https://diarywinrie.com diary winrie: Belajar haji sebelum haji

Selasa, 12 Juli 2022

Belajar haji sebelum haji

Bismillahirrahmanirrahim. Mengingat masih rangka musim haji maka ada keinginan menulis belajar haji sebelum haji sesuai tema teras PPA malam ini bersama ustad Dudin. Membahas haji juga bagian dari doa. Sesuatu yang berulang-ulang kita ucapkan menjadi doa yang akan allah ijabah sebagaimana dalam Surat Al-Zariyat ayat 23 yang artinya :

“Maka demi Tuhan langit dan bumi, sungguh, apa yang dijanjikan itu pasti terjadi seperti apa yang kamu ucapkan”

Pengertian haji

Haji secara bahasa artinya menuju ke baitullah. Haji adalah ziarah Islam tahunan ke Mekkah, kota suci umat Islam, dan kewajiban wajib bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup mereka oleh semua orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka.

Apa alasan melakukan ibadah haji ?

Sebagaimana dalam surat al baqarah ayat 196 yang artinya :

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfid-yah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban. Apabila kamu telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan 'umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih) korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang korban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya.”

Melakukan ibadah haji bukan karena menyelesaikan kewajiban tetapi melakukan ibadah haji dan umrah karena Allah.


Bekal yang disiapkan untuk berhaji

Sebagaiman dalam Surat al baqarah ayat 197 yang artinya :

(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.

Jadi bekal untuk berhaji adalah taqwa, bukan real, dolar atau rupiah. Maka kapan kita mulai menyiapkan bekal taqwa tersebut. Mulai dari sekarang dan jangan menunda-nunda.

Allah akan mengundang mereka orang-orang yang Allah kenal dan dekat. Orang-orang yang bertaqwa kepada Nya.

Orang taqwa akan satu mahzab dengan orang-orang baik. Maka akan dikumpulkan dengan orang-orang baik. Dari orang baik akan muncul relasi bisnis dan berbagai bentuk kerja sama yang di luar dugaan kita. Maka tidak menutup kemungkinan rezeki untuk berhaji pun muncul dari relasi.

Memantaskan diri untuk berhaji

Bagaimana kita dipantaskan oleh Allah sehingga kita bisa diberangkatkan haji ? Maka belajarlah memantaskan diri dengan melakukan hal-hal berikut sebagai usaha kita memantaskan diri.

1. Memasang gambar kabah dan masjidil haram di rumah, ketika melihatnya lantunkan doa semoga Allah panggil ke sana.

2. Siapkan pakaian ihrom di rumah

3. Siapkan tabungan haji

4. Mengikuti manasik haji

5. Menyiapkan pasport, meski bukan pasport haji tetapi siapkan dulu pasport.

Cara keberangkatan haji

Ada 2 cara keberangkatan haji yaitu gelombang 1 dan 2. Gelombang 1 : Jamaah brerangkat dari jakarta langsung ke jeddah, dari jeddah ke madinah. Sedangkan gelombang 2 : Jamaah dari jakarta ke madinah.

Jenis haji

Jenis haji ada 3 yaitu :

1. Ifrad : Jamaah melakukan ibadah haji dahulu baru umroh.

2. Qiran : Jamaah melakukan haji dan umroh secara bersamaan

3. Tamattu : Jamaah melakukan umroh dahulu baru umroh

Amalan saat haji

Untuk amalan saat haji dapat dilihat dalam surat al baqarah ayat 125 sd 128 :

Ayat 125 artinya :

“Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud"

Ayat 126 artinya :

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,” Dia (Allah) berfirman, “Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

Ayat 127 artinya :

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Ayat 128 artinya :

Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

Itulah amalan-amalan yuang bisa dikerjakan saat berhaji. Belajar haji sebelum haji banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah sebagai bentuk usaha memantaskan diri untuk menjadi hamba pilihanNya yang di panggil ke baitullah.

Sumber :
https://tafsirq.com/

3 komentar:

  1. Ya Alloh mudah2han sebelum tutup usia, diberi kesempatan untuk mengunjungi RumahMu di kota kelahiran Rosululloh 💖💫

    BalasHapus
  2. Aku baru tau kalau haji itu ada tiga jenis, kukira selama ini cuma satu ajah

    BalasHapus
  3. Sungguh Maha Besar Allah. Berkat tulisan ini, saya jadi flashback dengan kisah pada jaman Nabi tentang penyembelihan korban ini

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...