https://diarywinrie.com diary winrie: rezeki dan kebahagiaan

Minggu, 12 Juni 2022

rezeki dan kebahagiaan

Tantangan Ulasan Tulisan dari kelas ODOP

Detail lengkap buku:

Judul : Garansi langit tentang rezeki dan kebahagiaan

Penulis : Sonny Abi Kim

Desain cover : Zulkarnaen

Penerbit : PPA Insititute

Tahun Terbit : 2016

Tebal halaman : 272 halaman


Reviu Buku :

Penulis bernama sonny yang sering di panggil dengan abi kim, latar belakang sebagai pengajar dan fasilitator di beberapa lembaga dakwah. Buku pertamanya adalah “Powerful Muhammad SAW”. Beliau dikenal dengan sosok yang sangat bersemangat dalam mengupayakan kaderisasi generasi muda islam. Selalu berusaha menghadirkan pemahaman bahwa yang dirindukan saat ini bukan sekedar generasi tangguh atau cerdas tetapi generasi berkah yang membangkitkan umat.

a. Isi buku

Buku garansi langit adalah jenis buku non fiksi kreatif yang berisi tentang kekhawatiran soal hidup seperti rezeki, biaya hidup yang semakin mahal, kondisikekhawatir keuangan yang begitu-begitu aja, karir pekerjaan yang seolah stuck, usaha yang sulit berkembang, cicilan utang yang tak kunjung selesai dan lain-lain.

Buku ini memotivasi dan memberikan keyakinan akan adanya hal-hal yang sudah menjadi jaminan allah subhanawataa’la. Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat mudah dipahami. Pembahasannya tentang pengalaman psikologis yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian menghubungkannya dengan dalil-dalil, hadits dan ayat-ayat di dalam alqur’an. Alur penyampaiannya ngalir dan tidak berbelit sehingga menumbuhkan pemahaman pembaca akan keyakinan untuk tidak bersandar selain kepada Allah.

Isi buku dibagi menjadi 3 bagian yang dibahas yaitu:

1. Tentang rezeki

Kekhawatiran akan rezeki sering sekali menjadi sesuatu yang menghantui seseorang dan menjadi suatu masalah yang tidak ada ujungnya. Mati-matian mengejar rezeki dan uang, sehari-hari habis dengan kesibukkan untuk mencari uang sehingga uang sudah menjadi tuhan baginya. Padahal rezeki, uang dan turunannya sudah menjadi jaminan Allah. Semestinya tugas kita dilahirkan ke dunia ini hanyalah beribadah, menjadi khalifah dan berdakwah.

Merubah ambisi yang orientasi duniawi menjadi akhirat itu tidak mudah perlu latihan dan usaha yang dimulai dari hati dan husnudzon kepada Allah. Kita sering mengkhawatirkan apa-apa yang sudah dijamin seperti : rezeki tetapi lupa mengkhawatirkan apa-apa yang belum menjadi jaminannya seperti : nasib kita kelak setelah meninggalkan dunia jannah atau naar?

Buku ini mengajak kita untuk menentukan pilihan dan ambisi hidup ke akhrat sehingga duniapun akan datang dengan sendirinya.

Kutipan dari buku garansi langit : 

Rezeki banyak jika tidak berkah juga tidak akan tenang, sebaik-baik rezeki itu yang banyak lagi berkah, aamiin.

2. Tentang kebahagiaan

Kebahagiaan itu semakin kita kejar akan semakin jauh. Maka dimana letak kebahagiaan sebenarnya. Kebahagian teerdapat pada dua hal yaitu : ketenangan dan kesenangan.

Kesenangan, banyak yang menganggap hidup bersenang-senang itu adalah sebuah kebahagiaan tetapi ujung-ujungnya mereka akan kembali dalam kehampaan setelah bersenang-senang dengan dunia. Mengapa karena itu bukan kebahagiaan yang hakiki. Kebahagiaan sebenarnya ada pada hati yang tenang mengingat-Nya. Hati yang selalu terkoneksi dengan-Nya. Tidak ada galau, sedih dan gelisah ketika kita yakin Allah selalu menemani kita di setiap episode hidup kita.

3. Tentang percepatan

Setiap orang pasti punya tujuan untuk sukses dalam hal apapun, jika dia seorang pengusaha pasti ingin usahanya sukses, seorang karyawan pasti ingin carirnya melejit naik. Intinya kesuksesan menjadi target kepuasan seseorang. Menggapai kesuksesan dan kehidupan terbaik itu tidak hanya membutuhkan kecerdasan. Bahkan strategi, keseriusan, kegigihan, kerja keras, banting tulang  tidak menjadi jaminan seseorang sukses. Kesuksesan iu membutuhkan kesungguhan dalam upaya mendekatkan diri dan melibatkan sang pemilik langit dan bumi, Allah Azza wa jalla.

Ketika fokus kita adalah Allah maka percepatan tadi bukan tidak mungkin bahkan mudah bagi-Nya. Segala sesuatu yang di luar nalar dan logika kita menjadi sesuatu yang nyata atas izin-Nya dalam sekejap mata. 
Apa-apa yang kita kumpulkan bertahun-tahun bisa hilang sekejap mata atas izin-Nya dan apa-apa yang bertahun-tahun kita harapkan bisa menjadi nyata sekejap mata atas izin-Nya. 
 

b. Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan buku ini bahasanya sangat mudah dipahami oleh umum, buku ini bisa di baca oleh siapa saja, teutama orang-orang yang mulai berhijrah, sedang putus asa dalam mencari pekerjaan, sedang banyak hutang, sedang banyak permasalahan hidup. Buku ini bisa menjadi pilihan untuk menguatkan pondasi dan tujuan kita sehingga tidak salah dalam melangkah.

Kekurangan buku ini dibandingkan dengan buku ustad sonni yang lain adalah buku ini sangat simple, tidak banyak gambar dan tidak full colour.


c. Penutup

Buku ini sangat menginspirasi bagi saya setelah membaca karya-karya ustad sonni yang lain. Buku ini semestinya dibaca lebih awal karena dibanding buku yang lain buku ini yang paling ringan bahasa dan kalimatnya. Sehingga mudah dipahami. Sementara saya sudah membaca buku yang lain terlebih dahulu seperti menjadi hamba dan menemukan rasa bahasa yang digunakan sudah lebih tinggi dan mendalam.

Buku ini sangat cocok untuk orang yang masih bingung dengan tujuan hidup, meragukan rezeki, putus asa dalam bekerja, tidak yakin dengan takdir Allah atau merasa hidup gitu-gitu aja. Mengawali hijrah sangat saya sarankan membaca buku ini.

Demikianlah Camamud Kriya, reviu buku yang menginspirsi bagi saya. Apa Camamud tertarik untuk membaca bukunya? Semoga tertarik dan revie ini bermanfaat (WS).


10 komentar:

  1. Bagus mba, nih bukunya. Rahasia langit tentang hasilnya, kita hanya berusaha dan berikhtiyar.

    BalasHapus
  2. Bukunya bagus. Banyak sekali buku-buku nonfiksi yang menggetarkan hati. Buku seputar rejeki dan sang pemberi rejeki selalu memiliki daya tarik tersendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mba.. Pembahasan Tentang rezeki seperti ga pernah ada habisnya..

      Hapus
  3. bukunya bagus banget kak

    BalasHapus
  4. Tertarik dengan bagian pertama buku ini, sebab ini yang sedang dirasakan teman-teman seusiaku (dan aku pun juga) di tengah quarter life crisis. Lagi intipin e-commerce barangkali bisa dibeli. Terima kasih ulasannya Kak.

    BalasHapus
  5. Sama sama mba.. Semoga Allah mudah kan ya.. Yang jelas sudah dimasukin ke list buku wajib nya

    BalasHapus
  6. tertarik dengan bukunya nih mbak, di shoope ada kah?

    BalasHapus
  7. Buku yang bagus buat menarik rejeki kak. Pasti bermanfaat sekali

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...