https://diarywinrie.com diary winrie: pengalaman mengganti template

Minggu, 31 Juli 2022

pengalaman mengganti template

Mengganti template friendly

Bismillahirrahmanirrahim. Penugasan kali ini memang menguji mental dan kesabaran. Beberapa kali mau nyerah tetapi ingat tujuan ikut kelas Blogspedia ini salah satunya adalah ingin mempunyai blog yang Seo friendly dan menarik pembaca

Apalah daya qodarullah materi yang ditungu-tunggu pun tidak bisa saya ikuti dengan maksimal karena harus pulang ke kerinci untuk melayat pada keluarga adek mama. Beliau mkeninggal karena ca mamae.

Alhasil materi pun tidak bisa saya ikuti. Chat di wag hanya lewat begitu saja tak menyimak dengan seksama sehingga tugas pun ketinggalan.

Sempat meminta izin kepada coach Marita untuk terlambat mengumpulkan tugas dengan harapan bisa mengerjakan semua minggu ini. Minggu ini pun kesibukan tidak berkurang sedikitpun. Malah bertambah karena pekerjaan yang numpuk minggu lalu saya juga izin masuk kantor.

Alhamdulillah saya masih bersyukur mengerjakan semua dengan kemampuan maksimal saya meski banyak hambatan yang saya rasakan. Kuduk pun mulai sakit berinteraksi dengan kode-kode. Kemaren sudah mulai mengerjakan tugas karena terbentur akhirnya istirahat dan menyelesaikan pekerjaan rumah.

Semua menuntut untuk selesai di minggu ini. Meski tertatih menyelesaikan misi. Saya hanya mengiringi dengan doa semoga allah memudahkan.

Materi saya baca berulang sambil praktek. Memang tidak segampang bayangan saya. Saya otak atik template saya dan akhirnya tampilan blog pun berubah sampai saya otak atik juga widget dan lain-lain.
Tantangan tugas blogspedia.

Ada beberapa poin yang diminta untuk penugasan kali ini :

1. Permak blog sederhana

2. Memasang sosial widget

3. Memasang banner komunitas

4. Memasang tombol back to up

5. Membuat menu drop down

Dengan bismillah dan terus menjaga baik sangka kepada Allah insyaallah bisa. Saya mulai mengotak atik template. Saya mengalami banyak kendala diantaranya :

1. Template yang saya pilih ternyata tidak Seo friendly, rencana mau saya ganti tetapi tidak terkejar lagi waktunya.

2. Karena seo tidak mobile sehingga tidak bisa terkoneksi dengan media sosial saya meski saya sudah memasukkan link media sosial saya.

3. Untuk banner tadinya saya masukin 3 banner tetapi foto nya tidak muncul pada tampilan blog. Akhirnya Mba Nita membantu mengirimkan link untuk komunitas bloger perempuan. Sehingga saya berhasil memasukkan banner komunitas bloger perempuan.

4. Pengaturan tulisan rata tengah saya belum bisa melakukannya, insyaallah saya masih penasaran dengan otak atik template ini. Semoga nanti saya berhasil.

5. Untuk tombol back to up saya di tampilan blog saya hanya ada tulisan back to up. Saya belum mengerti apakah ini sama atau berbeda.
Persiapan mengganti template blog

Masih banyak kendala yang saya alami dalam mengotak atik template. Beberapa hal yang perlu kita siapkan ketika mengganti template adalah :

1. Tenang dan sabar

2. Mental harus kuat

3. Banyak membaca

4. Belajar dari mana saja

5. Tetap optimis dan semangat

6. Banyak diskusi dan bertanya kepada teman-teman

7. Jangan segan bertanya

8. Usahakan mengikuti langkah-langkah yang sudah disampaikan dalam materi.

Bagi saya pemula dan pertama kalinya mengganti template. Saya lebih memilih dari penampilan sehingga tidak tahu template tersebut friendly atau tidak. Ini pun menjadi masalah di akhir.

Ah menyerah bukan kata yang tepat saat ini. Karena saya masih perlu banyak belajar di kelas coach Marita ini. Banyak ilmu yang saya belum pahami tentang blog dan disini saya dapatkan dengan cuma-cuma tanpa berbayar.

Sedih dan sayang sekali jika harus terlempar. Tetapi inilah hidup, tidak semua sesuai dengan harapan dan rencana kita. Saya hanya mampu berpasrah jika coach Marita masih berkenan saya akan bertahan di kelas ini. Tetapi jika tidak saya pun harus mengikhlaskan untuk dikeluarkan dari kelas ini.

Kok, jadi meleleh begini. Bibir berkata ikhlas di hati masih berat menerima. Kesempatan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Kesempatan yang mungkin hanya satu kali seumur hidup.

Ah sudahlah. Apa daya manusia dengan segala keterbatasannya. Saya tidak boleh egois dan semsestinya saya berani bertanggung jawab dan menerima apapun konsekuensi ari coach Marita.

Pengalaman menggati template juga sempat membuat saya down siang tadi. Karena ada berita bahwa blog akan di blokir oleh kominfo. Saya menjadi tidak semangat. Baru saja memulai sudah mau di blokir. Belum lagi nanti blog saya sudah cantik malah di blokir. Saya akan menulis dimana lagi. Jika bukan di blog.
Sesudah diganti template

Blog menjadi salah satu healing saya ketika lelah dalam bekerja dan rutinitas sehari-hari. Ini lah alasan saya sangat menginginkan tampilannya menarik.

Selain untuk menarik pembaca juga untuk membetahkan saya berlama-lama dengan blog saya. Semakin sering membaca semakin banyak ide dan ilmu-ilmu yang didapatkan.

Terakhir saya ingin berterimakasih kepada coach Marita dan teman teman di wag blogspedia batch 10. Teman –teman yang sudah memberikan saya pencerahan ketika mentok dan tidak tahu cara menyelesaikan tugas ini.

Terutama Mba Nita dan Mba Susi yang berkenan saya chat pribadi. Alhamdulillah di komunitas blogspedia ini banyak sekali orang-orang baik yang bersedia membantu jika kesulitan. Tak selesai di wag maka akan berlanjut dengan wapri.

Disini saya merasa bangga dan bahagia menjadi bagian dari keluarga blogspedia. Meski belum banyak yang saya bisa, saya yakin apa-apa yang saya dapatkan di kelas ini sangat besar manfaatnya untuk saya terutama dalam menulis. Terimakasih coach semoga tidak jera membimbing saya yang masih fakir ilmu tentang blog. Ini lah pengalaman mengganti template saya. Bagaimana dengan anda? 

Harapan pada blog


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...