https://diarywinrie.com diary winrie: Self Improvement

Minggu, 05 Juni 2022

Self Improvement

Bismillahirahmanirrahim. Mencoba menuangkan apa-apa yang didapatkan dan dirasakan dalam sebuah tulisan tentang self improvement atau sering kita sebut dengan mengembangkan diri/ memperbaiki diri. Mengembangkan diri, merdeka belajar dan memaksimalkan kapasitas diri merupakan 3 hal yang tidak terpisahkan dari sebuah ikhtiar memperbaiki diri.
Bukan ingin menjadi lebih baik dari orang lain, Tetapi hanya ingin menjadi lebih baik dari diri ku yang dulu
Ali bin Abi Thalib
Inilah pentingnya kita mengembangkan diri agar menjadi orang yang beruntung dimana hari ini lebih baik dari hari kemaren bukan orang yang merugi dimana hari ini sama dengan hari kemaren. Saya sendiri merasa sangat tertampar dengan kutipan kata-kata tersebut.

Mulai mengevaluasi diri. Rasanya masih banyak lalai, banyak dosa dan sering bersembunyi di balik topeng harta, jabatan, ilmu, content, folowers, tulisan, kesholehan dan lain-lain. Sebagian kita banyak yang bersembunyi di balik keindahan topeng dunia. Sehingga lalai mengevaluasi diri dan mengembangkan diri.

Self improvement adalah sebagai bentuk pengembangan diri, khususnya potensi dan kemampuan dalam diri sehingga kita mudah untuk meningkatkan kualitas diri.

Sebagian dari kita sering salah fokus, fokusnya hanya pada kekurangan diri dan lupa pada kelebihan diri sehingga tidak berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas diri. Kekurangan diri bisa tertutupi ketika kita terus meningkatkan kapasitas diri kita. Meningkatkan kapasitas diri bisa dengan membaca, belajar, menonton, berkumpul di majelis ilmu, mendengar ceramah dan lain-lain.

Self improvement itu perlu kita lakukan mengapa? Karena kita tidak pernah tahu kapan Allah panggil. Seandainya Allah panggil saat ini ? Maka apa yang sudah kita persembahkan untuk-Nya. 
Amal terbaik apa yang sudah kita lakukan. Jangan sampai kita terlena dengan dunia.
Lupa peran kita sebagai khalifah. Khalifah/pemimpin dunia dan setidaknya pemimpin untuk diri kita sendiri. Tak sedetik pun waktu yang kita habiskan dunia tanpa Allah meminta pertanggungjawaban kelak di akhirat.

Langkah-langkah self improvement adalah sebagai berikut :

1. Selaraskan visi hidup


Segala sesuatu yang ingin kita lakukan, maka lihatlah tujuan kita apa. Mau jadi apa akhirnya. Maka perjelaslah dari awal. Jangan sampai salah tujuan.

Melakukan muhasabah, menyadari adanya masalah dalam diri ini, kemudian analisa masalah kita mengapa bisa terjadi. Tanyakan terus mengapa, mengapa dan mengapa. Sampai kita menemukan benang merahnya dan menerima masalah tersebut. Selanjutnya kita kenali peluang dan kekuatan kita untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Ketahui passion diri

Passion dapat kita ketahui dengan mengenali kepribadian kita terlebih dahulu. Biasanya kepribadian bisa diketahui dengan test stifin. Dengan mengetahui mesin kecerdasan kita.

Kita akan tahu apa sih keahlian kita, apa sih visi kita kedepannya. Sehingga kita bisa mengembangkan lagi keahlian kita sesuai dengan mesin kecerdasan tersebut.

3. Optimalisasi mesin kecerdasan

Mesin kecerdasan seseorang itu berbeda antara satu dengan yang lain. Ada mesin kecerdasannya standar, di bawah rata-rata atau atau di atas rata-rata. Bagi orang dengan mesin kecerdasannya standar maka ibadah yang baik dilakukan adalah mengamalkan ilmu-ilmu yang di dapat misalnya : perbanyak sholat dhuha, tahajud, dzikir dan mencari uang untuk sedekah.

Sedangkan orang yang mesin kecerdasannya di atas rata-rata maka ibadah yang terbaik adalah membedah kitab, mengkaji alqur’an menemukan solusi permasalahan hidup.

Orang yang dibawah rata-rata maka ibadah terbaiknya adalah menutut ilmu agama adalah sebuah kewajiban. Tidak ada orang idiot yang tidak bisa belajar sholat dan puasa. 
Semua sudah Allah atur dan mampukan otak kita untuk melakukan itu semua.

4. Evaluasi

Evaluasi solusi dan sesuaikan dengan hasil yang ingin dicapai. Ketika sudah impovement sesuatu dalam diri kita maka lakukan evaluasi kalau sudah berubah menjadi lebih baik bukan berarti berhenti tetapi terus lakukan secara kontinu. Rencanakan perbaikan diri kita, lakukan dan evaluasi kembali. 
Jika masih belum maksimal atau perlu merubah triknya. Lakukanlah perubahan sesuaikan dengan kemampuan kita dan jangan lupa berdoa minta agar allah mudahkan.

Kalau membaca ini mungkin terkesan teoritis banget ya sahabat. Jadi bingung atau ga nyambung banget. Tidak apa-apa saya awalnya juga seperti itu di Kelas PPA sampai saya menemukan rasa dan nikmatnya. Sehingga sekarang mengikuti kelas buka lagi tuntutan asal bisa absen ikut tetapi sudah menjadi kebutuhan. Rindu berkumpul di majelis ilmu dengan orang-orang sholeh dan sholihah.

Sahabatku, untuk mempraktekkan ilmu-ilmu disini saya punya cerita dibalik aku yang sekarang ini. Ikut tulisan selanjutnya ya,..Hidayah itu mahal (WS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...