https://diarywinrie.com diary winrie: Redesign Your life

Minggu, 05 Juni 2022

Redesign Your life

Bismillahirrahmanirrahim. Apa benar hidup ini bisa ditata? Apa benar segala ketentuan yang sudah Allah tetapkan bisa kita ubah. Redesign your life mudah mengucapkan tetapi bagaimana kita bisa mencapai itu.

Menurut KBBI  redesain adalah rancangan ulang. Your artinya kamu dan life artinya kehidupan. Jadi redesain your life artinya saatnya merevolusi hidup ada. Ini maksudnya apa? Apa kita disuruh lahir kembali

Di usia saat ini, apa yang sudah kita lakukan? Mungkin selama ini kita adalah orang yang sudah berusaha keras selama ini dalam mewujudkan impian.Bahkan berbagai cara, ide dan dan solusi untuk mencapai impian sudah dilakukan tetapi nyatanya tetap saja gagal.

Saat seperti ini jangan pernah menyalahkan diri sendiri, keadaan,  ataupun orang lain. Masalah itu hadir atas izin NYA. Jadi rubalah cara pandang kita terhadap masalah dan yang kita butuhkan adalah pencerahan merevolusi ulang hidup.

Tidak semua yang kita hadapi dapat kita ubah, namun tak ada yang bisa kita ubah sebelum kita menghadapinya.  James Baldwin.

Sering kita merasa hidup gitu-gitu aja. Melewati semua seperti air mengalir, melupakan obsesi di masa lalu. Carier yang dulu pernah anda perjuangkan sekarang menjadi sesuatu yang tak anda pedulikan. Bisnis yang sedang anda bangun, jatuh dan anda pun beralih dengan bisnis lain atau usaha lainnya. Umur yang semakin tua tetapi tak kunjung di karuniakan jodoh atau yang sudah berkeluarga belum dikaruniai anak. Masalah keuangan yang tak kunjung selesai, hutang dimana-mana setiap hari ada yang nagih. Dan masih banyak lagi masalah-masalah dalam kehidupan ini.

Jika kita salah dalam menyikapi dan memandangnya kita akan terlarut dalam masalah tersebut fokus hanya pada solusi sehingga melupakan hikmah/pesan cinta dibalik hadirnya masalah.

Untuk merubah cara pandang kita terhadap sebuah masalah itulah pentingnya redesign your life, merevolusi ulang hidup kita. Dari mana, sedang apa dan tujuan nya apa.

Tentu tidak mudah maka perlu latihan-latihan dan  dari kajian ayah Jufri ramadhan lalu. Saya menyimpulkan ada 4 langkah mendesain ulang kehidupan yaitu :

1.  Muhasabah diri

Sering bermuhasabah adalah cara pertama untuk merevolusi uang kehidupan kita. Sering bertanya kepada diri.

Saya ini siapa ?

Dari mana?

Sedang ngapain?

Mau kemana?

Sudah melakukan apa?

Mau dihabiskan untuk apa sisa umur saya?

Semakin sering bermuhasabah maka akan semakin sadar bahwa diri hanya seorang hamba yang Allah ciptakan untuk beribadah pada-Nya dan menghadap-Nya dalam keadaan iman dan ibadah terbaik. Kalau tujuan kita jelas Allah maka serahkan semua kepada-Nya. Pekerjaan, bisnis, keluarga dan keuangan semua hanya kendaraan kita menuju-Nya semua diniatkan karena Allah maka semua pekerjaan dan apapun yang kita lakukan akan bernilai ibadah di sisi-Nya. Allah lah yang akan membeikan jalan terbaik dari setiap masalah yang kita hadapin saat ini. Masalah rezeki, jodoh, sehat sakit tak satupun yang luput dari pandangan-Nya.

Bahkan selembar daun yang jatuh pun atas izin-Nya, terus kita mesti takut apa lagi

Muhasabah diri, ingat keadaan saat ini pasti ada sesuatu yang ingin Allah ingatkan, Allah ingin kita kembali kepada-Nya dan minta ampun atas segala dosa-dosa kita dimasa lalu , sekarang dan yang akan datang.

2.  Me time

Me time banyak diterjemahkan waktu untuk diri sendiri bisa dengan istirahat, membaca buku, ke salon, healing  atau kegiatan lainnya. Me time disini maksudnya punya waktu sendiri untuk ngobrol dengan Allah.

Kita sering membicarakan Allah tetapi kita jarang ngobrol dengan Allah. Kapan kita ngobrol dengan Allah yaitu ketika kita sholat, selesai sholat, sepertiga malam atau waktu mustajab untuk berdoa.

Kita bebas memilih waktu me time dengan Allah, jadwalkan dalam satu hari kita punya waktu untuk ngobrol dengan Allah sepenuh rasa.

Me time ini mudah sekali kita lakukan misalnya selesai sholat ketika berdoa mulailah dengan memuji-Nya selanjutnya ngobrol, sampaikan apa yang kita rasakan.

Jika lagi bingung sampaikan saya bingung ya Allah. 

Jika lagi galau sampaikan saya galau ya Allah. Lanjutkan senyaman kita.

Biasanya kalau lagi banyak masalah ngobrol dengan allah itu terasa lebih tenang, lapang, kata kata yang keluarpun begitu mesra dan sering bercucuran air mata. Nah mungkin masalah yang hadir saat ini karena Allah merindukan obrolan kita dengan –Nya. Mungkin selama ini kita sibuk dengan pekerjaan, bisnis, keluarga dan urusan dunia sehingga melupakan-Nya.

3. Baca Pesan Cinta-NYA

Kita sering memaksakan hidup ini sesuai dengan keinginan kita. Kadang menganggap apa-apa yang Allah takdirkan itu tidak baik untuk diri  kita, padahal Allah maha sayang kepada hamba-Nya maka apa-apa yang Allah berikan pastilah yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita saja yang terlalu memaksa hidup harus berjalan sesuai obsesi kita, tidak menyakini takdir dan sering menyalahkan takdir.

Sekarang yuuk,. Kita ridho dulu dengan ketetapan yang Allah berikan, menerima dulu masalah-masalah kita.

Saya ridho ya allah kalo carier saya sampai disini

Saya ridho ya allah kalo bisnis saya belum berkembang

Saya ridho ya allah kalo saya belum dikarunikan jodoh

Saya ridho ya allah kalo belum diakrunia anak

Saya ridho ya allah kalau utang-utang saya masih banyak

Saya ridho ya allah masalah- masalah saya belum ada penyelesaian.

Yakinlah ketika kita ridho, masalah terasa ringan, hati lapang, pikiran tenang dan rezeki pun datang.

Tanda-tanda pertolongan allah akan masalah kita adalah ketika hati kita sudah tenang, menerima semua. Yakin sebentar lagi akan ada keajaiban dalam hidup kita.

Hiduplah sesuai ingin-Nya bukan sesuai inginnya.

4. Memaksimalkan potensi diri

 رَُمَنْ عَرَفَ نَفْسَهُ فَقَدْ عَرَفَبَّه

“Barang siapa yang mengenal dirinya, sungguh ia telah mengenal Tuhannya”

 Jadi sebelum kita mengenal tuhan kenali diri kita terlebih dahulu semakin kita kenal dengan diri sendiri maka kita pun akan semakin dekat dengan Allah.

Semakin kita kenal diri kita, maka kita akan tahu kekurangan dan kelebihan kita. Untuk kekurangan kita maka minta lah perlindungan atas sifat buruk kita dan untuk kelebihan kita maka mintalah bimbingan agar kelebihan yang kita punya ini kita persembahkan untuk berjuang ke jalan-Nya.

Mengutip dari tafsir.com  beberapa ayat alqur’an yang meminta kita untuk berbuat sesuai dengan keberadaan terbaik kita :

Q.S Al an am 6 : 135

قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَنْ تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ ۗ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

Katakanlah: "Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapatkan keberuntungan

Q.S Al Hud 11: 93 dan 121

Ayat 93 :

وَيَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ سَوْفَ تَعْلَمُونَ مَنْ يَأْتِيهِ عَذَابٌ يُخْزِيهِ وَمَنْ هُوَ كَاذِبٌ ۖ وَارْتَقِبُوا إِنِّي مَعَكُمْ رَقِيبٌ

Dan (dia berkata): "Hai kaumku, berbuatlah menurut kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa azab yan  menghinakannya dan siapa yang berdusta. Dan tunggulah azab (Tuhan), sesungguhnya akupun menunggu bersama kamu"

Ayat 121 :

وَقُلْ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنَّا عَامِلُونَ

Dan katakanlah kepada orang-orang yang tidak beriman: "Berbuatlah menurut kemampuanmu; sesungguhnya Kami-pun berbuat (pula)".

 Q.S Al Zumar 39:39

قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ

Katakanlah: "Hai kaumku, bekerjalah sesuai dengan keadaanmu, sesungguhnya aku akan bekerja (pula), maka kelak kamu akan mengetahui

Dari ayat-ayat diatas Allah hanya ingin kita berbuat dengan versi terbaik kita dan semua hanya sebagai ibadah yang kita persembahkan sebagai sebenar-benar hamba.  Apapun pekerjaan dan profesi lakukan lah sebaik yang kita bisa. Jika menjadi dokter jadilah dokter yang baik, jika pedagang jadilah pedagang yang baik jika kita seorang guru jadilah guru yang baik dan seterusnya. Jika kita sudah berbuat yang terbaik allah akan memberikan balasan terbaik pula dari-Nya. (WS)


5 komentar:

  1. Sungguh menyentuh hati, jadi teringat udah banyak waktu terbuang sia-sia untuk hal yang tidak berguna :'(

    BalasHapus
  2. Masya Allah tabarakallah. Berangkat dari keridhoan semua itu menjadi nyata kalau kita ada keinginan, insya Allah

    BalasHapus
  3. MasyaAllah Baarakallah. Terima kasih sudah diingatkan. Saya setuju dengan yang disampaikan Mbak.Selalu berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita. Masalah takdir Allah yang tentukan.

    BalasHapus
  4. Masyaa allah, Allah sesuai dengan yang kita pikirkan, dan Allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum ia merubah keadaan pada dirinya sendiri. Bener yang mbak bilang, untuk menata ulang kehidupan kita, kita harus kenali dulu diri kita, sering bermuhasabah dan memaksimalkan potensi kita utk dapat redisign our life. super sekali mbak...

    BalasHapus
  5. Mashaa Allah....semoga apa yang kita impikan tercapai ya mbak, gak mudah memang menata hati.

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...