https://diarywinrie.com diary winrie: Kegiatan melawan mager saat puasa

Minggu, 10 April 2022

Kegiatan melawan mager saat puasa

5 Kegiatan yang bermanfaat selama puasa

Marhaban ya ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Ramadhan dimana kita umat muslim diberi kesempatan untuk mendapatkan sale dan hadiah hadiah yang langsung dari Allah. Ramadhan bulan yang penuh ampunan bagi hamba-hambaNYA. Sehingga apapun yang dillakukan oleh seorang hamba di bulan ramadhan ini akan bernilai ibadah di sisi NYA.
Ramadhan adalah bulan yang pahala puasanya langsung dari Allah SWT tanpa perantara. Jadi banyak hal yang bermanfaart bisa kita lakukan selama berpuasa. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Tilawah
Tilawah atau membaca alquran biasanya adalah kegiatan yang dilakukan muslim selama berpuasa. Tilawah menjadi rutinitas bagi mereka yang ingin khatam alquran di bulam ramadhan. Beberapa menargetkan 1 juz 1 day, khatam setiap hari atau khatam 2x selama ramadhan dan seterusnya. Biasanya target itu sudah diniatkan dari awal ramadhan. Dan tilawah ini pun perlu latihan dan persiapan dari sebelum ramadhan. Karena kebiasaan sebelum ramadhan sangat berpengaruh ketika ramadhan datang.

 
2. Dzikir pagi dan sore
Dzikir pagi dan sore adalah salah satu cara menghabiskan waktu saat puasa.Lebih banyak mengingat Allah sang pencipta. Memohon ampunan pada NYA, merasa tak berdaya tanpa NYA dan memohon perlindungan pada NYA.

 
3. Sedekah
Kegiatan lain yang bisa dilakukan selama ramadhan adalah memperbanyak sedekah. Sedekah apa saja insyaAllah akan bernilai pahala disisiNYA. Sedekah takjil, makanan,  pakaian atau harta. Semakin banyak dan sering sedekahnya maka akan semakin bahagia rasanya. Berbagi dengan mengharap kan ridhoNYA. Sungguh mulia.

 
4. Berkumpul keluarga
Berkumpul melakukan kegiatan bersama keluarga juga menjadi hal menarik yang bisa kita lakukan. Kapan lagi kita bisa memasak bersama dan  menyiapkan hidangam  berbuka bersama. Rasanya setiap anggota keluarga punya peran penting, saling membantu dan tolong menolong. Kegiatan bersama keluarga seperti bermain bersama, menggunting kertas, menempel, menghafal doa doa dan sholat berjamaah juga bisa dilakukan. Banyak lagi kegiatan menarik yang bisa dihabiskan bersama keluarga.

 
5. Menuntut ilmu agama
Jangan pernah berhenti untuk belajar dan menuntut ilmu. Allah meninggikan derajat orang orang yang ber ilmu. Tidak bisa menghadiri majelis bisa belajar online via zoom, kelas wa, live ig, dan youtube. Memang sebaik baiknnya tempat belajar adalah bertatap muka dengan guru atau penceramah. Tetapi kalo belum bisa atau belum ada wadahnya. Kita bisa ikut kelas online yang kadang berupa course, mentoring atau private kelas. Semua akan mudah dan bisa kalo ada niat. Jadi jangan pernah putus asa untuk belajar ya sahabatku. Sadarilah kita ini fakir ilmu dan banyak dosa. Maka kita perlu memperbaiki diri dengan banyak belajar ilmu-ilmu agama. Ibadah tanpa ilmu adalah sia-sia, seperti yang disampaikan :

Ibnul Qayyim rahimahullah

العَامِلُ بِلاَ عِلْمٍ كَالسَّائِرِ بِلاَ دَلِيْلٍ وَمَعْلُوْمٌ أنَّ عَطَبَ مِثْلِ هَذَا أَقْرَبُ مِنْ سَلاَمَتِهِ وَإِنْ قُدِّرَ سَلاَمَتُهُ اِتِّفَاقًا نَادِرًا فَهُوَ غَيْرُ مَحْمُوْدٍ بَلْ مَذْمُوْمٌ عِنْدَ العُقَلاَءِ

Orang yang beramal tanpa ilmu bagai orang yang berjalan tanpa ada penuntun. Sudah dimaklumi bahwa orang yang berjalan tanpa penuntun akan mendapatkan kesulitan dan sulit untuk selamat. Taruhlah ia bisa selamat, namun itu jarang. Menurut orang yang berakal, ia tetap saja tidak dipuji bahkan dapat celaan.”

Terakhir semangat sahabat semua untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadhan. Semoga kegiatan yang dilakukan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga dan orang-orang di sekitar kita. Niatkan semua lillahita'ala. InsyaAllah semua akan bernilai ibadah. Bismillah.(WS)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...