https://diarywinrie.com diary winrie: Rumus Bahagia

Minggu, 27 Maret 2022

Rumus Bahagia

Rumus Bahagia

Bismillahirrahmanirrahim.. Semangat pagi sahabat semua.Di pagi yang indah ini saya mendoakan sahabat semua semoga dalam keadaan sehat walafiat, semakin lapang hatinya, semakin lapang waktunya dan semakin lapang rezekinya. 

Apapun yang terjadi saat ini ucapkan lah alhamdulillah ala kulli hal. 

Selalu berbaik sangka kepada Allah karena takdir kita takdir terindah yang Allah pilihkan. Apapun kondisi kita saat ini adalah atas kehendakNYA. 

Sahabatku, rumus kebahagiaan ada 2 yaitu percaya diri dan ilmu bahagia. 

1. Percaya Diri

Berawal dari cerita seekor tikus yang ingin menjadi kucing dan atas izin Allah dijadikan lah ia kucing pada saat menjadi kucing ia takut kepada anjing, pada saat menjadi anjing ia takut kepada harimau, pada saat menjadi harimau ia takut pada manusia dan ketika jadi manusia ia takut pada tikus. Jadi sebenarnya rasa takut itu muncul karena adannya rasa kurang percaya diri. 

Ketika dalam hati kita ada keraguan, kurang percaya diri disinilah muncul ketidaknyaman. Misalnya mau berbicara tidak percaya diri akhirnya tidak jadi bicara. Maka rasa takut itu harus dihilangkan, karena kata-kata positif itu bisa keluar dari ketenangan hati.  Sedangkan kat kata negatif itu keluar dari rasa takut dan kegelisahan hati. Hati yang tenang lah yang bisa memberikan energi positif untuk dirinya, kekuarganta dan lingkungan nya. Maka bersyukurlah jika hari ini Allah hujamkan ketenangan hati kepada diri kita. Karena sebenarnya kekayaan sesungguhnya itu berasa pada ketenangan hati. Bagi yang pernah merasa hati kurang nyaman dan kurang tenang itu bisa jadi munculnya dari kurang percaya diri. 

Ukuran  keberhasilan seseorang bukan dilihat bagaimana ia berbicara dengan orang lain tetapi ukuran keberhasilan seseorang dilihat dari bagaimana ia berbicara dengan diri sendiri. Dan semua berawal dari rasa percaya diri. Bagaimana kita membangun kepercayaan dari dalam diri. Ada 5 tekhnik untuk membangun rasa percaya diri : 

🔖Mengakui kesalahan atau gentleman

Jika salah akui memang saya yang salah, mohon maaf dan kedepan saya akan berubah dan memperbaiki kesalahan. Mengakui kesalahan adalah sikap yang produktif. 

🔖 Belajar hal- hal yang baru

Ketika kita belajar hal hal baru ilmu kita bertambah dan akan muncul semangat baru yang tiada habisnya. Mempraktekkan hal-hal baru rasanya menantang hormon hormon kita untuk terus produktif dan berbagi ke orang lain. 

🔖Membanding bandingkan diri dengan orang lain

Matahari dan rembulan itu tidak bersinar sekaligus, masing mereka punya waktu bersinar masing-masing. Demikian hidup kita jangan bandingkan diri dengan orang lain karena setiap kita sudah punya waktu dan tempatnya. Setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orang nya. 

🔖Mencintai diri sendiri

Sebelum mencintai orang lain cintai diri sendiri, sebelum kita memperhatikan orang lain perhatikan diri sendiri dan sebelum mengkritik orang lain maka kritiklah diri sendiri. Awali pagi dengan self talk positive di pagi hari : ya allah saya berlimpah, berkah, bisnis saya laris, saya bahagia dan keluarga saya harmonis. 

🔖Bangkit dari kegagalan

Jatuh sekali bangkit berkali kali. 

Firman Allah :

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.

(Ali 'imran ayat 139).


2. Ilmu Bahagia 

Apapun profesi kita saat ini maka putuskanlah untuk bahagia. Karena kebahagiaan itu bukan dari orang lain tetapi kebahagian itu kita sendiri yang memilih dan menciptakannya. Hanya saja kita sering menanggap bahagia itu indikatornya ketika keinginan-keinginan kita tercapai, dan resolusi dan event kita terpenuhi. 

Padahal bahagia tidak harus menunggu itu semua. 

Kebahagiaan bukan sesuatu yang harus kita tunggu,karena kebahagian itu kita dapatkan bukan dari faktor luar,tapi dari faktor dalam diri kita sendiri.Kebahagiaan adalah ketika kita mensyukuri keadaan kita hari ini lalu mengucapkan alhamdulillah ya Allah inilah yg terbaik atas kehendak Mu ya Allah saya terima saya sangat bahagia saya sangat bersyukur semuanya adalah kehendakmu,karena engkau mengetahui apa yg terbaik untuk hamba sementara hamba hanya meminta menurut versi saya. 

**JANGAN TUNGGU BAHAGIA BARU TERSENYUM TAPI TERSENYUMLAH TUK BAHAGIA.**

Bahagia ketika kita ridho dengan ketetapan Allah dan ridho dengan keberhasilan orang lain.

Ketika kita diberi ketidak mudahan oleh Allah sesungguhnya ini adalah rasa kasih sayang Allah dan cara Allah menggugurkan dosa-dosa kita. Terus jaga husnudzon kepada NYA. Setiap kejadian yang Allah hadirkan pasti ada pesan cinta NYA. 

Pun ketika allah berikan ketidak nyamanan dalam hidup kita,ketidak indahan dalam hidup itupun salah satu bentuk kasih sayangNYA agar kita lebih bersabar lagi. 

Ada 2 cara menyikapi kasih sayangnya Allah : 

1.BERSYUKUR.

Ketika Allah uji dengan kenikmatan, kecukupan atau bahkan keberlimpahan, maka cukuplah bersyukur ucapkan alhamdulillah. 

2.BERSABAR

Ketika Allah uji dengan musibah, hal hal yang tidak kita ingin maka cukuplah sabar sebagai penolong sesungguhnya kemenangan itu bersama orang orang yang sabar. Ucapkanlah 

Alhamdulillah ala kulli hal

"Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan"


SYUKUR DAN SABAR adalah kunci bagi kebahagiaan kita.Jika kita menyakini apa apa yang Allah berikan adalah takdir terbaik dari NYA. Maka takkan akan pernah ada rasa takut, sedih dan kecewa melainkan rasa bahagia menjalani setiap episode kehidupan yang Allah takdirkan.

Semoga bermanfaat. (WS) 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...