https://diarywinrie.com diary winrie: Bukan jalan ke surga (reviu cerpen)

Minggu, 24 Juli 2022

Bukan jalan ke surga (reviu cerpen)

Bukan jalan ke surga

Bissmillahirrahmanirrahim.Alhamdulillah mulai menulis kembali dengan tantangan pekan ini di komunitas ODOP adalah reviu cerpen yang terdapat di ngodop.com. salah satu cerpen yang menarik adalah bukan jalan ke surga.

Cerpen bukan jalan ke surga di tulis oleh Dewi Yulianti. Cerpen ini bercerita tentang ternodainya seorang gadis yang bernama sari oleh laki-laki yang kaya dan tidak mau bertanggung jawab atas perbuatannya. Sehingga gadis yang bernaama Sari pun hamil dan tidak menerima kehamilannya. Sari menderita depresi mayor selama kehamilan bahkan sampai melahirkan bayinya. Tidak satupun yang membelanya kecuali ibunya.

Saya memilih cerpen ini karena terdapat konflik tentang keluarga, adat, budaya, sosial, dan agama didalamnnya. Konflik yang disampaikan dalam cerpen ini menarik dan lengkap.

Unsur instrinsik dari cerpen bukan jalan ke surga

1. Tema

Tema dari cerpen ini adalah mengangkat cerita anak muda yang dihamili oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

2. Gaya bahasa

Gaya bahasa dalam cerpen sangat mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Tidak perlu pusing mencari arti dari bahasa yang disampaikan. Semua mengalir dan bisa dipahami dengan cepat.

3. Sudut pandang

Cerpen bukan jalan ke surga menggunakan sudut pandang pertama, dengan tokoh utama adalah aku.

4. Tokoh dan Penokohan

Ada beberapa tokoh dalam cerpen bukan jalan ke surga yaitu sebagai berikut:

1. Aku

Tokoh aku diperankan oleh sari seorang gadis yang berusia 21 tahun yang telah ternodai dan menderita depresi mayor.

Sebagai gadis yang menderita depresi selama kehamilan dan sampai saat melahirkan bayinya tanpa seorang suami.

Sari tokoh yang sudah berputus asa dalam menjalani kehidupannya sampai akhir cerita ia memutuskan untuk pergi dan bersembunyi dari dunia ini bersama anak dan ibu mu.

Aku/Sari merupakan tokoh utama dalam cerpen ini.

2. Ibu

Ibu adalah orang yang paling tegas dan kuat saat semua orang menyalahkan Sari. Hanya ibu lah yang membela Sari saat itu meski harus terbuang dari keluarga besarnya. Ibu adalah sosok yang selalu memotivasi Sari.

Ibu merupakan tokoh yang sabar dan pemberi motivasi dalam cerita ini.

3. Bayi

Bayi perempuan yang tak berdosa ikut menangung luka dari ibunya.

Bayi merupakan tokoh pelengkap yang belum mengerti apa-apa.

4. Rey

Rey adalah sosok lelaki kaya dan berpangkat yang tidak bertanggung jawab. Bahkan bisa dikatakan lelaki bejat yang mencoba membunuh anak sendiri dengan mengizinkan orang tuanya melakukan tindakan aborsi kepada Sari. Tidak mengakui perbuatannya bahkan mencoba menyogok Sari dengan hartanya.

Rey merupakan tokoh laki-laki yang tidak bertanggung jawab.

5. Ibu Rey

Ibu Rey adalah orang tua dari Rey yang tidak mau menyalahkan anaknya ia bahkan akan berjuang mati-matian demi kebahagiaan anaknya. Sehingga Ia tega mencoba tindakan aborsi kepada Sari meski itu gagal. Malah Ia menuduh Sari menjebak Rey karena Sari ingin harta dari Rey.

Tokoh Ibu Reuy merupakan tokoh anatagonis dalam cerpen ini.

5. Alur

Alur cerpen ini jelas merupakan alur gabungan antara alur maju dan alur balik. Dalam cerpen bukan jalan ke surga menceritakan kejadian yang sudah lalu yaitu kejadian ternodainya seorang gadis karena pengaruh obat-obatan dan kemudian hamil lalu melahirkan. Gadis menderita depresi berat akibat kejadian tersebut kemudian melakukan pembunuhan kepada laki-laki yang menodainya.

Tema

6. Latar

Latar cerpen bukan jalan ke surga adalah pelanggaran terhadap budaya dan adat istiadat dalam sebuah keluarga. Keluarga yang berasal dari ekonomi kelas bawah berjuang melawan kondisi yang tidak mereka inginkan. Apalah daya tertindas oleh orang-orang kaya yang mempunyai kekuasaan.

Suasana cerpen menunjukkan adanya kesedihan yang mendalam dari seseorang yang tidak tahu apa-apa dan tidak mengerti apa-apa. Melepaskan sesuatu yang berharga kepada seseorang yang tidak bertanggung jawab. Berjuang melawan takdirnya tetapi tekanan perasaan dan lingkungan membuatnya bertindak diluar dugaan kita.
Pesan

7. Amanat

Amanat dari cerpen ini adalah sebagai berikut :

  1. Lebih berhati-hati dalam bergaul, jangan mudah terayu dengan laki-laki yang tidak kita kenal bahkan yang kita kenal sekalipun. Karena zaman sekarang ini lebih banyak modus daripada tulus.
  2. Kejadian yang sudah terjadi tidak untuk disesali tetapi jadikan pengalaman hidup. Bahwa allah memberikan semua ini sebagai takdir terindah kita.
  3. Jangan terlalu menghakimi seseorang meskipun dia salah karena sesalah apapun seseorang masih berhak kita perlakukan sebagai manusia. Ia berha mendapat kehidupan yang layak. Cukuplah allah yang membalas jika memang ia salah kita tak punya hak menghakimi seseorang bahkan membuangnya dari keluarga.

Unsur ekstrinsik dari cerpen bukan jalan ke surga

1. Nilai sosial

Apapun yang terjadi kepada keluarga kita meski salah tak perlu menghakimi. Apapun yang terjadi saat ini itupun bukan kehendaknya dia. Hubungan keluarga adalah hubungan darah yang tidak bisa diputus begitu saja.

2. Nilai Moral

Tindakan tidak bertanggung jawab tidak bisa dibenarkan. Jika sudah berbuat semestinya berani bertanggung jawab. Bukan sebaliknya melepas tanpa rasa berdosa dan bersalah.

3. Nilai Spritual

Dalam agama ini mungkin dosa, sebaik baik pendosa adalah mereka yang bertaubat kepada Allah. Jika Sari dan Rey cepat menyadari kesalahan mereka mungkin tragedi tidak akan berkakhir dengan kehilangan nyawa.

Penasaran cerpen bukan jalan ke surga boleh baca lengkap di Ngodop. com masih banyak cerpen-cerpen menarik di situs ini. Selamat menikmati sahabat semua.



#OneDayOnePost

#komunitasODOP

#OprecODOPbatchX

#Bhineka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...