https://diarywinrie.com diary winrie: Menjadi pribadi high value

Minggu, 03 Juli 2022

Menjadi pribadi high value

Bismillahirahmanirrahim. Sebuah kesempatan dan ujian ketika memutuskan membahas tentang menjadi pribadi high value. Mengapa? Karena Allah sering menguji apa-apa yang sedang kita doakan dan ucapkan.
Menjadi pribadi high value

Nah untuk menghadapi ujian tersebut tidak lah mudah. Sering iman di naik turunkan. Salah-salah melangkah bisa salah arah tanpa tujuan.

Impian banyak orang untuk mempunyai high value sehingga bisa mendapatkan penghargaan dan kesempatan untuk aktualisasi diri. Setiap prestasi akan dihargai dan menjadi kebanggaan setiap orang. Siapa yang tidak mau?

Di dalam hirarki kebutuhan menurut Maslow. Ada lima hirarki kebutuhan yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri.

Menjadi pribadi yang high value merupakan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan harga diri dan aktualisasi diri. Namun apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan nilai diri kita. Berikut ada 10 hal yang bisa bikin kamu menjadi orang yang punya high value :

1. Menjadi pribadi yang positif

Pribadi yang positif artinya positif dalam segala hal. Berpikiran positif, bertutur kata baik dan berperilaku baik.

2. Mampu mengelola emosi dengan baik

Tidak jarang emosi ini berubah-ubah dalam hitungan menit. Sehingga kemampuan mengelola emosi dengan baik sangat kita butuhkan. Berikan waktu jeda sebelum merespon segala sesuatu. Jangan langsung menerima apalagi langsung emosi.


3. Nggak suka membuang waktu

Jangan salah di saat kita lagi fokus-fokusnya akan ada saja godaan menyapa. Mengalihkan kita dari tujuan yang ingin kita capai. Tidak apa-apa, anggap saja itu semua angin lalu tetaplah fokus pada memperbaiki atau mengupgrade diri.

4. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Menjadi pribadi yang bertanggung jawab ketika mendapatkan amanah. Entah itu berat atau ringan amanahnya. Bertanggung jawab dan bisa diandalkan.

5. Nggak mudah tersinggung dan terpancing emosi

Nah ini ujian dan tantangan banget. Kita sering terbawa arus pada suatu kejadian dan sering baperan. Saya sendiri merasakan untuk nggak mudah tersinggung dan terpancing emosi ini agak sulit. Apalagi syeitan tak kan berhenti mempengaruhi diri kita untuk terus membuat kita emosi.
10 tips menjadi pribadi high value

6. Always be confident

Percaya diri itu adalah kunci keberhasilan. Percaya pada diri sendiri akan membuat mu menjadi yang luar biasa. Ini modal wajib yang harus kita punya. Percaya pada diri sendiri.

7. Menghindari gosip, drama dan hal lain yang tidak sesuai prinsipmu

Menjadi pribadi yang seperti ini tidak mudah. Kita akan sering mendengar orang-orang menganggap kita sok hebat, sok suci atau sok-sok lainnya. Tetapi ingatlah jangan membuang waktu untuk sesuatu yang tidak ada manfaatnya bahkan banyak mudaratnya. Saya agak tegas untuk hal-hal yang tidak sejalan dengan hati dan prinsip. Meskipun akan di kucilkan insyaAllah saya siap dengan konsekuensi ini. Karena saya takut siksa Allah lebih berat dari pada siksa dikucilkan.

8. Mandiri dalam segala hal

Cobalah menjadi priadi yang mandiri, tidak banyak mintak tolong tetapi banyak menolong. Mengerjakan segala sesuatu dengan semaksimal mungkin ketika buntu barulah minta bantuan orang lain. Belajar mandiri dari hal terkecil sekalipun.

9. Tunjukkan kamu memiliki power

Menunjukkan power tidak harus selalu dengan kekerasan dan suara kasar. Menunjukan power dengan kelembutan justru lebih elegan dan menjadikan dirimu lebih di hormati dan di segani. Tidak perlu memakai ancaman atau kata-kata yang tidak enak di dengar. Cukup sampaikan dengan hati. Karena apa-apa yang terucap dari hati akan sampai ke hati.

10. Selalu mau explore dan mempelajari banyak hal

Tidak pernah berhenti belajar selagi ada kesempatan. Terus menggali ilmu dan mengevaluasi ilmu yang sudah didapatkan. Apakah ada manfaatnya untuk diri, keluarga dan lingkungan. Berproses dalam setiap pembelajaran. Belajar untuk mengajar dan mengajar untuk belajar. Proses yang tiada henti dan berkelanjutan. Ini alasan never stop learn and always elevate your knownledge.
Tips menjadi lebih baik

Baiklah bestie ternyata ada 10 hal yang bisa bikin kamu menjadi punya high value. Sekarang sudah tahu ilmunya. Selanjutnya selamat berpraktek. Semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang selalu ingin mengupgrade value diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...