https://diarywinrie.com diary winrie: Karakter Moral Ibu Profesional

Kamis, 09 Juni 2022

Karakter Moral Ibu Profesional

Bismillahirrahmanirrahim, selamat malam bestieku. Semakin lama semakin dalam penyelaman di samudera amarta. Pemandangan pun semakin indah, semangat untuk melanjutkan penyelaman tentunya harus ada ya bestie. Sebagai Ibu profesional tentunya kita adalah seorang perempuan yang mempunyai tahapan dari lahir sampai menjadi ibu seperti saat ini.

Ada banyak peran dari seorang perempuan dimulai dari menjadi anak perempuan, kakak, remaja yang mencari jati diri, perempuan bekerja, istri, ibu, nenek bahkan mertua. Sehingga karakter moral seorang ibu profesional harus tertanam dalam hati seorang perempuan yang sudah menjadi ibu atau akan menjadi ibu. Dari Wi Hamidah Rina Mantiri menyampaikan ada 5 karakter moral ibu profesional sebagai berikut :

1. Never stop running, the mission alive

Seorang ibu profesional tidak akan pernah berhenti untuk memperjuangkan misinya sepanjang hidupnya. Apapun perannya, ibu profesional tidak akan melupakan misinya hadir ke dunia ini selagi ia masih diberi nafas oleh allah subhanaataa’la.

 2.      Dont teach me, i love to learn

Jangan ajari saya, saya suka belajar. Dari materi sebelumnya ada banyak hal yang ingin saya pelajari dan sudah saya petakan. Prioritas belajar saya adalah islamic parenting khusus manajemen/mengelola emosi dan komunikasi dengan bahasa kasih.

Belajar dan terus belajar sampai akhir ayat menjadi ciri khas ibu profesional, tidak pernah lelah dan  menyerah untuk belajar.

Saya tidak perlu dikejar untuk diajari karena saya senang belajar.

Belajar juga menjadi kewajiban untuk setiap muslim sesuai hadits riwayat ahmad ;

"Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu."

Jadi ada kewajiban kita untuk terus menuntut ilmu. 

 3.      I know i can be better

Ibu profesional tahu kalau dia bisa menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Bukan ingin menjadi lebih baik dari orang lain, Tetapi hanya ingin menjadi lebih baik dari diri ku yang dulu.

Ali bin Abi Thalib

Belajar seharusnya menjadikan kita lebih baik lagi dari diri kita yang kemaren dan semestinya menjadi orang yang beruntung karena terus memperbaiki diri dan bukan orang yang merugi.

4.     4.   Always on time

Selalu tepat waktu dan disiplin waktu. Ibu profesional adalah ibu yang disiplin  dan selalu tepat waktu. Ibu profesional ibu yang menghargai waktunya dan waktu orang lain. Disiplin waktu artinya tepat waktu sesuai dengan komitmen yang sudah di buat dan tidak molor. Disiplin akan membiasakan diri untuk melakukan habbit yang baik.

Membangun disiplin di rumah harus dimulai dari diri sendiri baru bisa ditularkan ke anggota keluarga.

 5. Sharing is caring

Ibu profesional selalu ingin membagikan ilmu-ilmu yang sudah ia praktekkan terlebih dahulu. Tidak buru-buru dalam membagikan ilmu atau informasi karena ada 3 B yang harus teruji sebelum dibagikan. 3B itu adalah benar, baik dan bermanfaat.  Sebelum di share harus di analisa dan di uji dulu dengan pertanyaan apakah informasi yang mau dibagikan ini benar? baik?  dan bermanfaat? 

 

Itulah 5 karakter moral ibu profesional yang harus di praktekkan, dilatih dan ditularkan.

Karakter tersebut tidak dapat diajarkan dalam sebuah kelas tetapi ditularkan. Menularkannya pun harus dengan mantra ibu profesional yaitu dengan ngobrol bareng, main bareng dan beraktivitas bareng. 

Mengasah karakter moral dengan banyak belajar, melatih dan mempraktekkan satu persatu karakter tersebut mulai dari diri sendiri. Berubah dari diri sendiri dan dari hal kecil dulu. Semoga allah  jadikan diri ini lebih baik lagi sebagai ibu dan istri.  

Closing statementnya moral adalah sesuatu yang sudah ada dalam diri kita, hanya perlu di asah dan perlu media untuk tumbuh dan berkembangnya. Jika moral itu baik dan tumbuh pada media yang pas maka pertumbuhannya pun akan lebih baik (WS).

2 komentar:

  1. Berarti memang harus saling interaksi antar ibu-ibu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semestinya mencari teman yang saling support itu perlu juga..

      Hapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...