https://diarywinrie.com diary winrie: Bisnis transformasi keberkahan

Minggu, 31 Juli 2022

Bisnis transformasi keberkahan

Bissmillahirrahmanirrahim. Ini bahasan pertama saya tentang bisnis setelah kemaren sempat menulis mempertahankan finansial keluarga. Menjalani bisnis sebagai sampingan sebenarnya tidak baik juga. Karena yang namanya bisnis perlu untuk diperjuangkan dan dikembangkan.

Meski sudah lama terjun dengan bisnis online, saya masih merasa belum siap mental untuk merintis bisnis offline. Ini dikarenakan kesibukan sebagai ASN juga belum bisa membagi waktu secara maksimal.

Kalau ada orang yang dipercaya mengelola insyaallah saya siap memulai untuk bisnis offline. Beberapa tahun lalu saya sering sekali moto masasakan saya lalu saya upload ke instagram. Ada beberapa teman yang mendoakan mungkin dia mau buka usaha kuliner dan alhamdulillah akhirnya awal tahun kemaren berhasil membuka Warung Makan Angkringan Ag yang dikelola adek saya beserta istri. Begitu banyak yang kami siapkan memulai membuka usaha ini.

Saya hanya bisa membantu tetapi belum terjun langsung ke bisnis ini. Saya medapat peran sebagai promosi dan pemasaran. Alhamdulillah sampai saat ini omset sudah lumayan menanjak. Semoga suatu hari kami allah berikan rezeki mempunyai bangunan sendiri dan mengembangkan bisnis ini lebih baik lagi.

Impian yang sampai saat ini belum tercapai adalah mempunyai toko pakaian dan seprai. Ini selalu menjadi doa saya dan pak suami. Semoga Allah mengijabah doa kami. Aamiin.

Sebelum memulai bisnis ada beberapa hal yang harus kita pahami dan jadikan prinsip terlebih dahulu. Karena kesuksesan sebuah bisnis ini tidak jarang dari prinsip-prinsip yang kita bangun dari merintis bisnis. Hal sepele dan kecil akan sangat berdampak akan keberkahan bisnis kita.

Apa saja yang perlu kita ketahui untuk memulai bisnis ?

1. Luruskan niat

Niat untuk memulai sebuah bisnis harus jelas. Jangan sekedar berniat menaikkan omset dan melariskan jualan. Semata-mata meraih keuntungan. Niat yang hanya sebatas kebutuhan dunia maka allah akan memberikan sebatas dunia pula.

Sekarang membangun bisnis yang berkah sebagai wasilah untuk menuju surganya seperti semboyan dalam kelas bisnis syariah 
Genggam dunia raih ridhoNya

Bisnis sukses menjadi impian setiap orang. Tetapi menuju sukses jangan halalkan segala cara.

Sukses belum tentu berkah, tetapi bisnis yang sukses dan juga berkah itu baru keren.

Niat seperti apa yang harus kita tanamkan sebagai pondasi bisnis adalah niat bisnis kita dapat bermanfaat dan membantu banyak orang.

Jika niat sudah untuk kemaslahatan banyak orang maka Allah akan temani dalam proses perkembangan bisnis.



2. Tujuan


Tujuan dari bisnis ini penting karena tujuan sama dengan api bisnis. Apa yang membuat kita lebih bersemangat dalam berbisnis. Ada tiga komponen dalam menentukan tujuan yaitu :

Mindset (Orang)

Tanamkan mindset membangun bisnis dengan pedoman alquran. Memulai bisnis dengan konsep bisnis yang sesuai dengan syariah.

Konsep (kendaraannya)

Konsep atau kendaraan dalam mengelola bisnis. Tidak ada yang lebih baik selain konsep yang sesuai dengan tuntunan rasullullah sebagaimana terdapat di dalam Alquran. Konsep jual beli Rasulullah sangat tepat untuk kita jadikan tauladan. Jadilah penjual yang jujur, amanah, bertanggung jawab dan tidak mendzolimi orang lain dengan jualan kita.

Sistem (mengendarainya)
Sistem dalam sebuah bisnis sangat penting. Bagaimana bisa mencapai tujuan jika kendaraan sudah ada tetapi tidak bisa mengendarainya.

Sebagai contoh :

Dari rumah kita berniat mau menuju ke kota A dengan kendaraan mobil. Nah kalau kita tidak bisa mengemudi apa mungkin bisa sampai ke kota A. Kalau bernagkatnya sendiri dan tidak bisa nyupir. Tentu tidak akan sampai. Maka kita perlu mencari orang yang bisa bantu nyetir mobil untuk sampai ke kota A. Inilah disebut dengan sistem ada supir yang membantu, ada mobil, ada bensin untuk bahan bakar mobir dan banyak lagi hal lainnya yang diperlukan untuk sampai ke Kota tujuan kita.

Dalam sebuah bisnis semua yang terlibat itu disebut sebagai sebuah sistem yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis.

Tujuan merupakan api bisnis maka dalam menetapkannya harus jelas dan berorientasi pada visi kemanusiaan.

Contoh tujuan bisnis : mau wakaf dan sedekah berapa banyak. Sebaiknya pasang target yang besar sehingga mimpi kita pun besar dan ini lah yang akan menjadi penggerak untuk berbisnis.


3. Bergerak

Menjalankan bisnis artinya kita terus bergerak dan berusaha menuju sampai pada kesuksesan atau tujuan. Pergerakkan bisnis seperti roda yang berputar.

Apapun kondisi kita saat ini, kita harus tetap bergerak.

Taharrak Fa-Inna Fil Harakati Barakah

Bergeraklah ! sungguh dalam pergerakkan akan ada keberkahan/kebaikan.

Semua pergerakkan yang kita lakukan dalam bisnis harus terukur. Itulah pentingnya tujuan kita. Jangan memulai bisnis dengan sesuatu yang tidak jelas tujuan dan tidak kita sukai.

Misalnya :

Membuka usaha kuliner tetapi kita tidak suka masak dan tidak tahu tujuannya apa.

Maka bukalah usaha yang kita suka dan cintai seperti kita suka mengikuti tren fashion muslimah maka bukalah toko pakaian muslimah dengan tujuan toko kita bisa meneyediakan baju untuk muslimah yang berhijab. Semakin banyak muslimah yang terbantu dengan keberadaan toko kita maka akan semakin meningkat nilai manfaat dan keberkahannya.

4. Keberkahan

Bisnis yang berkah dan berlimpah ini menjadi moto kita di winrie online shop. Begitu pentingnya keberkahan dalam berbisnis. Biar sedikit asalkan berkah. Bisnis yang berkah itu ditandai dengan semakin mendekatkan kita kepada allah subhana wataa’ala. Bukan membuat kita semakin jauh dengan Alllah. Seharian dari subuh sampai malam sibuk saja dengan bisnis, ibadah menjadi lalai bahkan ditinggalkan. Ini ciri-cii bisnis yang akan segera menuju kehancuran.

Ingatlah kita hanyalah hamba yang sedang melakoni banyak peran. Kadang peran sebagai ibu rumah tangga, pekerja dan pebisnis. Tetap lakukan segala sesuatu dengan baik dan sesuai syariat.

Bisnis yang berkah akan menjadi awal kebangkitan umat islam. Mengapa banyak hal yang ingin kita siapkan dalam islam. Ingin menyiapkan hafidz quran butuh tempat, butuh gur ngaji, butuh donatur dan banyak kebutuhan lainnya. Sehingga menjadi kaya didunia itu juga penting. Karena untuk membangun kebangkita islam kita perlu menjadi prang kaya yang dermawan dan berorientasi pada akhirat.

Jadikan bisnis sebagai wasilah untuk beramal shaleh dan dalam berbisnis ada 2 unsur yang akan menjadikan nilai bisnis sebagai ibadah yaitu :

1. Ikhlas

Ikhlas dalam menjalani bisnis. Ikhlas dengan bisnis bisa meraih ridhoNya. Tidak mengharapkan apapun. Usaha, ikhtiar dan doa semua ada pada kita tetapi soal hasil kembalikan ke Allah sang pemilik rezeki.

2. Tepat

Bisnis yang kita kelolak hatrus tepat. Tepat pemasarannya, tepat pengelola nya dan tepat pekerjanya. Bagaimana untuk menjaga agar selalu tepat. Maka mintalah seluruh karyawan untuk menjaga sholat, mengerjakan sholat di awal waktu, menyarankan untuk shlat dhuha dan program infaq atau tilawah.

Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini. Sekilas orang-orang tidak percaya akan berdampak kepada bisnis tetapi ini semua akan besar pengaruhnya dengan kesuksesan sebuah bisnis.

Yuk sahabat semua mulailah bisnis transformasi keberkahan. Artinya hal utama dan pertama dalam bisnis adalah keberkahan bisnis bukan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...