https://diarywinrie.com diary winrie: Manfaat seo on page kelas blogspedia

Rabu, 22 Juni 2022

Manfaat seo on page kelas blogspedia

Bismillahirrahmanirrahim. Apa kabar Bestie? Alhamdulillah sore ini cuaca mendung dan panas banget di tempat saya. Cuaca panas dan mendung tidak bisa menjadi alasan untuk tidak mengerjakan tugas dari coach Marita

Ini pun tidak menurunkan minat untuk menulis tugas tentang manfaat SEO on page. Ini materi ke Enam di kelas blospedia batch tiga. Bahagia dan penuh tantangan rasanya. Setelah sebelumnya sempat menulis tentang Alasan ngeblog dan bagaimana konsisten dalam mem blog

Satu hal yang saya syukuri bisa bergabung di Kelas ini adalah ilmu-ilmunya sangat bermanfaat untuk saya sebagai newbie dalam blog. Dari awal kelas kita sudah diajarin langsung cara bikin blog dan perkenalan sekilas dengan seo.

Ilmu dan pegetahuan yang diberikan bisa langsung di praktekan, masyaAllah ini gratis tanpa berbayar. Baik bangetkan ya coachnya. Semoga Allah balas kebaikan coach Marita dengan pahala yang berlimpah, diberikan umur panjang dan kesehatan, dikarunia keturunan sholeh dan sholehah. Aamiin.

Eh kok jadi melebar gini, nah kan ? Masih belum bisa fokus dengan satu topik. Hehe. Bestie kembali ke pembahasan awal seo on page.

1. Pengertian SEO

Seo adalah singkatan dari search engine optimization. Seo merupakan cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang namun butuh waku yang tidak sebentar.
Pengertian SEO

2. Pentingnya SEO on page

Seo on page yang baik dapat meningkatkan pengunjung blog dan blog lebih banyak dilirik. Bukankah salah satu tujuan menulis agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Semakin banyak yang membaca semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya.

3. Jenis SEO

Seo ada dua jenis yaitu :

1. Seo on page

Seo on page adalah inner beauty sebuah blog dan pondasinjya blog. Jika pondasinya rapuh maka blognya akan mudah runtuh. Seperti penyampaian coach Marita tentang seo on page ini.

Elemen-elemen dalam seo on page ini berkaitan langsung dengan website kita seperti : kualitas kontent, struktur kontent, kecepatan halaman serta internal link.

2. Seo of page

Seo of page ini digunakan untuk pencitraan, penguatan elemen seo ke luar blog yang kita kelola. Seo of page ini digunakan untuk meeningkatkan otoritas website dan menaikkan rangking di hasil pencaharian google.
Jenis Seo

4. Tekhnik dalam seo

Ada tiga tekhnik dalam seo yaitu :

1. White adalah seo yang di buat murnin dan asli dari bloger

2. Black adalah seo yang di buat dengan menggunakan tool. Ini dengan mengakali agar blog terlihat banyak pengunjung.

3. Grey adalah gabungan antara murni dan menggunakan tool

Pesan dari coach Marita kita tidak perlu tahu tekhnik black dan grey karena ini sangat berbahaya untuk blog kita. Jika ketahuan google blog bisa dihapus dan hilang dari pencaharian.

Mending cari aman menggunakan tekhnik white yaitu murni, berusaha memaximalkan seo kalau untuk hasil nanti akan ngikut dengan sendirinya.

5. 13+ Tips seo on page

13+ tips seo on page

1. Judul

Sebelum memilih judul sebaiknya riset dulu kata kunci yang akan kita gunakan dengan cara : mencari di pencaharian. Setelah itu kita bisa menentukan judul yang sekiranya akan banyak dicari oleh pengunjung dan belum ada di google tulisannya. Pemilihan karakter di judul sebaiknya 55 karakter.
Keyword seo on page

2. Permalink

Penulisan permalink sebaiknya terdiri dari 75 karakter maksimalnya yang mencantumkan kata kunci.
Permalink blog

3. Deskripsi

Penulisan deskripsi maksimal 155 karakter dengan memasukkan kata kunci yang di awal tadi.

Deskripsi

4. Paragraf pertama

Di dalam paragraf pertama harus mencantumkan kata kunci. Cara memasukkannya juga tidak boleh menoton tetapi ngalir saja. Boleh diawal paragraf, di tengah atau di akhir paragraf pertama.

Paragraf

5. Keyword terkini

Keyword terkini maksudnya keyword yang ditulis sudah bisa dikenali oleh google tanpa harus kita tebalkan atau miringkan tulisannya. Sementara keyword jadul masih menggunakan cara menebalkan atau memiringkan keyword biar dikenali google. Padahal ini sebenarnya tidak ngefek. Tetapi kalau untuk job jika permintaan klien harus menebalkan maka tidak apa-apa kita ikuti.

6. Jumlah kata

Banyak pendapat tentang jumlah kata yang baik dalam sebuah artikel. Ada yang berpendapat jumlah kata yang baik adalah 500, 800 bahkan 1000 kata boleh. Kalau saya sendiri termasuk tipe yang suka panjang lebar. Sebenarnya tidak ada masalah asal maksud dan tujuan yang ingin disampaikan tercapai.

Di zaman ini banyak orang tidak terlalu suka membaca jadi sebaiknya tulisan tidak perlu terlalu panjang apalagi tanpa poin-poin.

7. Optimalisasi pada paragraf

Selain paragraf pertama paragraf kedua dan ketiga juga perlu kita perhatikan usahakan paragraf yang ada terdiri dari 2-3 kalimat saja. Karena pengguna blog biasanya membaca dengan hp.

Kalau kalimat kita panjang dan menggunakan banyak kalimat majemuk. Maka akan membosan dan membuat mata pembaca jenuh. Saran dari coach Marita.


8. Paragraf terakhir

Dalam paragraf terakhir jangan lupa mencatumkan kembali keyword yang di awal tadi.
Paragraf terakhir

9. Heading

Heading

Heading 1 (H1)

Biasanya untuk judul merupakan heading paling atas atau paling awal. Heading ini diletakkan di bar title yang ada di dashboard.kalau blog sudah bagus biasanya akan nyahut dengan sendirinya.

Heading 2 (H2)

Heading 2 digunakan untuk judul yang ada dalam badan artikel. peletakkannya harus setelah heading satu atau mayor heading. tidak boleh diletakkan setelah Heading 3 ataupun heading 4.

Heading 3 (H3)

Heading 3 digunakan untuk bagian dari sub judul atau anak judul yang ada dalam artikel. Peletakannya pun harus berurutan. Heading 3 diletakkan setelah heading 2 (H2). Begitu seterusnya sampai dengan heading 4 atau minor heading

Heading ini sangat penting untuk melihat kerapian dari sebuah tulisan dan agar pembaca tidak bingung. Ini bagian dari yang mana. Jadi dalam menulis judul dalam badan artikel perlu hati-hati dan memperhatikan lagi.
Heading

10. Optimalisasi pada gambar

Optimalisasi gambar

Optimalisasi

Ketika memasukkan gambar pada blog, sebaiknya yang pertama dilakukan adalah mengganti nama gambar dengan keyword yang sudah ada, agar mudah dikenali mesin pencaharian dan jangan lupa untuk menambahkan alt dan title dengan keyword turunan yang sudah kita tentukan. Caranya dengan mengklik gambar kemudian akan muncul pilihan seperti bulat seperti roda(pengaturan) klik, kemudian masukkan alt dan titlenya.

11. Link pada artikel

Link pada artikel sebaiknya perbandingannya adalah satu link exsternal dan tiga link internal. Tujuan adanya link internal dan eksternal ini adalah untuk mejaga agar blog kita tetap saling berhubungan menjadi satu kesatuan dan menjaga kesehatan blog kita.
Link artikel

12. LSI keyword

Latent Semantic Indexing keyword, merupakan keyword dan turunan keyword, atau hal yang terkait dengan keyword utama. Boleh disebut dengan padanan kata dari keyword utama. Nah keyword turunan ini juga mestinya kita sebarkan dalam tulisan.

Bagaimana menentukan keyword turunan ini? Kita bisa dengan melakukan riset seperti ketika kita ingin menentukan keyword utama tadi. .

13. Share media sosial

Setelah menulis blog maka langkah selanjutnya adalah membagikan tulisan ke sosial media seperti facebook, instagram, whatapp dan twiter. Ini berguna untuk meningkatkan pengunjung blog kita.

14. Inspeksi URL

Terakhir yang dilakukan setelah menerapkan seo on page adalah publish tulisan kemudian inspeksi URL melalui google search counsole. Pastikan tulisan kita bisa segera terlacak oleh mbah google.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang manfaat SEO On page semoga bisa dipraktekkan ya bestie. Saran saya jika ada kelas baru blogspedia batch 4, saya sangat merekomendasikan bestie untuk ikut kelas ini. Terimakasih. 

Sumber : 
https://www.blogspedia.my.id/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO/
https://www.blogspedia.my.id/tips-seo-on-page/
https://www.blogspedia.my.id/cara-optimasi-seo-pada-gambar/
https://www.youtube.com/watch?v=KrP3nTMJWo4
Gambar dari materi PDF blogspedia 

 

 

11 komentar:

  1. Masyallah lengkap sekali mbak, makasi ya bisa jadi rujukan buat belajar nih

    BalasHapus
  2. Aku kalo suruh share di medsos suka tiba2 lupa Mba, ternyata itu ngaruh juga ya.

    BalasHapus
  3. Aku itu suka males share di medsos. Suka gak pede sama tulisan sendiri 🙈 informasinya lengkap sekali mbk. Terima kasih mbak buat menambah refenresi belajar SEO.

    BalasHapus
  4. Tantangan nih, nulis satu paragraf dua-tiga kalimat saja. Kebiasaan nulis panjang-panjang. Terima kasih ilmunya, Kak.

    BalasHapus
  5. Saya tertarik sekali ingin bergabung di grup blogspedia ini. Rasanya semua ilmu yang diterangkan bukan hanya teori, langsung praktik. Mantap

    BalasHapus
  6. Mantap memang blogspedia, guru itu memang salah satu oenentu keberhasilan belajar.

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak banget manfaatnya

    BalasHapus
  8. www.lokasaga.com26 Juni 2022 05.36

    Ulasan yang sangat mencerahkan buat sesama blogger. Makasih sudah berbagi ilmu🙏

    BalasHapus
  9. practice make progress ya kak, dengan membiasakan tips di atas saat menulis blog semoga artikelnya bisa di page one

    BalasHapus
  10. Duh, senang banget baca artikel ini. Sarat ilmu. Ya, emang perlu diulang kalau ilmu beginian, Mba. Apalagi saya suka oleng. Hahaha.

    BalasHapus
  11. ilmunya keren bgt ini mbak, sangat bermanfaat, ternyata ngeblog itu asik ya

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...