https://diarywinrie.com diary winrie: Tips untuk menjaga agar Mood tetap sehat

Jumat, 13 Mei 2022

Tips untuk menjaga agar Mood tetap sehat


Mood sebuah istilah yang sering kita dengar sehari-hari. Kata mood digunakan untuk mengungkapkan suasana hari seseorang. Dan ada juga istilah "Bad Mood". Istilah dari bahasa inggris yang sekarang sudah lazim dipakai di indonesia dalam percakapan sehari-hari. "Bad Mood" Artinya mood yang buruk dan tidak baik. Ada berbagai penyebab mood seseorang buruk yaitu : Kurang istirahat, lagi masa premenstruasi, kurang olahraga, pengaruh cuaca, menderita penyakit tertentu dan pengaruh mood orang lain di sekitar kita. 

Banyaknya penyebab bad mood ini sering kita temui dan mungkin kadang tidak bisa kita kendalikan maka diri kita lah yang perlu menyiapkan diri untuk menghadapi mood yang berubah ubah. Ada 8 tips untuk menjaga agar mood sehat yaitu : 

1. Perbanyak bersyukur

Masalah hadir bukan untukmerubah mood kita tetapi meningatkan kita untuk perbayak bersyukur atas nikmat kebaikan yang Allah berikan. Mensyukuri apa apa yang sudah ada bahkan mesyukuri masalah yang ada. 

Dengan kita bersyukur atau menerima masalah maka disitulah pertolongan Allah untuk masalah kita akan segera hadir. Tidak sibuk mencari solusi tetapi sibuk mengevaluaso diri lalu memperbaiki diri. 

2. Perbanyak Me Time : istighfar mengingat Allah. 

Masalah yang hadir yang merubah mood kita tidak lain adalah efek dari perbuatan-perbuatan dosa kita. Mungkin kita terlalu sibuk dengan kebahagiaan kita sehingga lalai mengingatNYA lalu Allah hadirkan masalah agar kita istighfar, minta ampun padaNYA. Memperbanyak me time, ngobrol dengan NYA. Ceritakan apa - apa yang menjadi penyebab lahirnya bad mood tadi. 

3. Tilawah dengan suara yang merdu

Tidak salah lagi jika engkau ingin berbicara dengan Allah maka sholatlah dan jika engkau ingin Allah berbicara padamu maka tilawahlah. Membaca alquran dengan suara yang merdu dapat meningkatkan mood, memicu produksi hormon hormon kebahagiaan. 

4. Sering berbagi

Belilah kesulitan mu dengan sedekah. Kata-kata ini sering kita dengar tetapi enggan mempraktekkannya. Coba praktekkan sedekah terutama sedekah subuh rasanya bahagia dan meningkatkan mood untuk beraktivitas sehari penuh. Sedekah subuh dipenuhi dengan cahaya dan keberkahan. Kita ibaratkan sedang berada digurun semalaman. Apa yang kita lihat tidak lain hanyalah kegelapan malam. Kemudian datang fajar membawa matahari pagi yang penuh cahaya dan keberkahan Maka disitulah letak awal dari rasa kebahagiaan penuh pengharapan. Seperti itu layaknya sedekah subuh dalam kehidupan kita. Sering-seringlah sedekah biar bisa merasakan nikmatnya cahaya kehidupan dan keberkahan hidup. 

5.Minum air mineral yang cukup

Minum yang cukup juga dapat meningkatkan mood sehat kita, karena dehidrasi dapat membuat seseorang gagal fokus dan mudah tersinggung dengan ucapan dan perlakuan orang lain. 

6.Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan berkualitas membantu badan untuk fit kembali bekerja setelah beraktivitas. Tidak mudah lelah dan tahan terhadap apapun bentuk masalah yang akan merubah mood. Selagi istirahat kita cukup insyaAllah tubuh bisa menyeleksi dan membuang hal hal sepele yang bisa merubah mood. 

7. Berolahraga ringan

Berolahraga dapat meningkatkan imun tubuh dan membuat lebih energik dalam beraktivitas. Menjadi lebih kuat dan tegar menghadapi kenyataan hidup karena tidak semua sesuai harapan kita. Sehingga dengan berolahraga ringan sebagai upaya menjaga kesehatan jiwa dan raga. Kesehatan jiwa nya menjaga mood sedangkan kesehatan raga nya badan yang sehat jauh dari penyakit. 

8. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti mendengar musik,  membaca dan lain lain juga dapat meningkatkan produksi hormon dopamin dan dopaendorpin yaitu hormon kebahagiaan sehingga mood akan selalu sehat. 


Baik itulah 8 tips untuk menjaga agar mood tetap sehat. Pesan saya apapun yang sahabat semua lakukan untuk menjaga mood jangan lupa diri dan lalukanlah sewajarnya sesuai porsinya. Agar tidak ada yang berlebihan dan melanggar norma apalagi etika yang ada. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu sering menyakitkan untuk tubuh, layaknya obat yang over dosis. Selamat berakhir pekan sahabat semua. Jangan lupa bahagia ya. (WS) 



2 komentar:

  1. Wah, penting, nih tipsnya, dan mudah dilakukan juga, mba. Minim air putih yg banyak saya rasakan juga bisa naikin mood. Thankyou for sharing.

    BalasHapus
  2. Tipsnya harus bisa dilakukan secara rutin ini kak. Sangat membantu, untuk menjaga kewarasan seorang Ibu.

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...