https://diarywinrie.com diary winrie: wisata murah pantai pandan wangi mukomuko

Sabtu, 25 Juni 2022

wisata murah pantai pandan wangi mukomuko

Bismillahirrahmanirrahim. Mukomuko sebuah Kabupaten dari povinsi Bengkulu. Mukomuko terletak di perbatasan Bengkulu dengan Sumatera Barat. Jarak tempuh dari Bengkulu ke mukomuko sekitar 279 Km. Sepanjang perjalanan kita akan melewati daerah pinggir pantai. Salah satu pantai yang terkenal dan menjadi tujuan wisata pendatang dan penduduk pribumi adalah Pantai Pandan Wangi Mukomuko yang terletak di pinggir jalan lintas Sumatera Bengkulu.

Sebenarnya ada beberapa pantai yang dekat dengan pantai ini, seperti pantai air patah dan pantai abrasi. Tetapi pengunjung lebih suka ke pandan wangi karena tempatnya bersih, sejuk, rindang, permainan untuk anak-anak banyak, tempat duduk keluarga juga disediakan dan biaya masuk murah meriah.

Sebelum tahun 2018 biaya masuk cuma Rp.5.000,- satu mobil atau motor. Pengelola pandan wangi ini adalah pribadi bukan pemerintah daerah. Sehingga tidak mematok biaya masuk per orang. Waktu itu juga belum banyak disediakan wahana permainan anak-anak. Kalau ke sana kita hanya menikmati pemandangan pantai saja.
wisata murah

Pertama kali saya ke sana sekitar tahun 2010 untuk melakukan poto preweding kakak sepupu. Waktu itu kami hanya menggunakan camera canon keluaran terbaru yang serinya saya lupa. Kamera tersebut berwarna silver dan keliatan mahal. Hasil jepretannya pun bersih dan terang. Masa itu sudah yang paling canggih dibandingkan sekarang kamera handphone saja sudah cukup untuk prewed.

Kakak sepupu memilih prewed di sini karena latarnya memang cantik dan natural banget ditengah-tengah pohon pinus dan beberapa poto mengambil latar kearah pantai. Sampai sekarang pandan wangi masih menjadi wisata favorit pengunjung dari luar daerah dan dalam daerah.

Letaknya yang mudah di jangkau dan medan jalan juga bagus membuat banyak wisatawan menghabiskan hari libur di sini. Apalagi sekarang lagi musim liburan semester maka pengunjung dari Kerinci, Tapan, Kambang, dan daerah sekitaran Mukomuko akan berwisata ke sini.

Kelebihan wisata Pantai Pandan Wangi Mukomuko :

1. Murah dan terjangkau

Zaman sekarang wisata murah akan sangat menjadi pilihan. Pantai pandan wangi bisa memberikan pelayanan yang maksimal dengan hanya membayar uang Rp.10.000,- per mobil dan motor Rp 5.000,- di hari biasa. Ketika hari besar seperti lebaran atau libur sekolah maka akan ada tarif per kepala. Tarif tersebut tidak mahal dan ramah di kantong.

2. Parkir gratis

Setelah membayar uang masuk, kita tidak perlu lagi menyiapkan biaya parkir. Disini juga sudah cukup menghemat pengeluaran pengunjung. Apalagi parkir tidak di batasi jam. Mau dari pagi sampai malam kita di sini bebas tidak akan di kenakan biaya parkir.

3. Tempat istirahat tersedia

Tempat istirahat berupa pondok-pondok tempat duduk di sediakan. Tetapi pondok-pondok ini belum banyak. Sehingga pengunjung biasanya membawa tikar atau alas duduk sendiri dari rumah. Karena di sini belum ada jasa penyewaan tikar atau alas duduk.

4. Musholla tersedia

Terakhir saya ke sana lebaran kemaren, mushollah masih di renovasi. Meskipun sedang di renovasi, kita masih bisa beribadah dengan tenang dan nyaman. Karena pengelola menyediakan tempat untuk sholat.

5. Tempat pemandian bersih

Tempat pemandian baru ada 2 kamar dan bersih. Airnya berasal dari sumur. Airnya pun bersih dan jernih. Jadi nyaman kalau habis mandi air laut dan membersihkan badan bisa di sini. Sewa kamar mandinya seikhlasnya tidak ada tarif yang ditetapkan panitia.


6. Wahana bermain anak banyak

Sekarang wahana untuk bermain anak-anak sudah banyak disediakan seperti : odong-odong, ATV, istana balon, mandi bola, seluncuran , ayunan, mobil-mobilan cas dan permainan lainnya.

Lumayan bikin betah anak-anak, untuk menikmati wahana permainan ini dikenakan biaya Rp.10.000,- per permainan.
wahana bermain anak di PW


7. Jajanan makanan banyak

Banyak penjual yang berjualan di pantai pandan wangi ini. Jualan makanan seperti : mie goreng, nasi goreng, nasi padang, es krim, bakso bakar, rebusan kacang tanah, roti, es krim, es kelapa muda, pop ice, dan banyak lagi.

Penjual maianan, baju-baju untuk oleh-oleh juga ada. Jualan akan semakin ramai ketika liburan sekolah dan lebaran.

8. Bersih

Di hari biasa pantai ini sangat bersih cuma sayang ketika pengunjung mulai ramai. Maka sampah mulai berserakan di mana-mana. Meski pengelola setiap pagi membersihkan sisa makanan dan sampah pengunjung. Ketika siang sampah akan mulai bertebaran. Menurut pengamatan saya ini dikarenakan pengunjung belum sadar membuang sampah pada tempatnya dan pengelola juga belum menyiapkan tong sampah di area wisata. Jadi wajar juga pengunjung tidak tahu harus membuang sampah dimana.

9. Rindang dan sejuk

Lokasi pantai dipenuhi dengan pohon pinus sehingga rindang dan sejuk. Makan bersama keluarga, santai-santai menikmati hembusan angin laut dan pemandangan pantai. Bahkan disini sering dijadikan tempat arisan keluarga dengan menyewa orgen dan di bawa kesini semakin seru sambil bakar-bakar ayam dan ikan.

10. Terdapat monyet yang akrab dengan pengunjung

Area ini masih asri dan rindang sehingga monyet-monyet sering mendatangi pengunjung untuk minta makanan. Ini menjadi hiburan tersendiri untuk anak-anak. Memberi makan monyet. Ketika makanan kita tunjukkan monyet akan mendekat kemudian menjauh lagi menghabiskan makanananya. Kemudian dekat lagi ngambil makanan ke kita. Begitu seterusnya selagi kita mau ngasih makanan pasti monyet akan mendekat.
spot poto pantai PW

11. Spot foto banyak

Dulu pengelola menyiapkan spot untuk berfoto, tetapi sekarang sudah rusak dan tidak dipakai lagi. Sehingga spot poto kita sendiri yang milih. Menurut saya kemana saja arahnya akan terlihat cantik kalau pantainya bersih. Pemandangan indah bisa kita nikamti di hari sepi pengunjung. Jadi kita bebas memilih mau foto di mana.

12. Bisa mancing

Sebelum masuk ke area kiri kanan jalan bisa di gunakan untuk pemancingan, bagi bapak-bapak yang hibby mancing seperti suami saya betah banget di bawa ke sini. Karena bisa menyalurkan hobbi. Kalau sudah nyiapkan bumbu bebakaran dari rumah. Wah mantap banget dapat ikan langsung bakar. Pasti nambah seru liburannya.

13. Bisa camping

Pantai ini juga bisa untuk camping menyambut tahun baru atau acara sekolah. Cuma kegiatan seperti ini harus mendapat izin pengelola dan keamanan setempat. Mengingat pengelola tidak berada di area wisata pada malam hari. Jadi pengunjung harus berhati-hati dan menjaga keamanan sendiri selama camping.
camping tahun baru

14. Menikmati sunshine
Jika berkunjung sore hari maka pengunjung bisa menikmati indahnya sunshine di sini sambil menikmati jajanan yang ada. 

Gimana bestie? asyikkan tempat wisatanya. Liburan kali ini, pantai pandan wangi Mukomuko akan menjadi list wajib untuk dikunjungi. Yakin ga bakal nyesal kalau ngabisin liburan di sini. 
Liburan terkadang penting banget kan bestie untuk menjaga kewarasan dan ngecas kembali energi yang habis untuk melakukan rutinitas sehari-hari. Liburan juga perlu untuk menjaga mood

Cuma saran untuk yang dari luar daerah bisa mencari penginapan di dekat area ini. Karena di sini belum menyediakan penginapan. 

Nah ini salah satu harapan kedepannya pengelola bisa mengembangkan tempat wisata dengan menambah penginapan di area pantai.  Sebagai  referensi tempat wisata di Mukomuko dan kuliner bisa coba menu soto tamanan dan menu lainnya di Angkringan AG ini tidak jauh dari Area wisata Danau Nibung.  Terimakasih semoga bermanfaat.



sumber foto dan video :

17 komentar:

  1. Aku salah satu pecinta pantai ni, rasanya pengen sekali pergi ke sana

    BalasHapus
  2. Enak banget bisa berkemah gratis, seru tuh kalau ramean.

    BalasHapus
  3. Bisa jadi pilihan destinasi kalau nanti ada rezeki ke Sumatera Barat, eh tapi monyetnya yakin akrab sama pengunjung ya kak? Pengalaman pernah dijambret monyet pas di Pulau Dewata dulu masih membekas nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aammiin Sejauh ini aman mba, monyet2 nya

      Hapus
  4. Aku belum pernah ke pantai. Di kotaku sendiri gk ada pantai. Jadi pengen lihat pemandangan pantai secara nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an dg penambahan video cukup membantu ya mba

      Hapus
  5. Wah jadi pingin main ke pantai nih mbak, jauh kali kalo disini

    BalasHapus
  6. Di Tebing Tinggi tidak ada pantai, sedangkan saya anaknya pantai banget.
    Melihat banyaknya fasilitas tersedia, nampaknya ini ada destinasi wajib untuk keluarga ya mbak..

    BalasHapus
  7. Pengelola pantainya pemerintah desa atau siapa ya mba? Bisa jadi contoh nih, di deket rumahku kotor banget huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lahan pribadi pengelola juga pribadi mba

      Hapus
  8. Pengen juga bisa traveling ke sana kak

    BalasHapus
  9. Pantainya terlihat rindang krn banyak pohonnya. Menarik. Pantai memang tujuan wisata terbaik bagiku sih

    BalasHapus
  10. Iyaaa.. Banyak pohon pinusnya

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...