https://diarywinrie.com diary winrie: aliran rasa rujak dan lotis buah

Senin, 27 Juni 2022

aliran rasa rujak dan lotis buah

Rasa rujak dan lotis

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat till jannah. Ceritanya sore kemaren lagi ngumpul-ngumpul sama sahabat seperjuangan ini “Ngerujak”. MasyaaAllah, rame banget mak-mak sholihah. Disini saya baru mengetahui ternyata rujak dan lotis itu serupa tapi tak sama. Rasanya pun kali ini di bikin berbeda sama sahabat till jannah. Mantap banget pokoknya aliran rasa dalam rujak dan lotis buah sore ini.

Apalagi menikmati nya dalam hujan deras, bayangkan ya. Manis, asem, pedas, dinikmati saat cuaca dingin. Serasa selesai ini mau ke belakang langsung dan takut mencret. Hehe.

Sahabat till jannah tenyata ada beberapa perbedaan antara rujak dan lotis versi mak-mak sholehah, berikut kesimpulan dari yang saya. Berdasarkan diskusi dengan mak-mak sholihah kemaren :

1. Perbedaan rujak dan lotis

Rujak merupakan hidangan yang terdiri dari buah-buahan segar yang diiris kecil-kecil atau bisa juga diparut. Buah-buan tersebut disajikan dengan cara diserut. Buah-buahan yang sudah diserut akan dicampur dengan bumbu dengan aneka rasa : rasa pedas, manis, dan asam.

Sementara lotis merupakan hidangan yang terdiri dari buah-buah segar yang diiris agak besar pas untuk satu suapan. Buah-buahan tersebut disajikan dengan sambal yang kental dengan aneka rasa : rasa pedas, manis dan asam.

Lotis dinikmati dengan mencocolkan buah ke sambal baru di lahap.
Perbedaan rujak dan lotis

2. Macam-macam rujak dan lotis

Rujak dan lotis mempunyai banyak nama dan akan berbeda jika beda tempat. Seperti halnya di tempat saya hanya menyebut rujak, padahal itu lotis. Ini sedikit dibahas tentang macam-macam rujak :

1. Rujak terasi

Menjadi khas karena pada sambal di masukkin terasi sedikit.Sebenarnya kemaren bahan untuk rujak terasi juga sudah disiapkan . Tetapi tidak sempat di sajikan.

2. Rujak bebeg

Rujag bebeg ini kemaren juga sempat di sajikan. Bedarujak bebeg dengan rujak biasa. Sambal rujak bebeg digiling dengan menambahkan nenas ke dalam sambal.

3. Lotis buah-buahan segar

Sambal lotis kemaren lebih mempunyai ciri khas karena sengaja di masukin nenas kedalam sambal. Cabe rawit, kacang tanah yang sudah di goreng dihaluskan dan menambahkan sedikit garam. Setelah bumbu sambal hancul maka masukkan 1 potong nenas dan giling.
Macam lotis

3. Manfaat rujak dan lotis

Bahan dasar rujak dan lotis adalah buah-buahan segar. Ini jelas banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.berikut beberapa manfaat dari rujak dan lotis :

1. Meningkatkan metabolisme pembakaran kalori

Pada sambal rujak atau lotis terdapat zat capcaisin yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Pembakaran kalori yang meningkat dapat menurunkan berat badan. Meskipun demikian tidak dianjurkan untuk banyak mengkosumsi sambalnya karena dapat menyebabkan iritasi pada pencernaan.

2. Menyembuhkan sariawan

Bagi penderita sariawan mengkusumsi rujak dan lotis ini bisa membantu menyembuhkan sariawan. Karena kandungan vitamin c yang tinggi dalam buah-buahan yang digunakan untuk rujak dan lotis. Selain menyembuhkan rujak dan lotis juga mengurangi resiko sariawan.

3. Menyehatkan jantung

Mengkosumsi rujak atau lotis secara teratur dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung. Karena sambal rujak dan lotis selain meningkatkan metabolisme dengan memecah kalori juga memecah kolesterol jahat dalam tubuh kita.

4. Menurunkan stress

Aneka rasa dalam rujak dan lotis seperti pedas, asam dan manis dapat meningkatkan prosuksi hormon serotonin. Hormo ini sangat berguna dalam memberikan rasa tenang dan bahagia. Sehingga mengkosumsi rujak dan lotis dapat merefresh otak dan menurunkan stress.
Manfaat rujak dan lotis

4.Alat dan bahan mebuat rujak dan lotis

1. Alat yang di gunakan untuk membuat rujak dan lotis

  • Batu gilingan/cobek
  • Sendok
  • Piring
  • Mangkok

2. Bahan untuk membuat rujak dan lotis

Bahan sambal :
  • Cabe rawit
  • Gula merah/aren
  • Kacang tanah yang sudah digoreng
  • Garam
Bahan ala mak-mak sholehah berbagai buah-buahan segar  :
  • Buah mangga muda dan matang
  • Nenas muda dan matang
  • Pepaya muda dan matang
  • Mentimun
  • Pir
  • Jambu air
  • Jambu biji
  • Bengkoang
  • Belimbing 
Cara menyajikan :

Semua bahan dikupas kulitnya dan diiris lalu dimasukkan kedalam piring atau wadah penyajian. Untuk sambal semua dihaluskan terlebih dahulu dan ditambahkan sedikit air sesuai selera. Lalu masukkan ke mangkok dan sajikan.
Bestie
Alhamdulillah aliran rasa ngerujak bareng bestie till jannah terasa banget. Ini kebahagiaan dunia yang teak ternilai harganya. Berkumpul dengan orang-orang sholeh eh sholihah maksudnya. Jauh dari kata ghibah hanya memang ingin melepaskan rindu yang sudah lama tak bertemu dengan ustadzah.

Bersyukur sekali rasanya menjadi bagian dari mereka. Meski sering insecure kalau bahas setoran  hafalan. Mereka ibu rumah tangga sholehah yang luar biasa dalam hafalannya. 
Sementara saya masih sibuk dengan urusan dunia sehingga sering menyisakan waktu untuk menghafal, tidak menjadikan hafalan sebagai prioritas. Astagfirullah, ampuni ya rabb dosa-dosa dan kesalahan hamba. 
Aliran rasa rujak dan lotis buah ini benar benar masuk ke hati. Terpancar dari senyuman kami semua penuh kebahagiaan dan tanpa beban. Ya Allah jadikan persahabatan kami tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat kelat. Pertemukan kami semua nanti di syurga MU. Aamiin.








5 komentar:

  1. Aku baru tau lotis dan rujak itu beda

    BalasHapus
  2. Ya mba saya juga

    BalasHapus
  3. Baru tau ada yang namanya lotis aku

    BalasHapus
  4. Aku doyan banget nih. Kalau ke Malang wajib coba Rujak Buah Semeru. Legend banget tuh.

    BalasHapus
  5. Kalau di Sumut, tata cara makan rujak hampir mirip dengan lotis.
    Dan buah-buahan yang diserut, kalau di sini namanya rujak serut.

    Seger banget makan rujak serut di tengah hari terik. Apalagi jika sudah didiamkan satu malam di kulkas..hmmm ngiler mbaa

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...