https://diarywinrie.com diary winrie: Misi 9 aku berkarya aku bahagia

Kamis, 07 Juli 2022

Misi 9 aku berkarya aku bahagia

Wag amaizing self talk

Bismillahirahmanirrahim. Alhamdulillah setelah sempat bingung melanjutkan misi aku berkarya dengan bahagia. Kemaren di visi 8 saya memang focus ingin mengasah karya dalam menulis. Karena untuk sebuah karya menulis saya baru focus di blog dan merasa belum percaya diri untuk share ilmu tentang blog sehingga kemaren saya memilih untuk visi 9 aku berkarya aku bahagia adalah dengan share amaizing self talk positive. Ilmu yang sudah 2 tahun ini saya geluti dan jalani. Begitu banyak manfaat yang dirasakan dari amaizing self talk positive ini terutama dalam mengelola emosi sehari-hari.

Pekerjaan yang banyak, target kerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu dan amanah-amanah lain yang harus di pertanggung jawabkan. Tidak heran kadang menguras energi dan emosi sehingga mudah terpancing emosi dan marah, menjadi kurang sabar dan sering mengeluh.

Dengan mempraktekkan amaizing self talk positive ini saya merasakan dada yang dulu penuh dan sesak. Sekarang sudah mulai lapang dan tenang. Sering mengajak self talk : berkomunikasi dengan diri sendiri. Untuk menggali kelebihan dan kekurangan diri. Bukankah yang paling dekat dengan diri kita adalah diri kita sendiri. Maka kitalah yang harus tahu apa maunya diri ini.
Hr muslim

Jangan biarkan energi/emosi negatif merajai hati kita sehingga sulit mengelola emosi. Bagaimana kita berbicara dengan diri sendiri. Ada 2 macam self talk yang ada pada diri kita :
Self talk positive dan negative

1. Self Talk Positive

Self talk positive adalah kata-kata positif yang kita ucapkan pada diri sendiri.

Seperti :

“saya bisa”

“saya bahagia”

“saya sukses”

“saya sehat”

2. Self Talk Negative

Self talk negative adalah kata-kata negatif yang diucapkan kepada diri sendiri.

Seperti :

“saya tidak mampu”

“saya gagal”

“saya lemah”

“saya sakit”

Kata kata tersebut sangat besar pengaruhnya dalam lisan dan perbuatan kita. Apa yang kita pikirkan itulah yang akan menjadi focus kita sehingga tindakan dan perbuatan kita pun tanpa kita sadari kita curahkan untuk mindset yang sudah kita tanam tersebut.

Misi 9 kemaren saya sampaikan lewat Whatapp Grup Amaizing Self Talk Positive. Berawal share link wa grup di wag 3 matrikulasi batch 10 dan Ip regional sungai penuh kerinci. Semua anggota grup terdiri dari 65 peserta. Ada 1 peserta yang saya keluarkan ke grup karena peserta menyusup dan memanfaatkan wag ini sebagai tempat promosi.
Perkenalan pemateri

Setiap anggota grup Wag Amaizing self talk positive saya minta untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, domisili dan alasan ikut kelas Amaizing self talk positive. Beberapa alasan sahabatku ikut kelas ini adalah :

1. Menambah pengalaman dan teman

2. Belajar bersama dan ingin memotivasi diri agar menjadi ibu yang lebih baik.

3. Menjadi ibu dan istri yang selalu positif

4. Lebih bahagia menjalani peran

5. Perlu cara untuk melepaskan emosi negative

6. Bisa berbahasa lebih sabar kepada anak

7. Ingin lebih baik lagi selama menjalani peran sebagai ibu

8. Sehat mental dan fisik

9. Ingin selalu bersemangat menjalani peran ibu, istri dan social.

10. Belajar untuk berkomunikasi positif dengan diri sendiri dan belajar jujur dengan diri.

Alhamdulilah semua peserta antusias sekali sampai dengan sesi tanya jawab. Kelas ini saya handle sendiri karena saya belum menemukan teman-teman di ibu professional yang bersedia untuk menjadi moderator meski sudah saya tawarkan ke beberapa teman. Banyak yang merasa belum layak dan waktu nya bentrok dengan kegiatan lain.

Cuma setelah saya baca misi 9 ini tidak masalah kalau kita mengerjakan misi tunggal bukan kolaborasi.

Alhamdulillah Allah mudahkan langkah demi langkah demi perkembangan diri dan peningkatan kapasitas diri.
Materi amaizing

Materi saya share pada jam 16.00 Wib dan on time meski yang hadir bari 6 orang peserta dari 64 peserta. Saya berusaha mempraktekkan ilmu always on time dari ibu profesional. Merasa agak egois memilih memulai materi dengan sedikit yang menyimak. Tetap optimis mudah-mudahan nanti bertambah.
Sesi tanya jawab

30 menit selesai materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan dari sahabatku di WAG kemaren adalah tentang bagaimana mengelola emosi dalam diri, bagaimana melatih self talk positif ditengah tuntutan pekerjaan dan anak-anak.
Closing statement

Semua pertanyaan sudah terjawab dan kelas sudah di bubarkan. Semua peserta boleh left dari grup dengan berpamitan.

Tetapi sampai misi ini saya kerjakan masih banyak yang bertahan karena alasan kami akan praktekkan bersama 21 hari kedepan amaizing self talk setiap pagi.
Pembubaran grup left

Menunda keluar grup mudah-mudah menambah silaturrahmi dan keberkahan ilmu amaizing self talk positive ini. Minta allah temani dan mudahkan kami untuk berpraktek ilmu kami. Aamiin. Misi 9 aku berkarya aku bahagian alhamdulillah saya lalui dengan benar-benar bahagia seolah menemukan diri saya yang sebenarnya dan inilah salah satu fassion saya.

Materi wag : 

Aturan kelas wag amaizing self talk positif : 

Aturan kelas wag amaizing self talk positive







4 komentar:

  1. Keren banget Kak Win buka kelas tentang self talk. Baca ini aku jadi berpikir juga, aku selama udah melakuyself talk ga ya sama diri sendiri? Mungkin selama ini kurang berkembang karena ga pernah melakukan self talk yang positif? Atau jangan-jangan self talk yang aku lakuin selama ini berada di koridor yang negatif ya? Huehue, menamlar banget sih inii.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah mba, jadi pengen ikut kelasnya...

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...