliki fungsi penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan nutrisi pada belut dapat menurukan risiko serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah.
Kandungan oksigen yang terkandung dalam belut akan mampu membantu dalam pembentukan energi, atau dalam istilah ilmiahnya adalah oksidasi.
Bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat, disarankan untuk mengonsumsi belut karena makan belut dapat menurunkan risiko serangan jantung dan juga penyempitan pembuluh darah.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Kalori yang terkandung dalam belut akan mengikat oksigen. Oksigen akan dibawa menuju otak. Maka ini dapat meningkatkan kesehatan otak. Kandungan vitamin A dalam belut dapat meningkatkan fungsi otak

6. Memperkuat kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor pada belut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi Anda. Mengonsumsi belut secara teratur dapat menghindari Anda dari penyakit osteoporosis. Kandungan fosfor ini akan sangat bagus dikonsumsi oleh lansia ataupun lansia balita bila dikonsumsi secara teratur dan porsi yang aman.

7. Mencegah anemia

Belut juaga mengandung zat besi yang berguna untuk darah sehingga mengkosumsi belut dapat mencegah anemia.

8. Memelihara kesehatan mata

Belut merupakan salah satu sumber vitamin A dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan tercukupinya kedua asupan nutrisi tersebut, pertumbuhan dan fungsi mata anak akan terjaga.
Selain itu, vitamin A juga berperan cukup besar pada proses pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

9. Mendukung proses tumbuh kembang pada anak

Asupan protein, kolin, folat, dan omega-3 dari belut baik untuk mendukung perkembangan otak serta sumber energi untuk anak berkativitas sepanjang hari.

Demikianlah tulisan saya tentang sambal belut lado hijau. Semoga bermanfaat untuk Camamud dan bisa menjadi referensi untuk menyiapkan makana keluarga.

Sumber :
https://www.merdeka.com/jatim/7-manfaat-belut-bagi-kesehatan-jangan-anggap-sepele-khasiatnya-kln.html

10 komentar:

  1. Ternyata ada triknya juga ya mbak goreng belut. Seumur² aku belum pernah goreng belut, pegang saja enggak berani, tapi kalau makan mau sih, hhe. Thanks sharingnya mbak

    BalasHapus
  2. Klo setahu saya belut enak klo di masak mangut, klo yg ini belum pernah coba, jadi pingin masak belut hehehe

    BalasHapus
  3. jadi lapar lihat resepnya mba.. pasti mantap banget tuh, ngabisin se-ricecooker ini mah. Masak belut pasti jadi tantangan sendiri ya, apalagi licin gitu kalo basah.. mantaapp mba bisa menaklukkan belut 😍

    BalasHapus
  4. Tiba-tiba perut jadi lapar baca ini kak huhu.
    Jadi inget dulu pernah goreng belut karena takut dalemnya gak matang kadi aku biarain aja smpe kering baru dibalik, kirain matang tapi ternyata malah gosong, memang ada triknya ternyata.

    BalasHapus
  5. ya mba silahkan di coba tipsnya

    BalasHapus
  6. Saya suka banget belut tapi susah nyarinya di pasar. Kalo nemu belut auto coba nih resepnya

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah makan belut tapi dari tulisannya kelihatannya belut enak jdi pengen makan

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...