https://diarywinrie.com diary winrie: Manfaat cabe kerinci untuk kesehatan

Minggu, 24 Juli 2022

Manfaat cabe kerinci untuk kesehatan

Bissmillahirrahmanirrahim. Salah satu kebutuhan pokok sebagai ibu rumah tangga adalah cabe. Kalau saya cabe adalah list wajib ketika belanja kepasar selain bawang, tomat, sayur dan lauk pauk lainnya.

Kami sekeluarga tidak bisa makan kalau tidak ada menu yang ada cabe. Saya sendiri suka dengan gulai atau yang bersantan. Meskipun masak gulai tetap saja saya harus menyiapkan cabe goreng sebagai pelengkap. Rasanya makan belum afdol kalau belum pakai cabe.

Selain penyuka pedas keluarga saya juga suka makan dengan kecap. Ini bukan karena saya tinggal di lingkungan Jawa. Selain saya semua anggota keluarga suka makan dengan kecap. Kalau saya perhatikan ini memang mengikuti kebiasaan suami saya, yang makan harus ada cabe dan kecap.

Akhir-akhir ini harga cabe melambung tinggi. Cabe yang biasanya ada di pasar adalah cabe kampung dan cabe kerinci. Dua-duanya tidak ada yang murah. Kami sendiri terbiasa dengan cabe kerinci yang lebih pedas dibandingkan cabe kampung. Cabe Kerinci mempunyai bentuk lebih kecil dibandingkan dengan cabe kampung.

Kalau terjadi kenaikan harga dapat dipastikan ibu-ibu akan menjerit. Karena cabe merupakan kebutuhan wajib bagi masayarakat di sini.

Pengertian cabe


Tanaman cabe (Capsicum annum L.) adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika yang menyebar hingga mencapai negara-negara Asia termasuk Indonesia dengan bantuan pedagang Spanyol dan Portugis.

Cabe keriting biasa juga disebut dengan cabe kerinci di tempat tinggal saya. Cabe keriting adalah salah satu tanaman musiman dengan daun berwarna hijau, tua, tinggi bisa mencapai satu meter, bunga berwarna putih dan soliter, dan termasuk tanaman yang dapat berbuah baik di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Manfaat cabe untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung


Cabe memiliki senyawa yang disebut capsaicin. Ini dapat membantu meredam peradangan dan proses berbahaya lainnya yang terlibat dalam penumpukan plak lemak di arteri. Dengan demikian cabe dapat mengurangi penumpukan plak lemak di arteri. Sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

2. Membantu menurunkan gula darah

Orang yang rajin mengkosumsi cabe maka akan membantu menurunkan gula darah. Ini telah terbukti dari penelitian Sibella King dalam News-medical.net, penelitian dilakukan pada penderita diabetes. 

3. Membunuh sel kanker

Cabe mengandung capsaicin telah terbukti memiliki peran sebagai penekan tumor untuk kanker prostat. Capsaicin berpotensi menekan pertumbuhan sel karsinoma prostat manusia secara in vitro dan in vivo.

4. Penghilang rasa sakit

Pada saat mengkosumsi cabe, dapat meningkatkan endorfin yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit.


5. Melegakan hidung tersumbat

Kandungan capsaicin juga dapat melegakan hidung yang tersumbat. Makanan yang pedas sangat membantu untuk membuka saluran hidung yang tersumbat. Cabe juga dapat membantu mengurangi nyeri sinus, mengurangi peradangan dan membuang lendir yang tersumbat.

6. Menurunkan berat badan

Senyawa capsaicin dipercaya mampu mengurangi asupan kalori sehingga sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

7. Detoksifikasi

Cabe dapat membantu detoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan dan membuang zat-zat yang tidak terpakai oleh tubuh. Selain itu, cabe juga mampu meningkatkan pasokan nutrisi ke dalam jaringan tubuh sebagia makanan.

8. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Cabe dapat mengurangi kolesterol dalam darah.

9. Menjaga kesehatan lambung

Dapat mengurangi peradangan dan mengobati infeksi lambung. Makanan pedas dapat menenangkan usus dan menjaganya tetap sehat. Kandungan capsaicin masuk ke perut lalu merangsang produksi lendir lambung dan mempercepat pencernaan.

Itu sedikit tentang pembahasan cabe kerinci. Harga yang melambung tinggi buka semata-mata dari petani. Tetapi keadaan barang yang tidak ada sementara kebutuhan banyak. Maka disinilah hukum ekonomi berlaku. Permintaan banyak, barang sedikit maka harga akan tinggi.

Harga yang tinggi sebenarnya sudah sesaui juga dengan modal para petani cabe. Mengingat saat ini pupuk yang diperlukan untuk bertanam cabe juga mahal. Jadi dengan harga Rp60.000,- /kg sampai dengan Rp. 70.000,-/kg. Maka petani cabe akan mendapatkan keuntungan tetapi jika harga cabe hanya Rp. 25.000,-/kg maka bisa dipastikan petani cabe akan mengalami kerugian, karena besarnya biaya perawatan dan penanaman cabe.

Sumber :


3 komentar:

  1. Wahh pas bgt aku yg suka cabe, kalau gak da cabe pas makan tuh berasa da yg kurang gitu, sensasi-sensasinya 😁
    "Pada saat mengkosumsi cabe, dapat meningkatkan endorfin yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit"- ini sih ilmu baru banget, sebelumnya gak tahu cabe bisa menghilangkan rasa sakit.
    Sgt informatif kak ^^

    BalasHapus
  2. Reza Liswara25 Juli 2022 12.48

    Cabe kerinci itu berarti seperti cabai rawit ya mbak? Apa beda? Baru nemu jenis cabai yang lain.

    Manfaat cabe memang banyak sih, tapi kadang harus sadsr juga jangan konsumsi banyaj-banyak hehe

    BalasHapus
  3. Waduh makin semangat makan cabe cabean ini mah, mba, banyak manfaatnya ya ternyata

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...