https://diarywinrie.com diary winrie: keluarga terbaik inspirasi alquran

Senin, 25 Juli 2022

keluarga terbaik inspirasi alquran

Bissmillahirrahmanirrahim. Seburuk-buruk manusia pasti ingin mendapatkan pasangan yang sholeh atau sholihah. Munafik jika bibir berkata tidak menginginkan pasangan yang lebih baik dari diri kita sendiri.

Pertanyaannya bagaimana kalau kita yang sudah punya pasangan tetapi tidak sesuai dengan ekpektasi kita. Nah disinilah iman sedang di uji oleh Allah. Tidak menyerah dengan keadaan karena sesakit-sakitnya hidup di dunia ini. Yakinlah Allah tidak akan pernah meninggalkan kita. Allah lah yang paling setia menemani kita dalam menjalani hidup ini.

Allah tidak pernah peduli kita bahagia atau sakit. Allah tidak pernah peduli kita berbuat dosa atau tidak. Allah akan menyayangi hambanya yang beriman dan bersabar.

Sekarang atas dasar apa engkau mengeluhkan perihal pasangan dan keluarga. Kita semua hanya akan menuju Nya. Keluarga, pasangan, anak, bisnis bahkan jabatan hanyalah kendaraan menuju ke kampung akhirat.

Perlakukanlah semua dengan baik dan jadikan semua itu sebagai wasilah yang mengantarkan kita ke surga kelak. Bagaimana caranya menjadikan semua itu sebagai wasilah untuk berbuat lebih banyak kebaikan?

1. Pasangan

Menjadikan pasangan sebagai jalan menuju surga bagi kita terutama perempuan sebenarnya gampang-gampang sulit. Karena kita sering terlalu egois mengahadapi pasangan kita. Selalu ingin minta diperhatikan, dihargai dan disayangi.

Sekarang coba balik bertanya kepada diri. Sudah sejauh mana kita memperhatikan pasangan? Menghargainya ? dan menyayanginya?

Kita terlalu banyak menuntut pada pasangan sehingga lupa akan apa yang sudah kita berikan. Sudahkah memberi pelayanan terbaik?

Astaghfiullah muhasabah diri dulu sebelum membuat banyak tuntutan.

Belajarlah untuk memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu, belajar lebih sabar dan ikhlas melayani pasangan.

Yakinlah jika pasangan kita belum baik saat ini, doakan semoga Allah membukakan pintu hatinya untuk kembali kepada Nya. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin.

Tugas kita sebagai pasangan mengingatkan dan mengajak selanjutnya mendoakan. Urusan hasil biarlah menjadi ranahnya Allah Subahana wataa’la.

Dakwah yang paling baik adalah mengajak pasangan dalam kebaikan.

Ingat jangan pernah menggurui karena makhluk yang namanya suami tidak suka diajari apalagi digurui.

Hormati dan hargai pasangan di mulai dari hal-hal kecil. Seperti : minta izin jika ingin bepergian, sepele memang tetapi dampaknya akan luar biasa sekali kepada suami. Jangan sudah sampai di tempat atau hari H baru minta izin. Usahakan melakukan komunikasi dua arah dengan suami untuk setiap permasalahan.

2. Anak

Sebagai orang tua pasti menginginkan anak yang sholeh, rajin sholat 5 waktu, hafal al quran dan sukses dunia dan akhirat. Apa daya kita sebagai orang tua juga mempunyai keterbatasan. Keterbatasan dalam waktu, keterbatasan dalam ilmu dan keterbatasan sebagai manusia biasa.

Maka mohonlah kepada Allah agar di bimbing dalam mendidik anak-anak kita. Karena anak adalah harta. Layaknya harta yang kita wakafkan kejalan Allah maka wakafkan pula anak-anak kita untuk berjuang di jalan Allah.

3. Bisnis

Menjadikan bisnis sebagai wasilah kebaikan tentunya dengan menjalankan bisnis sesuai dengan aturan dan pedoman kita al quran. Memahami mana yang boleh dan tidak boleh dikerjakan dalam berbisnis. Jangan melihat profitnya yang besar tetapi lihatlah nilai keberkahan sebuah bisnis. Biar banyak asal berkah. Itu maunya kita semua.

Jadi belajar untuk berbisnis sesuai syariat.

4. Jabatan

Menjadikan jabatan sebagai wasilah kebaikan adalah dengan memberikan pekerjaan dan kemampuan terbaik kita, tanpa mengharapkan pujian atau pandangan dari manusia. Cukuplah Allah menjadi tujuan kita bekerja melaksanakan amanah yang dititipkan. Niatkan semua karena allah semoga dengan ini hal kecil sekalipun yang kita kerjakan akan bernilai ibadah.



Keluarga terbaik inspirasi alquran merupakan keluarga yang setiap tindakan dan pekerjaannya berpedoman kepada alquran dan sunnah. Semakin dekat dengan alquran maka akan semakin menuju sakinah mawadah dan warahmah.

Keluarga menjadi tempat kembali yang paling nyaman dan aman. Rumah menjadi surga sebelum surgaNya. Masyaallah semoga kita semua Allah karuniakan pasangan dan keturunan yang sholeh dan sholihah seperti doa nabi Ibrahim AS berkata :
Rabbi habliiminashshoolihin
Artinya:
Ya Tuhanku, anugerahkan kepadaku seorang anak yang termasuk orang saleh.” (QS. As-Shaffat: 100)
Selain doa tersebut  masih ada doa lain untuk meminta keturunan yang sholeh dan sholihah.
Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.
Artinya:
Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.
(QS. Al Furqon: 74).
Baiklah selamat berpraktek ya sahabat semua. semoga kita semua menjadi hamba-hamba yang tidak jauh dari alquran dan menjadikan alquran sebagai life style kita.





2 komentar:

  1. Keluarga yang baik adalah keluarga yang berlandaskan panduan dsri Al-Qur'an. Namun, enggak ada kelusrga yang sempurna, namanya rumah kadang ada bocornya, ada rusaknya, lalu diperbaiki dengan merenovasi. Begitu juga dengan keluarga, keluarga yang baik adalah saling memperbaiki diri bersama-sama.

    BalasHapus
  2. masyaallah semakin siap insyaallah ya vin melangkah menuju keuarga sakinah mawadah warahmah

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...