https://diarywinrie.com diary winrie: Manfaat Kurma Ketika Puasa

Kamis, 07 April 2022

Manfaat Kurma Ketika Puasa

7 Manfaat kurma ketika puasa


Bulan ramadhan biasa identik dengan kurma. Kenapa karena kaum muslimin di anjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis dan salah satunya adalah kurma. Ramadhan ini buah kurma masih menjadi incaran untuk berbuka. Keberadaannya pun saat ini hampir sama dengan kelangkaan minyak goreng. Dicari, ditunggu dan di buru ibu ibu. Hehee. 


Kurma memiliki banyak manfaat, sehingga biasanya selalu tersedia di rumah-rumah saat Ramadhan, selain itu  kurma juga menjadi sunah rasul Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana  HR. Al-bukhari dan Muslim. 

"Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

Dalam Al Quran dan hadits lainnya Nabi  SAW juga pernah menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi kurma.


Begitu banyak nya manfaat kurma, maka mengosumsi kurma pada saat berbuka sangat dianjurkan. Berikut 7 manfaat mengkosumsi kurma saat berbuka : 

1. Mengembalikan elektrolit yang hilang 

Selama berpuasa kita kehilangan banyak cairan tubuh karena itu mengkosumsi kurma yang tinggi kandungan potasiumnya bisa menggantikan cairan tubuh. 

2. Melancarkan pencernaan

Kurma merupakan buah yang mengadung tinggi serat jadi sangat baik untuk pencernaan dan lambung. Bahkan dianjurkan untuk penderita penyakit maag. 

3. Menjaga kekebalan tubuh

Antioksidan yang tinggi terdapat pada kurma bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh  dan mencegah penyakit khronis 

4. Sebagai sumber energi

Rasa kurma yang manis menunjukkan kurma mengandung glukosa yang bisa menjadi sumber energi dan cadangan energi saat berpuasa. 

5. Mencegah peradangan

Kurma mengandung polifenol yang tinggi dibandingkan dengan buah lain. Sehingga baik untuk mencegah peradangan. 

6.Mencegah anemia

Kurma juga mengadung zat besi sehingga dapat mencegah terjadinya anemia

7.Menganti kosumsi gula pasir

Rasa manis nya dapat digunakan sebagai pengganti gula pasir. 


Sekarang sahabat sudah pahamkan mengapa Rasulullah menganjurkan kita mengkosumsi kurma pada saat puasa. Pada saat puasa biasanya tubuh kita akan cenderung kekurangan asupan nutrisinutrisi karena biasanya kita makan 3 kali sehari sekarang selama puasa kita tidak makan sama sekali. 

Kita hanya dapat makan pada saat sahur dan berbuka.

Sementara  aktivitas kita  di siang hari banyak, dapat menyebabkan tubuh mengambil berbagai berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.

Lalu, diharapkan dengan mengonsumsi buah kurma dapat menjadi solusinya, mengganti energi energi yang sudah terkuras habis saat beraktivitas. Oleh Karena itu, jika rutin mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Setidaknya bisa memulihkan kondisi tubuh yang sudah terkuras energinya seharian. Meskipun mengkosumsi kurma di anjurkan terapi tetap tidak boleh berlebihan.(WS) 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...