https://diarywinrie.com diary winrie: Hal yang ingin dilakukan saat ramadhan

Minggu, 10 April 2022

Hal yang ingin dilakukan saat ramadhan

 Hal yang ingin dilakukan saat ramadhan


Malam sahabat semua, semakin malam semakin lincah jari jemari mengetik. Apa kerena anak-anak dah pada tidur semua atau memang keinginan nulisnya lagi kambuh. Ops.. Menulis butuh mood juga ternyata. Hehe. 


Sahabat, apa sih yang ingin dilakukan saat ramadhan. Sambil mengingat-ingat. Apa yaaa? 

Memori lama muncul, ingat saat sekolah kalo ramadhan disuruh mengisi buku agenda ramadhan yang isinya rangkuman ceramah agama ustad sebelum shalat taraweh. Ini biasanya dikumpul setiap hari, kadang seminggu sekali. Pastinya selesai ramadhan sudah dikumpul dan akan dinilai oleh guru mapel agama. Ingat kegiatan ini rasanya seru juga ya, saat duduk diam, konsentrasi dan fokus dengar ceramah ustad. Menulis dan selesai sholat minta tanda tangan ustad antri. MasyaAllah tabarakallah rindu kegiatan seperti ini. Mengisi agenda ramadhan menjadi salah satu motivasi berangkat sholat taraweh saat itu. 

Cuma pertanyaan saya anak anak sekarang, apa masih ada ga ya ngisi buku agenda ramadhan!? Anak saya sendiri kemaren cuma bawa kertas selembar dan diminta isi kegiatan puasa dan sholatnya di kertas tersebut, kemudian untuk penceramah dan imam ditulia dibuku tulis tidak dibekali buku agenda ramadhan dari sekolahnya. Mungkin sekarang sudah ga zaman nya ya ngisi buku agenda ramadhan. Tetapi jujur bagi saya pribadi. Ada tantangan dan keseruan tersendiri saat mengisi buku agenda ini. Apalagi dulu saat SMP dan SMA kami juga melakukan safari ramdhan jadi penceramah dan mesjid tempat sholat kami pun berbeda beda setiap malam nya. 

Selain mengisi agenda ramadhan, kegiatan yang pengem banget dilakukan adalah mengajak anak-anak wisata religi menjelang waktu berbuka. Cuma untuk daerah saya ga ada tempat untuk wisata religi. Jadi ya udah dipendam aja keinginannya. Hehe.. 

Kalo sahabat ingin melakukan kegiatan apa saat ramadhan tiba. Pasti setiap orang punya cerita dan keseruan yang berbeda ya.Semoga apapun keinginan nya adalah kegiatan yang bermanfaat dan mengadung nilai kebaikan. Aamiin. (WS) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...