https://diarywinrie.com diary winrie: Nasehat Hidup Yang Menentramkan

Selasa, 22 Maret 2022

Nasehat Hidup Yang Menentramkan

 5 Nasehat Hidup Yang Menentramkan. 

Sejatinya setiap orang ingin hidup yang tentram lagi bahagia. Rela melakukan apapun demi ketentraman dan kebahagiaan. Berusaha menggapai ketentraman dengan menghalalkan segala cara tetapi lupa bahwa bahagia itu justru hadir dari dalam diri kita sendiri bukan orang lain. 

Memaknai hidup di dunia yang hanya sekali dan sebentar. Terlalu berharga jika kita habiskan seadanya. Sibuk memikirkan apa-apa yang membuat bahagia, sibuk mengerjakan apa-apa yang rasanya bisa menentramkan jiwa sampai melupakan tujuan akhir kita.

Padahal kita tahu bahwa tugas kita hanyalah membenahi dan memperbaiki diri dengan ibadah-ibadah terbaik sampai kita kembali kepada Allah dengan kondisi terbaik. 

Kejar akhiratmu maka dunia akan menghampirimu. Tak perlu bersusah payah dengan dunia karena semua hanya sementara. 

Malam kemaren, saya dapatkan kajian ini dari ustad sonny abi kim, beliau menyampaikan ada 5 nasihat hidup yang menentramkan : 

1.Don't Worry = Jangan Khawatir

Kita terlalu sering khawatir dengan apa-apa yang belum terjadi, apa yang orang lain pikirkan, dan rezeki. Bahkan perlakuan dan perkataan orang lain menjadi sumber kekhawatiran. Padahal semua sudah Allah atur sedemikian rupa. Tetapi tak jarang energi kita habiskan hanya untuk sebuah kekhawatiran. 

Ada  beberapa langkah agar tidak khawatir:

🔖 Akui rasa takut, jangan dilawan agar kita punya kekuatan untuk mengendalikan.

Akui saja sampaikan kepada sang khalik tentang perasaan khawatir tersebut. Sehingga kita sadar penuh hadir utuh kalau kita lagi khawatir. Dengan demikian kita tahu bagaimana mengendalikam kekhawatiran tersebut dan tahu bagaimana mesti menyikapi rasa itu. Jangan melawan rasa khawatir yang ada karena semakin kita lawan ia akan semakin memenuhi pikiran kita. 

🔖 Utarakan pada orang yang kita percaya agar beban sedikit berkurang. Kalo saya sendiri agak kurang memakai point ini karena sebaik baik tempat mengadu dan curhat hanyalah Allah SWT. 

🔖 Berlatihlah terus berpikir positif/pilih pikiran-pikiran positif.

Jangan pernah membayangkan yang negatif karena akan sangat berpengaruh dengan perasaan kita dan kenyataan yang akan terjadi. Jadi teruslah positif tihinking dan positif feeling karena apa yang kita pikirkan dan rasakan itulah yang akan terjadi pada kenyataan. 

🔖 Tempatkan diri kita dalam komunitas-komunitas yang positif.

Tidak salah lagi sahabat sefrekuensi, sevisi dan semisi itu penting. Jangan pernah tinggalkan komunitas yang mengajak kepada kebaikan. 

🔖 Jangan banyak berprasangka buruk

Berpransangka buruk pada NYA dan pada sesama sangat rentan dengan tingkat stress yang tinggi, menjadi tidak tenang dan was was sepanjang hidup. Yuk belajar instill positive feeling and positive thinking.. 

🔖 Jadilah orang yang aktif dengan kegiatan bermanfaat.

Banyak berbuat untuk orang lain, membantu orang lain adalah sumber kebahagiaan dan ketentraman yang nyata. Kalo tidak percaya coba rutin sedekah subuh setiap pagi. Rasakan energi energi positif yang hadir menjadi powerbank ketika menjalani hari. 

🔖 Jangan terlalu banyak drama.

Kalo saya lebih suka bilang no baper. Tak usah mengharap pujian manusia cukuplah Allah yang akan membalas atas apa-apa yang kita perbuat. 

🔖 Jangan membayangkan skenario buruk di masa datang. 

Jaga Husdnuzon kepada Allah karena Allah maha penyayang pasti memberikan yang terbaik untuk yang disayangNYA. 

🔖 Kembalikan semua pada Allah,titip dan percaya kalau Allah punya rencana paling baik untuk kita.

Yakin tidak ada doa yang tidak Allah kabulkan, pun tidak terkabul itu adalah yang terbaik untuk hambaNYA. 


2.Don't Hate = Jangan Membenci

Hati yang penuh kebencian akan terasa sempit, Hati yang penuh kasih sayang akan terasa lapang. Karena Membenci dan Menyayangi adalah pilihan, dan memaafkan adalah jalan menuju ketentraman hidup.

Mengapa kita harus berhenti membenci atau belajar memaafkan karena :

🔖Sadar hidup sangat melelahkan

Semakin hari hidup bukan semakin mudah tetapi semakin sulit, maka yang perlu kita lakukan adalah menguatkan diri kita untuk melawati segala kesulitan hidup, untuk melalui itu semua pastinya lelah. Lalu kenapa harus kita tambah rasa lelah itu dengan kebencian?

🔖Membuang-buang energi 

Membenci itu  menghabiskan banyak energi dibandingkan dengan menyayangi. Bagaimana tidak dari bangun tidur sampai tidur dan bangun lagi yang terpikirkan adalah orang yang dibenci. Berapa banyak kerugian yang kita alami saat membenci. Waktu tersita untuk sesuatu yang sia-sia. Padahal masih banyak hal positif yang bisa kita kerjakan untuk energi yang terbuang sia sia tadi. 

🔖Hidup sangat singkat 

Kita tidak pernah tahu pasti kapan Allah memanggil kita, bayangkan saat Allah panggil kondisi kita lagi membenci seseorang dan belum sempat meminta maaf. Astagfirullah.

🔖Fokuskan diri pada apa yang kita cintai

Menyibukkan diri dengan apa yang kita cintai lebih membangkitkan kita untuk menebar energi positif dan menarik energi positif pula. 

 🔖Dunia sangat luas sayang kalau tidak di manfaatkan 

🔖Sangat rugi membenci orang, jadi murung, susah hati, tidak nyaman. 

Membenci hanya akan meningkatkan stress, gagal fokus dan mudah depresi. Orang yang seperti tidak akan bisa produktif atas apa yang dikerjakan. 

🔖Bangun hubungan positif dan lakukan hal-hal positif 

Perbanyak belajar dan berkumpul di majelis ilmu. Perbanyak sahabat yang mengingatkan akhirat bukan sebaliknya 

🔖Perjalanan hidup masih panjang yang harus kita lewati fase demi fase dengan lebih baik.

Yakin saja setiap fase yang Allah berikan adalah yang terbaik. Allah titipkan kejadian yang tidak kita senangi. Tidak lain dan tidak bukan adalah pengingat diri untuk kembali pada NYA. 

Sebagai penutup, insyaAllah kita akan lanjutkan 3 prinsip lagi di lain kesempatan alias bersambung.semoga bermanfaat. (WS) 


1 komentar:

  1. Masha Allah ya mbak, Allah getarkan hati mbak untuk lebih mendekat dengannya. Paling enak memang pasrah, namun terkadang kita kilaf Krn buaian urusan duniawi semata

    BalasHapus

3 K dalam Hidup

Bismillahirrahmanirrahim.. Segala puji hanya milik Allah. Dia yang maha atas segala. Memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan k...