https://diarywinrie.com diary winrie: keberkahan ilmu mentor kelas blog dasar

Senin, 13 Juni 2022

keberkahan ilmu mentor kelas blog dasar

Bismillahirahmanirrahim. Selamat malam, camamud kriya. Senin hari pertama masuk kantor, pasti disambut dengan rutinitas yang luar biasa banyak. Senin ini juga anak-anak mulai ujian akhir semester. Kebayanglah kerempongannya. Hehe.

Senin menjadi sesuatu yang menggelisahkan karena ada tiga deadline yang harus saya selesai di kelas ODOP, dan ditambah chalange di kelas blog PW. Masyaallah serasa dikejar apa. Deg-degan menulis tiga tulisan yang harus selesai malam ini. Semoga Allah mudahkan dan lancarkan lisan ini menyampaikan kata-kata lewat tulisan, aamiin.
Kelas blog dasar bersama coach Karunia Sylviany Sambas. Beliau adalah seorang tenaga kesehatan berlatar belakang pendidikan bidan. Beliau suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru.

Kelas blog dasar merupakan salah satu kelas yang diselenggarakan oleh Perkasa creative writing. Kelas ini menjadi kelas pertama saya dalam blog. Keinginan membuat blog sebenarnya sudah lama sekali ada dalam hati ini. Namun belum mencoba memulai dan akhirnya Mba Nita mengajak saya dan Mba Nadia ikut kelas blog dasar PCW. Tanpa berpikir panjang saya mengiyakan. Kemudian daftar dengan biaya terbilang murah Rp.50.000 saja. Pendaftaran saya dan mba Nadia di detik-detik terakhir penutupan pendaftaran.

Blog merupakan singkatan website log, yakni situs yang memuat aneka jurnal, artikel, maupun informasi online secara berurutan.
Alhamdulillah, bersyukur sekali bisa bergabung di komunitas menulis di blog ini. Sesuatu yang baru bagi saya dan kepuasan tersendiri ketika saya sudah bisa membuat blog saya dan bebas mau nulis apa saja di blog saya. Pengalaman di kelas ini sungguh tak terlupakan akan menjadi sejarah awal saya memulai menulis di blog. Ada beberapa manfaat menulis di blog :
1. Menghasilkan uang
2. Meningkatkan kemampuan menulis
3. Mengikat ilmu
4. Tempat untuk publikasi
5. Membangun branding
Selain belajar membuat blog di kelas blog dasar, kita akan mendapatkan materi lainnya diantaranya adalah :

1. Cara mudah membuat blog

Saya masih ingat sebelum membuat blog, kita diminta menyiapkan cadangan penyimpanan data di google drive. Langkah pertama saja saya sudah bingung, melihat data di email saya begitu banyak dan harus dihapus. Kemudian ada beberapa pertanyaan di grup menanyakan kalau mau makai email lama silahkan dihapus dulu datanya atau buat saja email baru.
Sayapun mengikuti apa yang disarankan coach dan membuat email baru. Selanjutnya mengikuti langkah-langkah dalam membuat blog.

2. Bagaimana cara membuat blog berdomain

Setelah adanya blog materi selanjutnya adalah membuat blog berdomain. Domain adalah nama untuk situs kita yang unik di dunia internet. Unik artinya hanya kita yang punya di internet. Contoh nya : diarywinrie.com

3. Keuntungan memiliki blog berdomain

Beberapa keuntungan dari blog berdomain adalah sebagai berikut :
1. Membangun personal branding yang efektif
2. Bisa membuat email yang profesional
3. Membangun blog yang menarik
4. Membangun toko online
5. Membuat custom domain untuk blogger kita
6. Mendapatkan keuntungan penjualan dari domain

4. Peluang nulis di blog

Peluang blog dalam dunia bisnis sangat besar karena blog bisa menghasilkan uang. Bagi seorang blogger menghasilkan uang dengan blog sangat mudah. Bahkan beberapa orang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama.
baca juga : 30 juta dari blog
Masyaallah semua bisa jika kita tahu langkah-langkahnya. 
Pertanyaan ini tentu sering terlintas di kepala Anda. Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang sangat mungkin bagi semua blogger, asal tahu langkah-langkahnya.

Bahkan Anda bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Berikut adalah 6 langkah menghasilkan uang dari blog:

1. Buat Blog di Platform Blog Terbaik

2. Buat Konten Blof Bermanfaat dan Menarik

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda

4. Promosikan Blog di Media Sosial

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Materi kelas blog dasar ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai newbie dalam dunia per-blog-an. Rasa syukur dan terimakasih saya kepada coach Nia yang telah memberikan banyak ilmu untuk saya dan tidak pernah lelah menjawab wapri saya ketika bingung mengerjakan tugas. Hehe.
Udah ini aja camamud kriya, cerita saya di kelas blog dasar semoga teman-teman juga punya kesempatan untuk bergabung di kelas ini. Insyaallah banyak ilmu dan keberkahan di kelas ini. Harapan saya untuk coach nia semoga allah berikan kesehatan dan kesempatan untuk terus berbagi ilmu yang bermanfaat terutama untuk kami yang pemula di blog dan untuk blog saya semoga terus bisa menulis kebaikan dan bermanfaat untuk banyak orang, aamiin (WS).

6 komentar:

  1. Menarik ya kelasnya, itu dibuka setiap kapan kak kelasnya jika ingin mendaftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalo sudah selesai 1 batch akan lanjut lagi batch berikutnya, sering intip blog nya mba Karunia untuk kelas blog dasar

      Hapus
  2. Kelas bloggingnya berapa lama, Kak? Dan materinya apa saja? Ada komunitasnya tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa lama ya, lupa saya.. Materi sesuai yang saya bahas di tulisan yaa.. Komunitasnya ada..malah banyak tawaran job di komunitasnya saya belum ikut ngejob mba..Semangat..

      Hapus
  3. Aku mau nanya, Kakk. Cara tau situs blog kita udah ber-domain bagaimana??

    BalasHapus
  4. Bisa dengan memasukkan link ke google. Klo sudah terdaftar akan muncul di pencaharian google.. Mba..
    Kalo ga salah seperti itu yaa..

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...