https://diarywinrie.com diary winrie: hutang pengasuhan

Senin, 25 Juli 2022

hutang pengasuhan

Bissmillahirrahmanirrahim. Camamud Kriya, sebelumnya kita membahas tentang keluarga terbaik inspirasi alquran. Selanjutnya izin menyampaikan tentang hutang pengasuhan. Hutang pengasuhan sering kita lakukan sebagai orang tua tanpa kita sadari.

Hutang pengasuhan ini sebenarnya sangat sepele tetapi efek nya sangat besar bagi anak-anak kita. Apa bentuk hutang pengasuhan yang kitan lakukan. Banyak sekali kita tidak memberikan hak anak semasa kecil. Sehingga ketika dewasa anak akan menagih hutang pengasuhan tersebut.

Contoh hak anak yang tidak penuhi :

Ketika anak sedih, ia membutuhkan super hero yang menyelamatkannya. Lantas apa yang kita lakukan sebagai orang tua. Kadang malah mengacuhkan kesedihan anak-anak kita.

Ketika anak sakit, ia butuh kasih sayang dan perhatian kita. Lantas apa yang kita lakukan sebagai orang tua. Masih sibuk memikirkan pekerjaan bahkan tidak mau meninggalkan pekerjaan kita.

Ketika fisik kita berada di dekat anak, tetapi sedikitpun tidak bisa mengobati luka anak karena apa? Karena kita tidak menjadi orang tua yang sadar penuh dan hadir utuh untuk anak-anak kita.

Alih-alih mau meluangkan waktu bersama anak-anak tetapi handphone masih dalam genggaman. Sibuk menjawab telpon atau membalas chat di whatsapp. Fisik hadir tetapi hati dan pikiran tidak. Alangkah kejam nya diri ini rabb. Menghadirkan diri seolah memenuhi renggekan mereka mengajak bermain. Tetapi pikiran dan hati masih memikirkan hal lain.

Camamud hutang pengasuhan ini pernah kita lakukan bahkan sering kita lakukan. Maka apa yang bisa kita lakukan untuk menebus hutang pengasuhan ini :

1. Minta maaf

Kita sudah terlanjur membuat luka-luka kepada anak-anak kita. Apa yang bisa kita lakukan. Sebaiknya meminta maaf kepada anak dengan tulus dan mengharap diberi maaf dengan sepenuh hati.

Sampaikan dengan jujur permintaan maaf kita. Bukan dengan berpura-pura. Menyampaikan sesuatu dengan hati maka akan sampai ke hati.

2. Izinkan mama belajar lagi

Nak, mama memang banyak salah tetapi izinkan mama belajar lagi ya. Belajar menata hati, menata diri. Belajar lebih sabar lagi dalam mendidik anak-anak.

3. Berikan doa terbaik

Terakhir jangan pernah mengabaikan doa. Ketika semua ikhtiar sudah kita lakukan maka iringi dengan doa. Berdoa kepada Allah minta ampun atas kelalaian dalam pengasuhan selama ini. Berjanji kepada diri untuk tidak mengulangi kesalahan yang lalu. Kemudian memberikan doa terbaik untuk anak-anak kita.

Sebut nama anak-anak kita dan doakan satu persatu. Berikan doa terbaik kita bahkan ibadah terbaik bisa kita persembahkan untuk kebaikan anak-anak kita.

Ilmu pengasuhan selalu menjadi ilmu yang menarik untuk orang tua dan calon orang tua. Karena pengasuhan tidak kita dapatkan dalam pendidikan formal. Tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua. Maka sebagai orang tua kita mesti memahami fondasi pengasuhan sebelum mengasuh.

1. Anak tidak bisa berubah

Pahami bahwa anak/pasangan/orang tua/siapapun tidak bisa berubah. Maka kewajiban kita adalah mendoakan karena Allah yang paling berhak membolak-balikkan hati. Jika allah menghendaki baik maka akan baiklah seseorang begitu juga sebaliknya.

2. Mencintai tanpa syarat

Mencintai dan menyayangi anak-anak kita tanpa syarat. Mencitai dan menyayangi anak-anak kita hanya karena Allah.

Mencintai karena mengharapkan ridho Allah bukan yang lainnya. Tidak berharap kepada manusia. Tetapi menyiapkan diri sepenuh raga untuk mencintai tanpa syarat.

Segala sesuatu yang diberikan untuk anak-anak dan pasangan ikhlas. Biarlah Allah yang membalas semua. Tak perlu mengharap balas pada anak-anak kita.

Baik camamud selamat menjadi orang tua yang ulul azmi. Orang tua yang tidak berharap kepada manusia hanya mengharapkan tatapan Allah.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...