https://diarywinrie.com diary winrie: pengalaman memasang TLD

Rabu, 13 Juli 2022

pengalaman memasang TLD

Bismillahirrahmanirrahim. Malam Camamud. Tugas kali ini dari coach Marita adalah artikel tutorial/pengalaman memasang TLD di blog dan artikel ditulis dengan wajib  menerapkan SEO
Tld blog ku

Sempat bingung menyimak materi dan pertanyaan teman-teman terkait pengalaman memasang TLd di grup wa blospedia #3.

Kok jadi ribet begini ya? Saya semakin penasaran dengan tips dan langkah-langkah yang coach Marita sampaikan cara memasang TLD. Pengen nyoba dan praktekkin langsung langkah-langkah memasang TLD. Sebenarnya ada bisikan nyerah untuk penugasan ini tetapi ingat alasan ngeblog 

Saya membaca satu persatu materi yang di share. Ada 4 materi yang di share yaitu :

1. Tutorial membeli dan memasang custom domain dari Rumahweb
2. Cara membeli domain blog di Dewaweb
3. Setting costum domain untuk blogspot via dewaweb
4. Pasang costum domain blog dari IdCloudHost, ini cara beli dan pasangnya

Dari keempat materi tersebut saya mulai paham ternyata blog saya sudah berdomain dan terpasang TLD. Sehingga saya tambah bingung mau nulis apa. Karena sebelumnnya saya sudah pernah ikut kelas blog dasar dan sampai pada tahap pemasangan TLD.

Cuma waktu itu saya menggunakan sahabat hosting dengan langkah-langkah yang harus kita kerjakan sendiri juga. Tidak langsung jadi kok domain dan TLD saya kemaren itu. Saya coba buka chat wapri saya dengan coach sebelumnya yang lumayan panjang tentang pengaktifan domain ini.

Waktu pertama kali saya mengaktifkan domain saya sempat cemas karena saya sudah transfer uang ke rekening penyedia jasa tetapi saya belum mendapatkan invoice. Saya transfer dengan invoice yang sebenarnya ditujukan untuk salah satu teman di grup. Saya kira waktu itu semua harus transfer ke rekening penyedia jasa dengan jumlah yang sama.

Ternyata tidak, ini pengalaman memasang TLD saya yang kurang hati-hati dan tidak menyimak. Akhirnya saya di bimbing dan diarahkan pelan-pelan step by step sampai domain terpasang.

Nah untuk tugas kali ini saya mau coba aktifkan lagi dengan cara yang coach Marita sampaikan cuma ga mungkin juga saya rubah blog yang sudah jadi ini sayang waktu itu saya transfer Rp. 145.000, - untuk membeli domain.
Net com

Mau bikin domain baru saya belum punya blog lain hanya ada satu blog ini. Karena masih tahap belajar untuk konsisten nulis dulu. Jadi setelah saya perhatikan sepertinya langkah-langkah pengaktifan domain blog saya dulu sama dengan cara membeli custom domain untuk blogspot di IDCloud Host.

Sebelum kita lanjutkan untuk membahas cara membeli domain. Kita paham dulu domain itu apa?

Apa itu domain ?

Apa itu domain

Domain adalah nama website yang diakhiri ekstensi (.com, .co.id, dll.) yang Anda ketikkan di kolom alamat browser untuk membuka website.

Secara lebih teknis, domain adalah nama yang dipilih sebagai identitas web server atau komputer agar kita bisa lebih mudah mengaksesnya.

Jadi, bisa dibilang bahwa domain adalah salah satu komponen utama website. Nama domain terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama situs dan ekstensi. Contohnya, diarywinrie.com memuat nama situs (diarywinrie) dan ekstensi (.com)

Kegunaan domain

Kegunaan domain adalah untuk mempermudah pengunjung mengakses website yang akan mereka buka melalui web browser, cukup dengan mengetikkan alamatnya tanpa harus menghafal IP address website.

Jenis domain

Jenis domain yang paling banyak digunakan:

1. TLD: Top Level Domain

Top Level Domain adalah nama tingkat atas dalam sistemnya di Internet. Tersedia ribuan TLD yang bisa Anda gunakan, dan yang paling populer antara lain adalah .com, .org, .net, dan .edu.


2. ccTLD: Country Code Top Level Domain

ccTLD hanya menggunakan dua huruf berdasarkan kode negara internasional, misalnya .us untuk United States dan .jp untuk Jepang.

3. gTLD: Generic Top Level Domain

Generic Top Level Domain adalah TLD yang tidak menggunakan kode negara. Sebagian besar gTLD memiliki penggunaan tertentu, misalnya .edu untuk website institusi pendidikan (edukasi).

Contoh gTLD lainnya adalah .mil (militer), .gov (pemerintah), .org (lembaga nirlaba dan organisasi), dan .net yang awalnya dibuat untuk penyedia layanan internet (ISP), tapi sekarang bisa untuk semua bidang.

Sudah sedikit terbayangkan Camamud mau milih TLD apa? 

Tips memilih TLD

Dalam memilih TLD ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Memilih TLD yang tidak terlalu panjang
2. Panjang maksimal urk artikel adalah 75 karakter dimulai dari https.
3. Jika domain sudah panjang bisa pusing saat setting permalink dan bisa terpotong.
4. TLD tidak boleh mengandung angka dan strip karena mudah naik spam scorenya
5. Pilih TLD yang unik dan mudah diingat
6. Hindari kata-kata alay
7. Domain is your branding maka pilihlah dengan hati-hati.

Nah sekarang sudah menyiapkan nama TLD nya kan Camamud. Penasaran ga cara membeli domain ?

Cara membeli domain di  IDCloudHost

Cara membeli custom domain di idcloudhost

Berikut tahapan membeli domain :
  1. Masuk ke web idcloudhost.com lalu pilih produk service domain
  2. Ketikkan nama custom domain yang diinginkan, klik check
  3. Kalau custom domai incaran sudah tersedia, tinggal kita klik add to cart lalu checkout
  4. Lakukan pembayaran
  5. Setelah bayar, buka ticket billing dan berikan konfirmasi kalau sudah melakukan pembayaran atau kita bisa cek langsung ke CS-nya.
  6. Bisa dicek juga ke email, kadang sudah ada link yang di verifikasi.

Cara memasang custom domain di IDCloudHost

Memasang custom domain di Idcloudhost

Selanjutnya apa yang kita lakukan, kita ke tahap pemasangan custom domain ke platform blogspot. Berikut tahapan untuk memasang custom domain:
  1. Masuk di client area IDCloudHost, pilih My domain
  2. Di bagian ujung ada titik 3 berderet maka klik lalu pilih manage domain
  3. Hidupkan register lock untuk menjaga agar domain tetap aman dan tidak dipindahkan oleh orang lain tanpa seizin kita.
  4. Nameservers biarkan default
  5. Buka dashboard blog, di bagian setting atau pengaturan : masukkan custom domain yang sudah kita beli tadi, klik save atau simpan. Maka akan keluar error
  6. Baru kita masukkan kode unik yang muncul sebagai bahan konfigurasi DNS di client area IDCloud Host.
  7. Kemudian isi dua Cname dan empat A yang isiannya :
Memasang domain

Kalau semua sudah diisi jangan lupa klik save change pada DNS Zone. Lalu balik lagi ke dashboard blogspot simpan custom domain.
Selanjutnya aktifkan redirest non www ke www, https dan https redirect.
Kalau dulu saya sempat menunggu 24 jam. Meski kadang bisa lebih cepat. Jika sudah 24 jam belum berubah cek lagi mungkin ada pengaturan yang salah dan bisa menghubungi CS IDCloudHost.

Selamat mencoba, setelah Camamud berhasil jangan lupa share pengalaman memasang TLD nya juga ya. Perjuangan memasang TLD ini tidak mudah menurut saya saat berhasil ada kebahagiaan dan kepuasan tersendiri. Ketika melihat alamat blog kita terpampang di mesin pencaharian. Harapannya kedepannya diarywinrie makin banyak di cari dan dibaca oleh banyak orang. Aamiin.

Sumber :
Maryta Ningtias Materi blospedia # 3

8 komentar:

  1. Tahapannya seperti lebih banyak ya..alhamdulillah akhirnya berhasil juga yaa

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah akhirnya sudah resmi punya blog TLD nih, yeay!

    BalasHapus
  3. Ini awalnya berdasarkan dari materi juga sempet survey ke IDCloudHost. Sebagai pemula yang masih bingungan, akhirnya pilih provider yg paling mudah. Tapi, terima kasih sudah berbagi pengalaman pasang TLD di IDCloudHost. Bisa jadi referensi kedepannya

    BalasHapus
  4. Waah makasih sharingnya mbak. Bisa jadi referensi ke depan buatku kalo mau ternak blog, soalnya aku pake registrar yg beda..

    BalasHapus
  5. Wahh makasih banyak kak untuk bekal pengetahuan TLD-nya, seenggaknya udah kebayang caranya dan tipsnya, udah kebayang juga mau milih domain apa xixi. Walaupun step-nya belum terlalu paham dan harus sambil praktek sihh.

    BalasHapus
  6. Selamat atas domain barbunya bu....

    BalasHapus
  7. Untuk range harga yang tersedia dari berapa hingga berapa ya Mbak? Sama itu jatuhnya kita menyewa ya?

    BalasHapus
  8. Tips banget sih ini buat aku

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...