https://diarywinrie.com diary winrie: Piramida Ibu Profesional

Sabtu, 18 Juni 2022

Piramida Ibu Profesional

  Bismillahirahmanirrahim. Alhamdulillah ya bestie, kita sudah bisa melanjutkan perjuangan menyelesaikan misi ke enam kemaren. kita akan menuju misi ketujuh tetapi sebelumnya kita diberikan bekal materi oleh WI Mak Farida Ariyani tentang piramida dalam Ibu Profesional. Akhirnya materi demi materi dan misi demi misi menjadikan puzle-puzle yang sebelumnya berserakan sekarang sudah mulai nampak tersusun rapi. Menjadi konsep diri, karakter, prinsip dan cara berpikir kita sebagai Ibu Profesional. Mau kemana dan tujuannya apa kita ikut kelas matrikulasi ibu profesional ini sudah jelas di depan mata. 

Seolah-olah menjawab satu-persatu pertanyaaan yang pernah hadir sebelumnya. Mengulas balik materi yang disampaikan Mak Far bahwa piramida dalam Ibu Profesional ini terdiri dari :

1. Piramida atas

Ini berhubungan dengan modal yang ada pada diri kita sendiri yaitu : kemauaan, kesungguhan dan kepercayaan diri yang tinggi untuk terus belajar.

Kesungguhan akan mendorong kita untuk terus berkembang dalam meningkatkan potensi diri sebagai khalifah di bumi ini.

Perkembangan pada diri juga akan berpengaruh kepada perkembangan keluarga.

Secara tidak langsung perkembangan diri akan menumbuhkan kepercayaan diri kita sebagai ibu.

Mengapa kita harus punya kemauan, kesungguhan dan kepercayaan diri yang tinggi karena ini adalah usaha kita memantaskan diri sebagai Ibu Profesional kebanggaan keluarga.

2. Piramida bawah

Ini berhubungan dengan bagaimana kita menjalan peran ke ranah yang produktif, dengan menjadikan keluarga sebagai prioritas utama.

Aktivitas apapun yang sedang kita lakukan dan jalani sebagai ikhtiar untuk menjemput rezeki.

Meluaskan jaringan dan menjadi agen perubahan.

Saya membuat kesimpulan piramida atas dan bawah sama-sama menjadi ajang kita untuk belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak.

Piramida atas fokus target dalam diri dan keluarga khusus urusan domestik. Sedangkan priamida bawah fokus target menjadi manusia yang berkarya dan bermanfaat untuk orang lain. Sehingga bisa menjadi agen perubahan dalam keluarga dan lingkungan.

Menguasai piramida atas dan bawah tentu ada ilmunya, piramida atas kita akan menemukan ilmunya dalam perkuliahan bunda sayang dan bunda cekatan. Sedangkan piramida bawah kita akan menemukan ilmunya dalam perkuliahan bunda produktif dan bunda sholehah.
Sumber : Materi Live FBG Matrikasi#10

Dari piramida tersebut kita akan mengkaji ulang apa sih misi kita ikut dalam ibu profesional ini? Benarkan sudah sesuai dengan misi diri dan misi keluarga. Jika memang tidak sesuai terus mengapa kita harus bertahan di Ibu Profesional ini. Nah ini menjadi tantangan selanjutnya di misi tujuh kelas matrikulasi ibu profesional menemukan misi diri dan keluarga. 


Piramida ibu profesional tidak terlepas dari kristalisasi misi kita yang berhubungan dengan core value dan karakter ibu profesional. Kunci ada Lima core value  dalam ibu profesional yang harus kita install kedalam hati yaitu : belajar, berkembang, berkarya, berbagi dan berdampak.  Selanjutnya ada Lima karakter ibu profesional : never stop runing, the mission alive, dont teach me , i love learn, i know i can be better, always on time, sharing is caring.

Mencapai sebuah misi diri dan keluarga tentunya mengunakan mantra dalam ibu profesional yaitu main bareng, ngobrol bareng dan aktivitas bareng. Dalam menggapai misi keluarga yang sudah kita susun bersama kita harus menikmati keseruan bersama-sama pula. Ambil peran apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan misi tersebut dan tetap menjaga aturan, saling mengingatkan dan menjaga. Saling bekerjasama mewujudkan misi keluarga adalah tujuan kita.

Dan teruslah memantaskan diri untuk setiap peran yang kita ambil saat ini, bersyukur dan minta Allah temani untuk mewujudkan misi diri dan misi keluarga (WS).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...