https://diarywinrie.com diary winrie: Puasa pertama menentukan semua

Jumat, 01 April 2022

Puasa pertama menentukan semua



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat semua.Mohon maaf lahir bathin dulu yaa, besok kita dah mulai puasa. Semoga amalan kita selama ramadham ini diterima Allah SWT. Oya sahabatku, ini adalah tulisan pertama saya untuk ikut chalange di BPN. Semoga menjadi awal yang indah untuk mulai menulis. Meski bukan penulis, setidaknya pengen ikut seru-seruan dan berpartisipasi dalam chalange 30 hari di blog BPN ramadhan tahun 2022.

Sahabatku, ga terasa ya ramadhan sudah didepan mata, cuma hitungan jam lagi kita sudah masuk ke bulan yang penuh ampunan dan keberkahan. Bulan yang selalu dirindukan oleh kaum muslim yang beragama islam. 

Apa aja nih yang sudah sahabat siapkan untuk puasa pertama nya dengan keluarga tercinta. Kalo saya untuk masakan hampir sama aja dengan awal ramadhan sebelumnya. Biasalah emak emak nyiapin semua untuk sahurnya anak-anak biar lebih semangat puasanya. Cuma ada yang beda di tahun ini, emak di bekali jurnal ramadhan dan anak anak dibekali worksheet ramadhan. Kegiatan mengisi jurnal dan worksheet ini menjadi agenda baru bagi keluarga kami dalam menjalankan ibadah selama bulan ramadhan. Sebelumnya target hanya ditulis di buku sekarang sudah rapi ada jurnal dan isinya pun menarik warna warni sehingga hati terasa riang dan gembira aja lihat jurnalnya. Hehee

Kami menyebut ini project in ramadhan 1443 M.  Jurnal ramadhan isinya lebih banyak tentang target ibadah sehari hari selama bulan ramadhan seperti : sholat 5 waktu, sholat sunnah, tadarus, jurnal syukur, ramadhan daily planner, jurnal sedekah, pencapaian penting saat ramadhan, hal yang tidak terlaksana saat ramadhan, momen bahagia dan momen menyedihkan. Dan tak terlupa di tambah dengan imsakiyah ramadhan. 

MasyaAllah rasanya lebih terstrukstur dan terukur pencapaian ibadahnya setelah ramadhan nanti dengan harapan jurnal ini menjadi penentuan untuk target perbaikan diri emak-emak dan bisa menjadi sarana untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. 

Selain jurnal ramadhan untuk emaknya, si anak juga diharapkan menjalankan ibadah dengan senang dan bahagia tidak merasa terpaksa. Jadi beberapa hal yang ingin saya ajarkan kepada anak-anak adalah mencintai dan mengagumi ibadah - ibadah dibulan ramadhan, terutama ibadah yang khusus dilakukan di bulan ramadhan seperti puasa dan shalat taraweh. Bagaimana caranya? 

Ya saya menyiapkan worksheet ramadhan anak untuk si abang isinya lembar ceklist untuk pencapaian puasa anak, doa-doa dibulan ramadhan, sholat 5 waktu, sholat taraweh dan witir, tadarus, rukun islam, yang tidak wajib berpuasa, hal-hal yang membatalkan puasa. Sedangkan untuk si adek lebih banyak variasinya karena mengingat umur adek yang masih 4 tahun jadi isinya dibikin lebih menarik dengan menambahkan menebali kaligrafi, mewarnai gambar mesjid, bedug, tata cara berwudhu, menghitung jumlah ketupat, kurma, alquran dll, menggunting lalu menempel gambar mesjid, menyusun puzzle gambar suasana sahur yang sudah digunting, menghubungkan garis dan banyak lagi isinya. 

Semua bisa dikreasikan dan divariasikan demi menciptakan suasana ramadhan yang penuh kebahagiaan. 

Harapan kami sebagai orang tua ibadah yang sebelumnya kami tuntut sekarang mudah-mudahan dengan adanya worksheet ramadhan anak ini bisa menuntun anak-anak dalam beribadah selama ramadhan. Tidak ada paksaan dalam proyek ramadhan ini, yang penting bagi kami bisa menjalani ramadhan penuh arti,bisa mengajarkan mereka berbagi, saling mengisi hari. 

Yuk sahabat ku yang belum nyiapin jurnal ramdhan dan workaheet untuk anak anak disiapkan karena besok tinggal tempur di hari pertama puasa. Terimakasih 🙏. (WS) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...